Ikan Lumba lumba dan Jenis-jenisnya yang Begitu Unik

Ikan Lumba lumba merupakan mamalia cerdas yang hidup di laut. Lumba lumba memiliki sistem alami yang sangat komplek yang melengkapi tubuhnya. Sehingga banyak temuan sistem teknologi yang mengadopsi dari sistem Lumba lumba ini karena terinspirasi. Salah satu diantara contohnya adalah baju renang yang terinspirasi oleh kulit lumba lumba yang dapat memperkecil gesekan air sehingga mampu mengurangi hambatan air saat berenang.

Selain itu, lumba-lumba juga mempunyai sistem yang dapat digunakan untuk berkomunikasi serta menerima rangsangan yang disebut dengan sonar. Dengan sistem ini lumba-lumba bisa menghindari benturan dari benda-benda yang terdapat didepannya. Sistem ini kemudian menginspirasi dan digunakan dalam pembuatan radar kapal selam.

Jenis Ikan Lumba lumba

gambar jenis ikan lumba lumba
binatang.mewarnaigambar.web.id

Lumba-lumba merupakan hewan mamalia karena termasuk dalam golongan hewan yang menyusui. Ikan lumba-lumba hidup di laut dan sungai seluruh dunia. Lumba-lumba merupakan kerabat ikan pesut dan paus. Ada sekitar 40 lebih jenis lumba-lumba yang tersebar di seluruh dunia. Dibawah adalah beberapa jenis diantaranya:

Ikan Lumba-lumba Hidung Botol

ikan lumba lumba
pixabay.com

Lumba-lumba hidung botol merupakan spesies lumba-lumba yang paling banyak dikenal oleh orang pada umumnya. Habitat dari lumba-lumba ini adalah diperairan hangat yang ada di seluruh di dunia. Perairan hangat ini tersebar hampir di seluruh dunia kecuali Samudera Arktrik dan Selatan.

Lumba-lumba hidung botol memiliki warna abu-abu yang bervariasi, mulai dari abu-abu gelap yang berada dibagian atas dekat sirip sampai warna abu-abu muda agak putih dibagian muka. Warna ini membuat lumba-lumba sulit untuk dilihat dari atas maupun bawah. Panjang dari lumba-lumba hidung botol dewasa adalah 2 – 4 meter dan memiliki berat antara 150 kg – 650 kg.

Stripped Dolphin

ikan lumba lumba stripped
flickr.com

Lumba-lumba ini memiliki garis putih ditubuhnya dan hidup diperairan yang beriklim tropis dan sedang di seluruh lautan dunia. Stripped Dolphin masih merupakan keluarga dari Delphinidae dari paus bergigi.

Spotted Dolphin

ikan lumba lumba spotted
itravel-cabo.com

Spotted Dolphin atau ikan lumba lumba tutul ini dapat dijumpai di hampir seluruh lautan dunia. Baik lautan beriklim tropis atau subtropis, dan untuk lumba lumba jenis tutul atlantik hanya bisa dijumpai di Samudera Atlantik.

Panjang lumba-lumba tutul disaat lahir adalah antara 00 – 90 cm dan ukuran lumba-lumba dewasa berkisar 2,5 meter dan berat 120 kg. Perkawinan dari lumba-lumba ini dimulai pada usia 10 tahun, usia dari lumba ini cukup panjang yaitu bisa mencapai usia 40 tahun.

Risso Dolphin

gambar ikan lumba lumba risso
otlibrary.com

Nama lain dari lumba-lumba jenis ini adalah Grampus yang merupakanmasih spesies genus. Meski nama Grampus sering digunakan orca tersebut pada umumnya, namun etimologi dari “Grampus” sendiri tidak jelas.

Lumba-lumba ini memiliki ukuran panjang antara 3 meter sampai 4,3 meter dan berat antara 300 kg – 500 kg. Habitat dari lumba-lumba ini bisa ditemukan di perairan yang beriklim tropis dan sedang seperti Samudera Hindia, Samudera Pasifik, Samudera Atlantik, teluk Persia, Mediterania dan laut merah.

Northern Right Whale Dolphin

gambar ikan lumba lumba
MarineBio.org

Lumba lumba ini juga disebut sebagai paus lumba lumba yang merupakan spesies ramping dan kecil dari hewan mamalia laut di Samudera Pasifik Utara. Jenis dari lumba-lumba ini bisa mencapai 2000 ekor dalam setiap kelompoknya.

Southern Right Whale Dolphin

gambar ikan lumba lumba
nmfs.noaa.gov

Lumba-lumba jenis ini merupakan spesies ramping dan kecil dari hewan laut yang bisa dijumpai di perairan dingin belahan bumi bagian selatan. Lumba-lumba ini mempunyai tubuh yang pendek, ramping, gigi tidak ada yang terlihat dan mempunyai lubang sembur tunggal. Lumba-lumba ini memiliki tubuh yang berwarna hitam dan putih dibagian bawah.

Lumba-lumba jenis ini tidak mempunyai sirip dibagian punggung seperti halnya lumba-lumba yang lain. Lumba-lumba jenis ini merupakan merupakan lumba-lumba yang aktif dalam berenang. Makanan mereka adalah cumi-cumi, ikan dan gurita.

Tinggalkan komentar