Ini Dia 6 Ikan Paling Cantik dan Lucu dari Seluruh Belahan Dunia yang Memukau Banyak Orang

Kamu tahu kenapa banyak orang rela mengorbankan banyak hal untuk akuarium?

Menukarnya dengan uang yang tidak sedikit atau menyisihkan waktu untuk merawatnya misalnya? Tentu semua itu dilakukan karena si pemiliknya ingin menikmati keindahan si penghuni akuarium, bukan? Ya, ikan maksudnya.

Pada zaman sekarang, tanpa kolam pun orang telah bisa ditemani hewan air ini. Baik di rumah, tempat kerja ataupun di tempat lainnya.  Tak ayal, populasi beberapa ikan favorit ini menjadi menurun drastis di alam liar. Beruntung, kini sudah ada usaha penangkaran untuk mengatasinya.

Lalu, ikan apa saja yang mendapat julukan sebagai yang paling indah, cantik dan lucu itu? Yuk langsung saja kita lihat di bawah ini.

 

Clownfish atau Ikan Badut

img2.wikia.nocookie.net
img2.wikia.nocookie.net

43% hiasan atau pernak-pernik laut adalah clownfish atau ikan badut ini. Data ini menjadi salah satu bukti kecil kalau ikan badut begitu popular dan keindahannya telah diakui dari berbagai kalangan. Kurang lebih 25% ikan ini tumbuh dan berkembang dari penangkaran. Selain terkenal, ikan cantik ini juga memiliki keunikan tersendiri.

Mereka rupanya dapat beralih jenis kelamin. Tadinya jantan menjadi betina, begitu juga sebaliknya. Mereka hidup berkoloni dan sangat menyayangi anak-anaknya. Kaum jantan bertugas menjaga telur-telur yang diletakan dalam anemon laut, makhluk yang telah terkenal jadi pelindung ikan.

Para ahli yakin bila kesuksesan penangkaran ikan badut ini akan sangat bermanfaat bagi ketahanan hidupnya di alam liar.

Blueface Angelfish

enkivillage.com
enkivillage.com

Selain Blueface Angelfish, ada juga yang memanggilnya sebagai angelfish yellowface. Karakternya memang begitu unik, sebab area wajahnya terlihat begitu terang dibanding dengan badannya.

Adapun habitatnya di alam liar, ikan unik ini dapat ditemui di seluruh Samudera Hindia, Australia, Indonesia, Mikronesia dan wilayah utara Jepang. Mereka biasanya gemar tinggal di daerah gua dan laguna.

Parrotfish atau Ikan Kakaktua

upload.wikimedia.org
wikimedia.org

Nama ikan ini terinspirasi dari paruh atau mulutnya yang berbentuk kait. Sebenarnya ada sekitar 90 jenis ikan dengan panggilan parrotfish ini. Dapat dibilang,‘ikan kakaktua ini jadi pahlawan bagi terumbu karang. Hal tersebut terkait dengan kebiasaan makan mereka yang berbeda daripada yang lain.

Ikan berwarna cantik ini gemar memakan rumput laun dan hama lain, yang tentu saja mengancam terumbu karang. Namun tentu saja terumbu itu akan baik-baik saja selama ada pelindungnya si  parrotfish ini.

Ikan Moorish Idol

3.bp.blogspot.com
3.bp.blogspot.com

Nama ikan ini didapat dari orang-orang Moorish, kelompok asal Afrika yang percaya bahwa ikan ini bisa jadi jimat atau pembawa keberuntungan. Moorish Idol jadi satu-satunya ikan zaman pra sejarah, tepatnya dari family Zanclide, yang masih bertahan hidup.

Ikan yang begitu khas dan indah. Namun disamping keindahan dan popularitasnya, sayangnya Moorish Idol ini mempunyai harapan hidup yang pendek.

Mandarinfish atau Ikan Mandarin

ikanhiasonline.files.wordpress.com
ikanhiasonline.files.wordpress.com

Ikan ini sering disebut juga sebagai Ikan Mandarin Dragonet. Hewan yang sangat lucu ini berasal dari Pasifik Tenggara yang ada di wilayah utara Australia. Orang akan dengan mudah mengakui keindahan bulu-bulu dan warnanya yang cerah.

Sayang, ikan jenis ini cukup sulit hidup di akuarium, sebab mereka memang memakan makhluk hidup. Namun demikian, Si Mandarin ini begitu kuat dan tahan terhadap beberapa penyakit yang kerap menerpa ikan pada umumnya.

French Angelfish

flowergarden.noaa.gov
flowergarden.noaa.gov

Begitu mendengar atau membawa namanya, sebagian besar dari kita akan menyangka kalau ikan ini berasal dari negara Prancis. Namun faktanya, French Angelfish ini berasal dari perairan Atlantik, atau hidup di perairan utara kota New York.

Selain di alam liar, jenis ikan cantik yang satu ini juga dapat dikembangkan di penangkaran. Ikan ini sedikit berbeda dibanding ikan aquarium lainnya, sebab pola makannya cenderung mudah dan bisa dijumpai di pasar-pasar.

Ukuran panjang mereka juga cukup menakjubkan, bisa sampai 41 cm. Angka ini otomatis menjadikan French Angelfish jadi salah-satu ikan akuarium terpanjang di dunia.

Tinggalkan komentar