Ikan Terbang, Ikan dengan Kemampuan yang Menakjubkan

Torani atau exocoetidae biasa disebut ikan terbang. Ikan ini memiliki nama latin yaitu Hirundichthys oxycephalus. Disebut sebagai ikan terbang karena kemampuannya untuk bisa terbang ke luar air. Namun sebenarnya ikan ini tidaklah benar-benar tebang, melainkan ia melakukan gerakan meluncur yang sangat cepat dengan menggunakan sayapnya, sehingga ia dapat terdorong keluar air untuk bertahan dari serangan predator.

Di dunia ini terdapat sekitar 52 spesies ikan terbang yang beberapa di antaranya  memiliki dua pasang sirip (satu pasang di perut dan satu pasang di dada). Sirip-sirip ini jika dikembangkan maka akan terlihat seperti memiliki empat sayap. Monoplanes jenis merupakan ikan terbang dengan hanya memiliki sepasang sayap, sedangkan biplanes merupakan jenis ikan terbang yang memiliki dua pasang sayap.

ikan terbang, ikan yang memiliki kemampuan yang menakjubkan
www.toonts.com

Klasifikasi dari ikan terbang atau ikan torani ini adalah:

Kingdom              : Animalia

Phylum                 : Chordata

Class                      : Actinopterygii

Ordo                      : Beloniformes

Family                   : Exocoetidae

Genus                   : Cypselurus

Species                 : Hirundichthys oxycephalus

ikan terbang, ikan yang memiliki kemampuan yang menakjubkan
animals.nationalgeographic.com

Habitat dari ikan terbang adalah di seluruh zona khatulistiwa dan berkembang banyak di perairan hangat seluruh dunia seperti Samudera Hindia, Samudera Pasifik, dan Samudera Atlantik. Ikan ini juga bisa ditemukan di wilayah perairan Indonesia, seperti perairan Sulawesi, Flores, hingga Papua.

Ikan terbang merupakan jenis ikan yang hidup berkelompok dan  seringkali ditemukan di zona air yang dangkal yang tidak hanya memungkinkan membuat pertahanan yang baik dari predator tapi juga memaksilmalkan peluang untuk mendapatkan makanan mereka.

Makanan ikan terbang antara lain plankton, crustacea, ganggang dan ikan-ikan yang ukurannya lebih kecil, sedangkan predator yang sering memburu mereka seperti tuna, ikan todak, lumba-lumba, cumi-cumi, marlin, ikan-ikan karnivora yang ukurannya lebih besar dari mereka, serta burung laut.

Ikan terbang tidak dapat bertelur setiap saat, meskipun musim berkembang biaknya sepanjang tahun. Produksi telur ikan terbang paling puncak adalah antara bulan Juni sampai bulan Agustus setiap tahunnya. Pada telur ikan terbang terdapat benang-benang ikatan atau serat antara telur yang berfungsi untuk melekat pada substrat yang dijadikan sarangnya.

Ikan terbang juga banyak di konsumsi oleh manusia karena rasanya di anggap lezat. Banyak Negara yang yang menjadikannya salah satu ikan komersil seperti Jepang, China, Korea, Vietnam, Indonesia, India, Karibia dan seluruh Oceania.

Demikian penjelasan singkat mengenai ikan terbang atau toroni ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan komentar