Mengenal Lebih Jauh Ikan Oscar, Ikan Air Tawar yang Paling Mahal

Kalau kamu pecinta ikan hias tentu sudah biasa mendengar ikan hias dengan harga yang sangat mahal. Bahkan ada ikan hias yang harganya melebihi harga rumah mewah. Sangat mahal.

Beberapa ikan dengan harga fantastis tersebut ada yang dari jenis ikan laut, ada juga jenis ikan air tawar. Ikan-ikan itu mempunyai harga mahal karena warnanya yang sangat cantik, berbeda dengan ikan jenis lain. Jawara yang menempati posisi paling mahal dari jenis ikan air tawar adalah ikan oscar.

Ikan oscar yang mempunyai nama latin Astronotus Ocellatus ini, merupakan ikan air tawar dari keluarga cichlid. Oleh karena itu, ikan oscar dikenal juga dengan nama beludru cichlid, cichlid marmer serta harimau oscar.

ikan termahal
www.petfishbreeds.com

Ikan ini berasal dari Amerika Selatan, tepatnya di sunga Amazon. Di daerah asalnya, ikan oscar populer sebagai ikan akuarium.
Namun, yang biasa kita temui bukan merupakan ikan oscar asli.

Mereka sudah menyilangkan/crossbreeds dengan berbagai jenis ikan oscar untuk mendapatkan ikan hias yang berbeda dari aslinya. Dengan kata lain ikan oscar yang saat ini tersebar di pasaran merupakan hasil persilangan.

Saat ini oscar sudah menjadi salah satu jenis ikan akuarium yang paling populer di kalangan pecinta ikan hias. Bahkan, saking banyaknya penggemar membuat harga ikan hias ini jauh melebihi ikan hias jenis lain.

Harga pasaran ikan oscar bervariasi, tergantung jenis dan ukurannya. Dari semua jenis ikan oscar tersebut, jenis albinolah yang paling mahal diantara yang lain. Untuk sepasang indukannya ikan ini bisa mencapai Rp. 50 juta.

Itulah sekilas informasi tentang ikan oscar. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar