Ilustrasi Menyedihkan yang Menggambarkan Kondisi Kehidupan di Era Modern

Kehidupan di dunia terasa sangat berbeda dengan 10 tahun yang lalu. Apa yang berbeda? Tentu saja dalam berbagai aspek. Baik itu aspek sosial, moral dan lain lain. Perkembangan teknologi telah menuntut manusia untuk merubah pola kehidupannya.

Seorang ilustrator bernama Steve Cutts membuat gambar ilustrasi tentang betapa menyedihkannya kenyataan yang ada di sekeliling kita sekarang. Ilustrasi berisi pesan sindiran untuk semua orang.

Steve Cutts adalah seorang animator sekaligus  ilustrator dari London. Dihadapkan pada dua pilihan yaitu bekerja di McDonalds atau belajar tentang Fine Arts. Dia memilih Fine Arts dan dia menjadi ilustrator di Glueisobar.

Steve membuat video dan gambar yang mengkritik dunia modern. Bagaimana kehidupan manusia dikuasai modernisasi. Steve mengatakan bahwa kegilaan manusia adalah kolam inspirasi tanpa batas baginya.

Berikut ilustrasi yang menyedihkan, menggambarkan betapa busuknya manusia di jaman modern ini. Apakah gambar ilustrasi berikut cukup mengena jika dikaitkan dengan masyarakat di Indonesia khususnya? Simak saja penjelasan berikut.

Uang Sumber Kebahagiaan

boredpanda.com

Banyak sekali orang yang mempunyai pikiran bahwa jika punya kita bisa bahagia. Namun manusia itu sendiri itu tidak tahu bahwa uang itu adalah pedang bermata dua yang bisa melukai sang pemiliknya.

Banyak orang terjatuh karena mengejar uang. Jalan yang mereka tempuh untuk mengejar uang juga bisa dibilang ekstrim seperti korupsi, mencuri dan lain lain. Apakah berbuah kebahagiaan? Tentu hanya berbuntut kesengsaraan dan penyesalan saja.

Rusaknya Alam

boredpanda.com

Banyak pengusaha besar yang mengeksploitasi alam secara berlebihan tanpa memperhatikan akibat ke depannya. Kerusakan alam terjadi dimana-mana. Yang mereka pikirkan hanya menghasilkan uang.

Apakah mereka sadar kerusakan yang mereka sebabkan pada alam? Entahlah. Budayakan untuk melestarikan mulai dari diri kita sendiri dari hal hal yang kecil. Tidak membuang sampah sembarangan merupakan wujud paling sederhana dari usaha melestarikan alam.

Bloody Monday

boredpanda.com

Kehidupan jaman sekarang serba tuntutan pekerjaan. Steve mengilustrasikan bahwa hari senin adalah hari dimana para pekerja mulai dipaksa untuk bekerja sampai mereka lelah.

Hari senin memang terdengar sangat menyeramkan untuk para pegawai kantor. Mereka harus kembali ke rutinitas kerja yang melelahkan setelah mendapat libur yang hanya sehari.

Kebohongan Media

boredpanda.com

Internet merajalela disertiap belahan dunia. Berbagai berita dan berita dimuat dan disebarkan melalui jaringan sedunia ini. Dalam sehari saja berita bisa tersebar ke seluruh dunia.

Beberapa media lokal seringkali mengangkat berita berita tidak jelas dan kurang bermutu yang belum jelas kebenarannya. Akibatnya para penonton dan pembaca hanya diberi sebuah tayangan dan berita yang tidak bermutu.

Steve bahkan membuat ilustrasi tentang tayangan yang ditonton keluarga hanya seperti sekumpulan kotoran ternak, tidak bermutu. Bagaimana dengan acara di televisi Indonesia? Ya silahkan kamu simpulkan sendiri.

Kesuksesan yang Percuma

boredpanda.com

Kesuksesan yang dicapai orang jaman sekarang bisa dikatakan sangat percuma. Mereka berhasil dalam karir tapi tidak memberi manfaat kepada sesamanya. Mungkin dibalik keberhasilannya banyak orang yang dibuatnya menderita.

Seperti sebuah ungkapan di Indonesia ‘yang kaya makin kaya, yang miskin makin miskin’.¬† Pernyataan tersebut sangat sesuai untuk gambar di atas.

Limbah Perusahaan Berserakan

boredpanda.com

Salah satu problem dunia saat ini juga termasuk limbah perusahaan yang belum bisa diatasi secara optimal. Para pengusaha sukses itu meninggalkan kotoran perusahaannya sehingga menyebabkan kerusakan pada bumi.

Zombie Gadget

boredpanda.com

Zombie adalah sosok mahkluk yang dianggap dulunya adalah manusia, namun zombie seperti sudah kehilangan akal sehatnya. Seperti manusia jaman sekarang yang kehilangan otaknya karena gadget.

Mereka berjalan seperti tanpa arah hanya memandangi gadget. Tak peduli apa yang ada disekitarnya. Steve menggambarkan orang seperti ini sudah menjadi zombie.

Smartphone

boredpanda.com

Jaman sekarang semua dikuasai gadget. Kalau diumpamakan dalam bentuk rantai makanan, mungkin smartphone ini akan berada di rantai terkuat yang bisa memangsa manusia.

Tinggalkan komentar