Ingin Pintar? Coba Teknik Belajar yang Dahsyat Ini

Banyak dari kita beranggapan bahwa membaca adalah sama dengan belajar. Konsep ini sungguh tidak benar, dan mengakibatkan hasil kurang baik bagi kita. Ingatlah : “membaca bukanlah belajar”

Mungkin kamu sudah membaca ratusan bahkan ribuan kata-kata tanpa mengetahui apa yang telah dibaca. Banyak orang melakukan hal seperti itu. Tujuanmu sekarang adalah belajar, untuk mengerti apa-apa yang dipelajari dengan cara membaca.

Cara-cara yang kau gunakan untuk belajar dan bahan yang kau pelajari akan sangat menentukan tingkat kesuksesanmu. Beberapa hal berikut ini akan membantumu memperoleh hasil yang sangat baik dalam usahamu untuk mempelajari sesuatu.
Berikut Teknik Dahsyat Belajar yang harus kamu ketahui:

1. Pusatkan perhatianmu pada apa yang sedang dibaca, jangan biarkan pikiran melayang-layang kemana-mana tak karuan.

2. Kurangilah gangguan-gangguan sekitarmu seperti tv, radio atau juga gangguan suara yang lain, yang dapat mempengaruhi konsentrasimu.

3. Carilah seorang kawan yang cukup mampu untuk mengetest pengetahuanmu. Belajar bersama seorang teman sering dapat mengembangkan pengertian yang lebih efektif dibanding dengan belajar seorang diri.

4. Jangan mempelajari terlalu banyak bahan atau materi pada suatu waktu tertentu.

5. Jangan meneruskan belajar setelah pikiranmu menjadi terlalu lelah. Lamanya waktu belajar yang dibutuhkan untuk mempelajari sesuatu harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan diri.

6. Ulangilah materi yang kau pelajari. Semakin sering suatu pengertian atau ide berada dalam pikiran kita, maka akan semakin mudah otak kita mengingat-ingatnya.

7. Jangan berpendapat bahwa belajar itu hanya diperlukan untuk mengingat materi. Tetapi berusahalah untuk menanamkan pengetahuan tersebut dalam diri kita untuk selama-lamanya.

8. Buatlah catatan. Karena membuat catatan menyebabkan pikiran mendapat keterangan lewat tiga indera. Pertama keterangan diterima oleh telinga. Kedua akan terlihat oleh mata, bila sudah tertulis dan yang terakhir, apa yang ditulis itu oleh pikiran kita akan diolah sehingga akan menambah kemampuan untuk mempelajari materi.

Ada pribahasa yang bagus untuk menggambarkan pentingnya belajar ” Hanya keledai dungu yang jatuh pada lubang yang sama”. Mengapa keledai dungu dapat jatuh pada lubang yang sama? Jawabannya adalah karena dia tidak belajar terutama pada pengalaman yang telah menimpanya. Memang tidak layak menyamakan manusia yang merupakan khalifah dimuka bumi ini dengan keledai, ciptaan Allah SWT yang tak dianugerahi akal. Tapi apa yang terjadi pada keledai dungu ini dapat juga terjadi pada manusia. Seringkali kita menyaksikan masih banyak orang yang terjebak oleh masalah yang berulang-ulang dialaminya, bukankah itu artinya ia selalu jatuh pada lubang yang sama. Namun hal ini tidak perlu anda khawatirkan jika anda selalu belajar. Intinya, belajar itu penting!!

Tinggalkan komentar