Ini Dia 9 Cara Mengatasi Biang Keringat yang Bisa Kamu Coba

Biang keringat biasanya menyerang bayi yang sedang sakit panas atau pilek. Hal ini disebabkan suhu tubuh yang panas, sehingga bayi akan berkeringat dan tubuhnya menjadi lembab.

Biang keringat yang muncul pada bayi karena kelenjar keringatnya tersumbat, sehingga keringat tidak dapat keluar seperti biasa.

Nah, sebelum mengatasi biang keringat, lebih baik obati dulu sakit batuk atau pileknya atau tunggu sampai sakitnya sembuh. Tapi jangan diberi obat-obatan yang dibeli di warung. Harus diperiksakan dulu ke dokter anak, agar dapat tertangani dengan baik.

Jika sudah sembuh sakit batuk atau pileknya, barulah kita atasi biang keringatnya. Kalau tidak, biang keringat akan menyebabkan anak jadi gampang gerah. Bahkan anak cenderung akan suka menggaruk dan dapat menyebabkan luka. Nah, kita lihat saja beberapa cara mengatasi biang keringat ini.

 

Mandi Hangat

baking soda campur air
cosmogirl.co.id

Mandi hangat merupakan salah satu cara untuk menghilangkan biang keringat. Tapi bukan cuma mandi dengan air yang biasa ya. Kamu harus mencamput air hangat dengan baking soda, 2 sendok teh baking soda untuk satu galon air.

Pakaian Longgar

Longgarkan pakaian
waroenklaundry.com

Gunakan pakaian yang longgar atau lepaskan pakaian, ini akan membantu memperlancar sirkulasi udara di permukaan kulit anak. Jangan lupa, pindahkan juga anak ke ruang yang lebih luas atau tempat teduh.

Bubuk Henna

Bubuk henna
mewarnai.us

Buat pasta dengan menggunakan bubuk henna yang dicampur air dingin. Nah, pasta ini berguna untuk mendinginkan ruam panas karena biang keringat. Tapi, cara ini akan meninggalkan berkas warna merah karena efek dari henna.

Biarkan di Udara Kering

Udara segar
krishnaayurveda.com

Lebih baik kamu biarkan anak yang terkena biang keringat di udara kering atau udara bebas dari pada menggosoknya dengan handuk.

Kipas Angin

Kipas angin
volarefm.blogspot.com

Kalau malam hari terasa panas, gunakan kipas angin atau pendingin udara di kamar anak kamu. Tapi ingat, jangan kamu arahkan kipas angin ataupun pendingin udara langsung ke tubuh anak kamu. Arahkan saja ke sampingnya agar anak merasa nyaman dan tidak kedinginan.

Memotong Kuku

Potong kuku bayi
cosmeticsnailpolish.com

Potong kuku anak secara teratur itu penting, agar ketika anak suka menggaruk tidak menyebabkan luka. Atau bisa juga setelah memotong kuku anak atau bayi kamu, pakaikanlah sarung tangan. Agar ketika anak tersebut menggaruk tubuhnya tidak menimbulkan luka dan juga mencegah biang keringat menjadi semakin parah.

Buat Pasta

Campurkan bubuk ketumbar
seputarobatherbal.wordpress.com

Buat pasta dari bubuk ketumbar dan bubuk cendana, masing-masing dua sendok makan. Campur kedua bahan tadi dengan air mawar secukupnya sampai terbentuk pasta yang kental.

Nah, kalau pastanya sudah jadi, oleskan pada bagian yang muncul biang keringatnya. Biarkan sampai kering baru kemudian bilas dengan menggunakan air dingin.

Ramuan Tepung Jagung

tepung jagung
artaghanytrans.wordpress.com

Campurkan tepung jagung, bubuk sereal dan air secukupnya, aduk sampai terbentuk pasta yang encer. Oleskancampuran tersebut pada bagian tubuh yang terkena biang keringat. Biarkan sampai kering, kemudian bilas dengan menggunakan air dingin.

Minyak Telon

Minyak telon
fedianayu.blogspot.com

Pilihlah minyak telon yang mengandung minyak kelapa sekitar 60%. Tujuannya agar anak atau bayi kamu tidak merasa kepanasan. Oleskan minyak telon secara merata ke bagian yang muncul biang keringat.

Tinggalkan komentar