Ini Sejarah Perkembangan Internet dari Tahun ke Tahun

Internet merupakan salah satu produk teknologi masa kini. Kehadirannya telah membawa manusia pada puncak kecanggihan hidup yang mana setiap orang dapat saling bertemu tanpa bertatap muka, dapat mengerjakan tugas sekolah dengan mudah, dapat menjelajah dunia tanpa mengunjunginya satu per satu. Ibarat toko terbesar, perpustakaan terlengkap, media ter-update, itulah hal-hal yang kita temui setelah adanya internet.

Pernahkah kamu bertanya dari mana internet berasal? Siapa yang menciptakannya? Ini dia ulasan singkatnya.

Tahun 1958, Amerika Serikat membentuk lembaga ARPA

ARPA (Advanced Research Project Agency)
internethalloffame.org

ARPA (Advanced Research Project Agency) adalah  lembaga yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka keperluan militer yaitu menandingi Rusia yang telah meluncurkan wahana luar angkasa, Sputnik. Salah satu sasarannya adalah teknologi komputer.

Tahun 1960-an, Teori Packet Switching berhasil diterapkan dalam dunia nyata

Teori matematis untuk teknologi packet switching kemudian dikembangkan oleh Leonard Kleinrock
osp.ru

Paul Baran menerbitkan sebuah penelitian tentang sistem jaringan yang dirancang untuk dapat bertahan seandainya terjadi perang nuklir. Donal Davies juga mengembangkan teknologi jaringan yang hampir mirip namun lebih canggih dan ia beri nama packet-switching. Teori matematis untuk teknologi ini kemudian berhasil dikembangkan oleh Leonard Kleinrock  dari MIT.

Tahun 1969, ARPA mengembangkan jaringan ARPANET

ARPANET (Advanced Research Project Agency Network)
maniadb.com

Proyek lembaga ARPA milik Amerika Serikat mengembangkan jaringan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Awalnya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, dan University of Utah.

Tahun 1972, ARPANET diperkenalkan kepada khalayak umum

DARPA Internet gabungan dari MILNET dan ARPANET
disinfo.com

ARPANET diperkenalkan pada khalayak umum bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga  ARPANET kesulitan untuk mengaturnya. Oleh karena itu ARPANET dipecah menjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan ini dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

 

Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat

ARPANET Geographic Map September 1973
gadzetomania.pl

Jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat yaitu pada Komputer University College di London. Sebelumnya, pada tahun 1971, Ray Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan untuk ARPANET. Program e-mail langsung populer dan pada tahun 1971 itu juga  ikon “@” diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”.

Tahun 1974, Publikasi Transmission Control Protocol (TCP)

Dr. Vint Cerf, Father of Internet
zaidhamid.com

Vint Cerf dan Bob Kahn, dua ahli komputer mempublikasikan spesifikasi detail protokol Transmission Control Protocol (TCP) dalam artikel “A Protocol for Packet Network Interconnection” di Universitas Sussex. Inilah cikal bakal pemikiran internet yang meluas hingga menembus batas ruang dan waktu. Selanjutnya Vint Cerf disebut sebagai Bapak Internet.

Tahun 1982, Istilah “Internet” pertama kali digunakan, dan TCP/IP diadopsi sebagai protokol universal untuk jaringan tersebut

TCP/IP (Transmission Control Protocol dan Internet Protokol)
iwatchsystems.com

Komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, sehingga dibuat sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal seperti sekarang. Name server mulai dikembangkan, sehingga mengizinkan para pengguna agar dapat terhubung kepada sebuah host tanpa harus mengetahui jalur pasti menuju host tersebut. Pada tahun ini tercatat ada lebih dari 1000 buah host yang tergabung ke Internet.

Tahun 1986, Diperkenalkan sistem DNS atau Domain Name System

DNS (Domain Name System)
fiverr.com

Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS (Domain Name System).

 

Tahun 1990, Ditemukan Program World Wide Web

World Wide Web atau www
pagesimmoweb.com

Tahun 1990 adalah tahun bersejarah bagi perkembangan internet. Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya. Program ini adalah yang kini kita kenal dengan www atau World Wide Web.

Tinggalkan komentar