Inilah 10 Jenis Daun yang Berkhasiat Bagi Kesehatan

Daun merupakan bagian dari tumbuhan yang berfungsi seperti dapur. Di sanalah tumbuhan mengolah makanannya dengan bantuan zat hijau daun, air, dan sinar matahari. Beberapa daun memiliki fungsi sebagai obat herbal.

Obat herbal merupakan obat alternatif jika obat-obat medis kurang memberikan hasil yang baik. Beberapa orang percaya obat herbal lebih efektif daripada obat medis.

Bagaimanapun, kesehatan adalah sesuatu yang harus diupayakan, baik melalui pengobatan medis maupun pengobatan alternatif.

Inilah beberapa daun yang berkhasiat bagi kesehatan.

 

Daun Sirih

Daun sirih
chef.foodcious.com

Daun sirih adalah sejenis tanaman yang tumbuh secara merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Dahulu, kakek dan nenek kita sering mengunyah daun sirih bersama dengan gambir, pinang dan kapur.

Jika direbus, air rebusan daun sirih berkhasiat untuk menghilangkan bau badan, batuk, bronkitis, hingga kanker. Daun sirih yang ditumbuk halus dapat menjadi pengobat luka bakar, gatal-gatal, bisul, hingga koreng.

Jika diare, daun sirih juga dapat dioleskan ke bagian perut untuk menyembuhkannya. Jika mimisan, daun sirih dapat dilumatkan dan digulung lalu dimasukkan ke dalam hidung untuk menghentikan darah yang keluar. Nah, lengkap kan khasiatnya?!

Daun Binahong

Daun binahong
konsultankolesterol.com

Bassela rubra linn atau binahong adalah sejenis tumbuhan merambat yang dapat hidup di dataran rendah maupun dataran tinggi.

Daun tumbuhan ini dapat digunakan untuk mencegah berbagai penyakit di antaranya mencegah penyakit stroke, mengatasi maag, menyembuhkan luka, mengatasi asam urat, dan mengatasi kolesterol.

Untuk memperoleh khasiat daun binahong yaitu dengan merebusnya dan meminum air rebusan daun binahong. Khusus untuk mengobati luka, biasanya dengan cara menumbuk daun bianahong lalu mengoleskannya pada luka.

Daun Salam

Daun salam
food.detik.com

Salam adalah nama pohon penghasil daun rempah yang biasanya digunakan dalam masakan Nusantara. Ternyata, daun salam ini juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Di antaranya adalah untuk mengobati asam urat, kolesterol, hipertensi, dan masalah perut seperti diare, sembelit, dan lain-lain. Khasiat ini didapatkan dengan cara meminum air rebusan daun salam.

Selain itu, jika air rebusan daun salam juga dapat digunakan untuk mengibati sakit mata dengan cara mengoleskannya ke mata.

Daun Sirsak

Daun sirsak
bodieko.si

Bukan hanya buahnya saja yang dapat dinikmati, ternyata daun sirsak juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan. Kini santer pengobatan kanker dengan menggunakan daun sirsak.

Penyakit-penyakit seperti asam urat, diabetes, hipertensi, wasir, rematik, serta sakit pinggang juga dapat diobati dengan daun sirsak. Caranya dengan meminum air rebusan daun sirsak secara teratur.

Daun Dewa

Daun dewa
ideasik.com

Gynura divaricata atau daun dewa adalah sejenis tanaman herbal yang bisa tumbuh pada ketinggian 200 hingga 800 mdpl. Nama lain dari tanaman ini adalah Ngokilo, sambung nyawa ( masyarakat Jawa), daun dewa (Jawa Tengah), San qi cao (China).

Adapun khasiatnya untuk kesehatan yaitu mengobati stroke, rematik, diabetes, hipertensi, kanker, wasir, batuk, gangguan haid, dan masih banyak lagi. Caranya dengan meminum daun rebusan daun dewa.

Daun Pepaya

Daun pepaya
kertasvanilla.com

Tanaman pepaya memiliki buah serbaguna yang baik dimakan saat matang dan mentah. Selain itu, daun pepaya menawarkan nilai obat.

Daun pepaya muda dimakan seperti sayur dalam beberapa masakan khas Indonesia. Adapun air rebusan daun pepaya, memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Di antaranya, kanker, malaria, nyeri haid, masalah pencernaan, dan lain-lain.

Daun Kemangi

Daun kemangi
jitunews.com

Kemangi adalah tumbuhan yang banyak tumbuh pada musim hujan. Daun tumbuhan kemangi memiliki rasa dan aroma yang khas. Rasa dan aroma tersebut kemudian membuat daun ini banyak digunakan sebagai lalap makan.

Bukan hanya itu saja, dan kemangi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti menjaga kesehatan mata, mengatasi bau mulut, mengobati batuk pilek, mengobati keputihan, antiradang, dan lain-lain.

Daun Kelor

Daun kelor
pesisirone.com

Pepatah mengatakan “Dunia tidak selebar daun kelor” untuk menunjukkan bahwa bumi itu luas. Pengibaratan ini muncul karena daun kelor memiliki ukuran yang kecil, namun dibalik ukurannya yang kecil itu, daun kelor memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.

Di antaranya, air rebusan daun kelor untuk menyembuhkan alergi, daun kelor yang ditumbuh untuk menyembuhkan herpes, pegal linu, rematik, dan jika ditambah sedikit air dapat dijadikan obat tetes mata.

Daun Katuk

Daun Katuk
radaronline.co.id

Sauropus androgynus atau daun katuk adalah sejenis tumbuhan sayuran yang banyak terdapat di Asia Tenggara. Daun banyak berkhasiat untuk kesehatan antara lain mencegah osteoporosis, melancarkan ASI, mengatasi influenza, menyehatkan mata, dan lain-lain.

Daun Bidara

Daun Bidara
hydroflora.sk

Ziziphus mauritiana atau bidara/widara adalah sejenis pohon kecil penghasil buah yang tumbuh di daerah kering. Pada beberapa tempat, tumbuhan ini memiliki nama yang berbeda-beda.

Mungkin kamu mengenalnya sebagai daun yang sering mengiringi keberadaan mayat. Ternyata, daun bidara juga memiliki khasiat bagi kesehatan.

Di antaranya, mencegah diabetes, mengatasi gejala depresi, merawat kulit kering, meringankan luka bakar, bahkan menambah nafsu makan.

Namun, jika ingin mengkonsumsinya sebaiknya beli dalam bentuk kapsul yang banyak dijual di pasaran. Sebab, cara pemakainnya dikenal cukup sulit dalam peracikannya.

Satu pemikiran pada “Inilah 10 Jenis Daun yang Berkhasiat Bagi Kesehatan”

  1. Assalamu’alaikum
    Subhanallah
    Ini adalah kebesaran Allah memberikan tanaman di muka bumi sebagai obat
    Tanaman di atas begitu besar faedahnya
    Jazakallah khoiron akhi 🙂

    Balas

Tinggalkan komentar