Inilah 12 Alasan dari Seorang Jomlo Kenapa Betah untuk Selalu “Sendiri”

Apa sih beda single dengan jomlo? Beda huruf dan asal kata saja. Single berasal dari bahasa Inggris sedangkan jomlo cuma bahasa slang Indonesia. Hakekat keduanya sama; sendiri.

Mayoritas manusia normal di bumi ingin menikah, namun proses mendapatkan pasangan hidup tidak sama antara seseorang dengan lainnya. Ada yang hanya butuh sehari langsung cocok, ada pula yang berpuluh tahun belum juga mendapatkan pasangan hidup.

Menyandang status jomlo asin-asin sedap, yang nyinyir dengan status jomlo tak terhitung banyaknya. Hanya sedikit yang mengerti posisi mengapa masih jomlo. 12 alasan sudah terkumpul kenapa kamu memilih jomlo.

1. Bebas

Status single membuat kamu bebas mengejar tujuan dan impian tanpa terikat komitmen.

2. Tidak siap berubah

Kamu merasa tidak akan bisa kompromi dengan tuntutan pasanganmu. Kamu hanya ingin menjadi orang yang kamu inginkan dan mendapatkan yang terbaik dari yang telah kamu usahakan.

3. Aktif berkomunitas

Saking aktifnya berkomunitas, kamu merasa bila memiliki pasangan akan menghambat jalanmu. Kamu harus menemani pasanganmu belanja, pergi ke luar kota, dan sebagainya. Dengan tetap jomlo, kamu bisa lebih dekat dan nyaman dengan komunitas yang kamu ikuti.

4. Tidak punya cukup uang

Menikah butuh investasi besar, sedangkan kamu merasa tidak cukup memiliki banyak uang untuk menikah dan hidup berdua dengan pasangan.

5. Anak gaul

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Erin Cornwell, seorang sosiolog dari Cornell, orang lebih terpikat bersosialisasi dengan jomlo dan akan mencoba berinteraksi kembali daripada orang yang sudah menikah.

6. Mementingkan karir

Tetap jomlo artinya memiliki banyak waktu dan energi untuk fokus pada karir tanpa terganggu oleh tanggung jawab pernikahan.

7. Tidur sendiri lebih menyenangkan

Penelitian dari barat, ketika tidur sendirian kamu akan mendapatkan waktu tidur lebih banyak, yang menghasilkan daya ingat dan keterampilan kognitif lebih baik.

8. Hanya bertanggungjawab pada diri sendiri

Kamu tidak ingin terbebani tanggung jawab mengurus orang lain.

9. Merasa lebih sehat dan keren

Menikah menimbulkan banyak makan, perut buncit, dan jarang olahraga. Cara berpakaian menjadi seadanya dan malas dandan. Tetap jomlo membuat kamu tetap menjaga penampilan dan kesehatan.

10. Tidak memiliki drama emosional

Setiap hubungan datang dengan tingkat kompromi. Untuk menjaga hubungan kamu tetap utuh, kamu harus mengabaikan keinginanmu dan terkadang harus memenuhi pasanganmu. Kamu tidak ingin semua itu terjadi.

11. Memiliki waktu untuk berpikir apa yang kamu inginkan dari kehidupan

Bila tetap menjomlo, kamu punya cukup waktu untuk berpikir tentang hal yang benar-benar kamu inginkan dan membuat keputusan cerdas.

12. Bocah petualang

Kamu tidak merasa bersalah bila pulang malam, atau ketika kamu pergi dalam jangka waktu lama. Kamu memang suka bertualang, tidak ingin keluargamu terbengkalai karena sering kamu tinggalkan.

Tinggalkan komentar