Inilah 18 Makanan Penurun Kolesterol

Kamu mungkin belum tau bahwa sebenarnya ada dua jenis kolesterol. Jenis kolesterol yang pertama adalah LDL (Low Density Lipoprotein) atau disebut juga dengan lemak tidak baik/jahat. Jika LDL di dalam tubuh kita terlalu banyak, akan menimbulkan plak pada pembuluh darah sehingga terjadi penyumbatan. Sementara jenis kolesterol yang kedua adalah HDL (High Density Lipoprotein) atau kolesteol baik. Jenis kolesterol ini justru baik bagi tubuh karena berfungsi merubah vitamin yang larut dalam lemak.

Jadi, tidak semua kolesterol itu jahat lho, ada yang baik juga. Kolesterol jahat biasanya bersumber dari protein hewani dan nabati seperti daging, keju, susu, santan, minyak kelapa dll. Nah, jika tubuh kamu sudah mengandung kolesterol jahat terlalu banyak segera konsumsi beberapa makanan ini.

 

Apel (Apple)

Buah Apel (Apple) Merah
wallpaper-kid.com

Buah apel memiliki serat yang bermanfaat untuk tubuh kamu. Salah  satu manfaat apel adalah mengurangi kadar kolesterol jahat. Kamu bisa makan buah ini dengan cara menggigit dan mengunyah sehingga ada enzim tertentu yang kamu dapatkan. Kamu juga bisa mengolahnya menjadi jus atau aneka kue.

Alpukat (Avocado)

Buah Alpukat (Avocado) kaya manfaat
www.onlyfoods.net

Buah alpukat atau avocado paling enak kalau diolah menjadi jus. Apalagi kalau siang sedang terik-teriknya, hehe. Mengenai kolesterol, buah ini mengandung banyak zat baik seperti asam oleat, lemak tak jenih dan serat pangan. Kandungan yang dimiliki buah alpukat mampu meningkatkan kolesterol baik sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat.  Yuk, sering-sering minum jus alpukat agar lebih sehat. 🙂

Anggur (Grape)

Buah Anggur (Grape)
hidrateh2o.com

Buah anggur atau grape dalam bahasa Inggris memang buah yang sangat enak. Harganya pun relatif lebih mahal dibandingkan buah yang lain. Namun anggur mengandung banyak senyawa dengan berbagai manfaat. Salah  satu senyawa yang terdapat di dalam buah anggur adalah flavanoid. Flavanoid ini mampu mencegah pengumpalan trombosit dan kerusakan akibat radikal bebas kolesterol LDL.

Stroberi (Strawberry)

Buah Stroberi *Strawberry)
www.freedomvillageorangecounty.org

Selain berbagai jenis buah yang telah disebutkan, jenis buah yang juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol LDL adalah stroberi (strawberry). Stroberi mengandung antioksidan dan berbagai zat baik lainnya. Kamu bisa memilik stroberi kualitas baik yang tidak terlalu asam. Agar lebih enak, olah buah ini menjadi jus.

Cokelat (Chocolate)

Cokelat (Chocolate)
www.zmescience.com

Siapa yang tidak suka sama cokelat? Kita rasa kamu semua suka makanan yang satu ini. Kalau dari hasil tes kesehatan kamu dinyatakan memiliki kolesterol LDL berlebih, maka banyak-banyakin aja makan cokelat, hehe. Sebaiknya pilih jenis cokelat yang agak pahit karena mengandung antioksidan dan flavanoid yang lebih berkualitas dibandingkan cokelat yang sudah diberi perasa yang lain.

Gandum (Wheat)

Gandum (wheat) karbohidrat
agriculturewire.com

Gandum (wheat) memiliki serat beta-glucan yang mampu meminimalisasi pengaruh buruk dari kolesterol jahat. Masyarakat Indonesia memang jarang makan gandum karena umumnya kita makan nasi dari beras. Tapi kalau kamu memiliki masalah dengan kolesterol, sesekali kita sarankan untuk makan gandum atau makan olahan gandum ini.

Kayu Manis (Cinnamon)

Kayu Manis (Cinnamon)
wikimedia.org

Ini jenis rempah yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol kamu. Jangan membayangkan makan kayu manis mentah-mentah ya, hehe. Kamu cukup masukkan kayu manis yang telah  dihaluskan ke dalam minuman seperti teh hijau dan minum secara rutin.

Ikan Tuna (Tuna Fish)

Ikan Tuna (Tuna Fish)
www.top10al.com

Cara paling baik makan ikan tuna adalah diuap atau dipanggang, bukan digoreng seperti yang sering kita lakukan. Ikan tuna mengandung lemak Omega-3 dan protein yang dapat menambah kolesterol baik atau HDL (High Density Lipoprotein).

Ikan Salmon (Salmon)

Ikan Salmon (Salmon) asli Amerika
www.chow.com

Ikan salmon juga mengandung asam omega-3 yang mampu menurunkan tekanan darah dan kolesterol LDL dan meingkatkan HDL. Ikan ini asli dari  Amerika.

Jahe (Ginger)

Jahe (Ginger)
http://themindunleashed.org/

Jahe adalah jenis tanaman yang disukai banyak orang Indonesia , khususnya jika sedang sakit atau cuaca sedang hujan. Umumnya jahe dijadikan minuman atau bisa djuga dibakar lalu diberikan bumbu khusus. Jahe mampu meningkatkan HDL sehingga cocok buat kamu yang punya masalah kolesterol.

Teh Hijau (Green Tea)

Teh Hijau (Grean Tea)
http://higherperspective.com/

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan minuman yang satu ini, teh hijau. Iya, teh hijau salah satu komoditas yang banyak diekspor ke berbagai negara. Menurut para ahli, minum teh hijau satu gelas setiap hari mampu mengurangi kolesterol LDL. Teh ini juga tidak mengandung kalori sehingga banyak diminum oleh para wanita yang sedang diet, hehe.

Buncis (Bean)

Sayur Buncis (Bean)
culinarymamas.com

Buncis dan jenis sayur kacang-kacangan lainnya mengandung serat pangan yang berungsi mengurangi kolesterol tidak baik. Selain itu, buncis juga mampu menccegah terjadinya kenaikan gula darah. Jika kamu kurang suka buncis, kamu bisa memilih jenis sayur kacang-kacangan lainnya seperti kacang panjang.

Kacang Kedelai (Soybeans)

Kacang kedelai (Soybeans)
www.motherearthnews.com

Biasakan makan kedelai untuk lebih sehat dan mengurangi kolesterol jahat atau LDLJika kamu kurang suka, kamu bisa makan produk berbahan dasar kedelai seperti susu kedelai, tahu, tempe dan lainnya.

Minyak Zaitun (Olive Oil)

Minyak Zaitun (Olive Oil)
khanzabeautyshop.com

Minyak zaitun atau olive oil mengandung antioksidan yang mampu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh kamu. Sekarang mudah sekali mendapatkan minyak zaitun, banyak dijual di pasar-pasar atau online. Untuk hasil yang baik, pilihkan  minyak zaitun yang berlabel extra virgin jika dijual dalam botol kemasan.

Kacang Almond (Almond)

Kacang Almond atau badam
medicaldice.com

Kacang almond disebut juga badam. Kacang almond atau almond saja dalam bahasa Inggris mengandung senyawa sterol yang mampu menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh. Namun jangan makan almond secara berlebihan karena mengandung kalori yang tidak baik untuk tubuh kamu.

Bayam (Spinach)

Sayur Bayam Hijau
wearandcheer.com

Sayur bayam juga termasuk dalam makanan jenis sayuran yang berguna untuk menurunkan kolesterol. Kamu atau orang tua kamu yang mempunyai masalah dengan kolesterol atau penyakit jantung usahakan selalu makan bayam. Iya, bayam mampu melindungi jantung dengan cara mencegah lemak yang menempel pada pembuluh darah.

Beras Merah (Brown Rice)

Beras Merah atau Brown Rice
www.chow.com

Beras merah mengandung serat yang tinggi sehingga membantu menurunkan lemak darah atau kolesterol. Bagi kamu yang memiliki masalah dengan kolesterol, beras merah atau brown rice sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Memang harganya lebih mahal dibandingkan beras biasa.

Brokoli (Brocolli)

Sayur Brokoli (Brocolli)
www.simplyscratch.com

Brokoli secara teknis akan mengikat  asam empedu di saluran pencernaan dan kemih sehingga dalam kurun waktu tertentu akan membuat kolesterol berkurang. Jadi biasakan makan sayur-sayuran seperti brokoli agar tubuh kamu tetap sehat. Kamu bisa memasak sayur brokoli dengan mencampur dengan sayuran yang lain akan terasa lebih nikmat.

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Kamu bisa memilih beberapa saja yang sesuai dengan selera kamu.

Baca juga mengenai daftar menu yang cocok buat kamu yang vegetarian.

Happy eating guys 🙂

Tinggalkan komentar