15 Cara Mengobati Sariawan Dengan Cepat dan Mudah

Bawang Putih

liputanantarkota.tk

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan benda ini, benda sering digunakan sebagai bumbu masakan dan penyedap tambahan dalam setiap masakan. Tidak hanya digunakan dalam bumbu masakan saja, tetapi juga bisa digunakan sebagai obat antiseptik, antivirus dan anti bakteri. Hal ini akan mempermudah dan mempercepat proses penyembuhan pada sariawan. Cara mengobatinya dengan mengiris bawang dengan menyesuaikan ukuran pada sariawan. Diamkan selama 10 menit kemudian berkumur, lakukan hal ini setiap hari.

Getah Pohon Jarak

juragandodoll.blogspot.com
juragandodoll.blogspot.com

Pohon jarak merupakan salah satu pohon yang dapat digunakan sebagai obat herbal sehingga pohon jarak digolongkan ke dalam apotek hidup. Hampir semua bagian tanaman ini dapat dimanfaatkan sebagai obat, salah satunya adalah getahnya yang berfungsi untuk mengobati sariawan. Getah pohon jarak sangat mudah didapatkan, yaitu dengan memotong bagian daun atau batang pohon jarak dan getahnya akan keluar dengan sendirinya.

Getah pohon jarak bersifat anti bakteri dan anti inflamasi sehingga dapat menyembuhkan luka sariawan dengan cepat. Caranya cukup mudah, potong bagian daun atau batang dari tanaman jarak dan tempelkan potongan tanaman jarak tersebut ke bagian mulut yang mengalami sariawan, diamkan beberapa saat. Kemudian bersihkan dengan cara berkumur-kumur, ulangi sebanyak tiga kali sehari hingga sembuh.

Baking Soda

www.foodnetwork.com
www.foodnetwork.com

Baking soda adalah salah satu bahan yang di dalamnya terdapat zat yang dapat menyembuhkan penyakit sariawan. Baking soda dapat mengurangi tingkat keasaman pada mulut dan dapat membunuh bakteri dan kuman penyebab sariawan. Berkumurlah dengan menggunakan air hangat yang dicampur dengan satu sendok baking soda, lakukan sekurang-kurangnya tiga kali sehari agar sariawan cepat sembuh dan tidak meradang. Atau kamu juga bisa membuat pasta dari baking soda ditambah sedikit garam dan mengoleskannya pada bagian mulut yang sakit.

Tomat

m.enews.com.tw
m.enews.com.tw

Tomat mengandung banyak vitamin C yang dapat menyembuhkan sariawan. Kamu bisa langsung memakan tomat atau membuat jus dari tomat untuk memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh. Dengan vitamin C yang tinggi tubuh akan dengan sendirinya menyembuhkan sariawan. Selain itu tomat juga dapat meredakan panas dalam yang menjadi penyebab sariawan. Mengkonsumsi tomat secara rutin juga dapat mencegah sariawan datang kembali.

Daun Sirih

pondokibu.com
pondokibu.com

Tanaman bernama latin piper batle ini merupakan tanaman rambat dan memiliki bau yang khas. Daun sirih biasa digunakan sebagai kinang untuk menguatkan gigi dan juga sering digunakan untuk menghentikan pendarahan akibat mimisan. Namun daun sirih ternyata juga dapat digunakan sebagai obat sariawan.

Caranya adalah dengan mencuci bersih satu lembar daun sirih yang berwarna hijau tua, kemudian kunyah-kunyah atau kamu juga bisa menumbuknya dan meletakkannya pada bagian mulut yang sariawan. Pada awalnya akan terasa sedikit asam dan perih, namun setelah beberapa saat akan terasa khasiatnya. Buang ampas daun sirih dan berkumurlah dengan air hangat untuk membersihkan sisa-sisanya.

Jahe

cara.media
cara.media

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) jahe merupakan tanaman herbal yang digunakan sebagai tanaman obat paling banyak di dunia. Jahe bersifat sebagai antibiotik, anti inflamasi, anti bakteri dan anti radang sehingga dapat digunakan untuk menyembuhkan sariawan secara cepat dan efektif. Buat rebusan dari jahe dengan ditambah sedikit madu dan minum tiga kali sehari, pagi, siang, malam. Jahe bersifat anti bakteri sehingga akan membunuh kuman-kuman penyebab sariawan dan akan menyembukan luka sariawan.

 

Tinggalkan komentar