Inilah 9 Fakta Seputar The SR-71 Blackbird Aircraft – Pesawat Tercepat di Dunia

Kamu tahu pesawat apa yang paling cepat di dunia? Namanya The SR-71. Pesawat ini dibangun puluhan tahun silam namun namanya masih melegenda¬†hingga sekarang. Nah, hari ini kita akan sharing beberapa fakta seputar pesawat tercepat di dunia ini khusus buat kamu. Semoga bermanfaat¬†ūüôā

 

Pertama Kali Diterbangkan Tahun 1964

The SR-71 Blackbird dibangun 1964
historyinorbit.com

Pesawat ini dibuat oleh seseorang bernama Lockheed Martin. Setelah rampung di tahun 1964, pesawat ini diterbangkan untuk pertama kalinya. Pada tahun 1999 pesawat ini diberhentikan penggunaanya oleh NASA.

Super Cepat!

Pesawat Tercepat di  Dunia
historyinorbit.com

Kecepatan tertinggi pesawat ini mencapai 2,193.13 mil per jam atau setara dengan 3441.8 km per jam. Dan ini menjadikan pesawat ini sebagai pesawat tercepat di dunia. Record itu dibuat pada Juli 1976. Foto di atas memperlihatkan pesawat tersebut saat record tersebut dibuat.

Disebut Juga Blackbird

Pilot di dalam Blackbird
wikimedia.org

The SR 71 juga dipanggil dengan blackbird saja. Penamaan itu karena di dalam pesawat khususnya ruang cokpit sangat senyap. Pilot Blackbird, Richard Graham, mengatakan: “You could hear a pin drop. The view is spectacular, being able to see the curvature of the Earth and the black space above filled with stars.” Sang pilot mengatakan saking senyapnya, kita bisa mendengar benda apapun yang jatuh. Dan saking cepatnya, dia melihat melihat bumi melengkung saat di udara.

Mampu Menggangu Komunikasi Musuh

Blackbird mampu memetakan sonar
iliketowastemytime.com

Kelebihan lain dari Balckbird adalah mampu memetakan sinyal sonar hingga 45 derajat ke arah samping. Selain itu, pesat super cepat ini juga mampu mengganggu sistem komunikasi musuh. Kemampuan ini tentu sangat berguna dalam peperangan.

Target Awal 3.4 Mach

Pesawat SR-71 Super Cepat
i.kinja-img.com

SR-71 awalnya dibangun agar mampu terbang di atas 3.4 mach atau lebih dari 2500 mil per jam (asumsi kecepatan di darat). Mach adalah satuan kecepatan yang menunjukan kecepatan relatif suatu objek terhadap kecepatan suara. Namun ternyata kecepatan yang mampu dicapai sedikit dibawah target.

Ditembaki Lebih dari 4000 Rudal!

wikimedia.org

Selama 25 tahun terbang, Bakckbird sudah ditembaki lebih dari 400 rudal oleh musuh. Namun tidak ada satupun yang mengenai pesawat tercepat ini. Hal ini karena Blackbird memiliki kecepatan yang sangat cepat sehingga rudal pun tidak mampu menandingi. Selain itu, SR-71 juga mempunyai kemampuan mengelak yang baik.

Sistem Navigasi R2-D2

Navigasi R2-D2
historyinorbit.com

Iya, sistem navigasi pesawat ini disebut “R2-D2”. R2-D2¬†memiliki sensor yang sangat¬†kuat sehingga bisa mendeteksi sampai 61 bintang di siang bolong bahkan saat pesawat masih¬†belum terbang.

Butuh Banyak Titanium

SR-71 Butuh Titanium
historyinorbit.com

Sr-71 membutuhkan banyak titanium dalam proses pembuatannya. Karena Amerika bukan negara penghasil titanium, maka Amerika saat itu mengimpor dari Rusia. Agar tidak ketahuan, Ameria membuat banyak perusahaan palsu agar titanium tersebut tidak dicurigai.

Bahan Bakar Bisa Diisi di Udara

Blackbird Mengisi Bahan Bakar di Udara
odometer.com

Tangki Blackbird diraancang untuk dapat meluas karena menggunakan bahan titanium. Hal ini memungkinkan Blackbird diisi dengan bahan bakar yang cukup banyak. Selain itu, pengisian bahan bakarnya juga  bisa dilakukan di udara.

Kalau kamu suka dengan desain interior, yuk lihat desain interior pesawat pribadi yang bisa bikin kamu ngiler. Dijamin ngiler, hehe.

Tinggalkan komentar