Inilah Daftar Aktivitas Seru yang Bisa Mahasiswa Lakukan di Akhir Pekan, Tanpa Perlu Keluar Uang Sepeserpun

Akhir pekan selalu dinanti, aktivitas seru apa saja kah yang dapat dilakukan mahasiswa ketika weekend untuk mengisi libur akhir pekannya agar semakin menyenangkan?

Setelah melewati hari-hari kuliah yang menguras pikiran dan tenagamu, akhirnya tibalah akhir pekan yang ditunggu-tunggu. Tetapi, pernah nggak sih merasa bingung di akhir pekan seperti mau kemana, ngapain  dan sama siapa? Apalagi saat akhir pekan ini kamu sudah nggak punya budget untuk jalan-jalan alias lagi bokek.

Nah, di artikel ini kita akan bahas aktivitas seru mahasiswa apa saja yang dapat kamu lakukan untuk mengisi akhir pekan tanpa perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Apa aja, sih? Langsung simak, yuk!

 

Menekuni Hobimu

macula.tv

Apa sih hobi kamu? Bikin origami, paper replika atau menggambar? Akhir pekan merupakan waktumu buat mengembangkan hobi. Setelah kesibukan di kampus, inilah kesempatanmu buat sejenak membebaskan diri. Kamu boleh banget melonggarkan pikiran dan berimajinasi sebebas-bebasnya lewat apa yang menjadi kegemaranmu.

Mau Main Game Sepuasnya?

cdn.gijobs.com
cdn.gijobs.com

Selain membuat pikiranmu rileks, main game ternyata dapat meningkatkan kecerdasan dan kemampuan mengingatmu lho. Nah, jika kamu memang gamers sejati, tinggal manfaatkan akhir pekanmu untuk nongkrong di depan layar laptop atau komputer, deh!

Nonton Film

candimandi.typepad.com
candimandi.typepad.com

Coba cek deh folder film di laptopmu. Ada berapa banyak film yang ternyata belum sempat kamu tonton? Saking sibuknya, kamu kadang cuma sempat download film-film keluaran terbaru tanpa ada waktu untuk menontonnya. Bener, nggak?

Punya Kamera? Bisa Lho Bikin Proyek Fotomu Sendiri

virtualphotographystudio.com
virtualphotographystudio.com

Kalau kamu punya kamera, boleh lho manfaatin waktu akhir pekanmu untuk hunting foto. Lumayan sambil melatih ketrampilanmu di dunia fotografi. Nah, setelah terampil menggunakan kamera, kamu juga dapat lanjut belajar mengedit foto.

Kamu bisa Upload foto-fotomu di sosial media atau lainnya, dan lihat berapa banyak orang yang menyukai karya-karyamu.

Boleh Lho kalau Mau Gabung Di Komunitas Tertentu

harapanindahbike.blogspot.com
harapanindahbike.blogspot.com

Menggemari sesuatu bisa jadi alasan untuk bergabung dengan komunitas atau organisasi tertentu. Misalnya nih, kamu suka memelihara hewan, mendaki gunung atau menulis. Bergabung dengan komunitas, memungkinkan kamu bertemu dengan orang-orang yang memiliki kesukaan yang sama denganmu.

Biasanya, akhir pekan dimanfaatkan untuk acara kumpul komunitas dan sharing.

Olahraga

lighthouse-indonesia.com
lighthouse-indonesia.com

Olahraga baiknya dilakukan rutin setiap hari. Tapi, alasan kesibukan kadang membuat kamu melupakan kewajiban yang satu ini. Sebaiknya, manfaatkan waktu luang ketika akhir pekan untuk menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga.

Jalan kaki dan joging bisa menjadi pilihan olahraga yang tidak membutuhkan tenaga banyak dan mengharuskan kamu mengeluarkan uang sepeser pun.

Baca Buku yang Kamu Suka

acluva.org
acluva.org

Membaca buku bisa menjadi salah satu cara untuk memanjakan diri. Kegiatan ini membuatmu merasa rileks dan sejenak melupakan tekanan tugas kuliah atau hal-hal lain yang tidak menyenangkan. Pilihlah buku yang paling kamu sukai dan biarkan dirimu tenggelam dalam bacaanmu.

Jika buku-bukumu sudah habis kamu baca, kamu bisa membuka internet untuk mengunduh atau membaca buku secara online.

Bisa Cari Beasiswa kalau Kamu Pengen Kuliah Lagi

desertschoolsblog.com
desertschoolsblog.com

Jika kamu ingin melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi, sebaiknya gunakan akhir pekanmu untuk mencari beasiswa. Penyedia beasiswa di dalam maupun luar negeri bisa banyak kamu temukan di media cetak, internet, ataupun relasi.

Apakah kamu bisa memenuhi kualifikasinya? Mulailah untuk mengumpulkan persyaratan beasiswa dan mengukur kemampuan dirimu sendiri.

Nah, itulah beberapa aktivitas seru yang dapat dilakukan di akhir pekan. Jadi, akhir pekan ini kamu mau ngapain?

Selamat bersenang-senang ya!

Tinggalkan komentar