Inilah Fakta Bahwa Masyarakat Indonesia Penyuka Daun

Sebenarnya masyarakat Indonesia itu tidak susah makannya, karena apapun yang ada di sekitar mereka bisa diolah jadi makanan yang lezat. Jadi orang Indonesia tidak akan pernah kelaparan jika mereka rajin bercocok tanam. Tapi, masalahnya tidak semua masyarakat punya lahan untuk bercocok tanam tersebut, selain ada juga yang memang malas.

Salah satu jenis makanan yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia adalah aneka daun-daunan, kecuali rumput ya! Masa sih masyarakat Indonesia suka daun? Tentunya ini adalah sebuah fakta, karena banyak olahan masakan Indonesia yang berbahan baku daun, kalau kamu nggak percaya, kita lihat bersama yuk daun apa saja yang dimakan masyarakat Indonesia!

Daun Singkong

flickr.com

Salah satu jenis daun yang hampir semua orang mengenalnya adalah daun singkong. Biasanya kita akan temui daun singkong dalam bentuk gulai daun singkong, buntil, tumis daun singkong atau pun hanya direbus begitu saja sebagai lalap.

Entah apa yang menjadi daya tarik daun singkong, tapi daun yang satu ini tetap saja lezat jika sudah menjadi masakan olahan, apalagi daun singkong yang masih muda.

Jadi kalau kamu punya pohon singkong di rumah, selain kamu bisa menikmati gurihnya singkong goreng, kamu pun bisa memanfaatkan daunnya untuk dijadikan makanan. Batangnya pun bisa kamu manfaatkan lho!

Daun Kemangi

youtube.com

Kalau kamu suka lalapan, maka salah satu daun yang biasa dijadikan lalapan untuk menemani ayam bakar dan ikan bakar adalah daun kemangi. Selain untuk lalapan, daun ini pun sering dicampurkan ke dalam masakan, tujuannya agar aroma masakannya menjadi harum karena keberadaan daun kemanginya.

Daun Pohpohan

flickr.com

Jika kamu suka makanĀ  di rumah makan sunda, maka kamu akan disuguhi lalapan yang salah satunya terdiri dari daun pohpohan. Untuk yang nggak biasa, daun ini rasanya aneh. Soalnya ada rasa getir bercampur pedas yang begitu terasa ketika kita menggigit daunnya. Tapi inilah yang menjadi kekhasan daun pohpohan.

Daun Kelor

rri.co.id

Daun ini termasuk daun yang sangat jarang ditemui di pasar, apalagi di pulau Jawa. Tapi masyarakat Indonesia ada yang menjadikan daun kelor sebagai salah satu daun yang diolah menjadi masakan tertentu. Bisa dibuat seperti gulai atau pun dibening begitu saja.

Daun Pakis

flickr.com

Daun pakis sering kali kita temui dihutan-hutan. Kalau melihat daun ini sekilas, bisa jadi kamu tidak akan menyangka kalau daun ini bisa dijadikan sebagai makanan. Tapi ternyata, setelah diolah menjadi gulai atau ditumis sederhana, daun pakis ini ternyata lezatnya luar biasa. Kalau nggak percaya, tentunya perlu kamu coba.

Daun Ubi

rajaubi.com

Ubi, selain buahnya yang enak untuk dijadikan panganan seperti digoreng, dikolak dan dibuat aneka kue, ternyata memiliki daun yang bisa dijadikan sebagai bahan masakan juga. Biasanya, daun ubi ini diolah menjadi masakan sejenis gulai. Wah, gimana ya rasanya daun ubi ini? Jadi pengen coba ya!

Daun Kencur

kilassenja.blogspot.com

Sebagian orang pasti akan merasa aneh jika menemukan masakan yang ternyata dibuat dari daun kencur. Daun kecur lho, bukan kencurnya. Biasanya sih orang Sunda menggunakan daun kencur, sebagai salah satu bahan untuk membuat urap. Urap yang dibuat dengan daun kencur rasanya tentu saja khas, bahkan jika yang belum biasa, terkadang akan merasa aneh dengan rasa daunnya.

Daun Pepaya

cari-manfaat.com

Walaupun pahit, daun pepaya ini sering dijadikan sebagai sayuran dan dibuat aneka jenis masakan. Biasanya sih daun pepaya diolah menjadi buntil, gulai pepaya, oseng papaya atau hanya sekedar direbus untuk dijadikan teman makan bersama sambal.

Tinggalkan komentar