15 Hal Nyentrik yang Cuma Ada di Kota Jogja

Jogja itu kota yang keren, ngangenin deh pokoknya. Buat kamu yang pernah ke Jogja pasti tau rasanya. Apalagi kalau kamu pernah menetap dalam waktu yang cukup lama di kota budaya ini. Banyak hal yang membuat kangen, mulai dari suasananya, makanannya, alamnya sampai orang-orangnya.

Kalau kamu dateng ke Jogja, sebaiknya sempetin buat jalan-jalan. Apalagi anak kos tuh, kan ke Jogja bukan cuma hitungan hari aja. Bisa sampai tahunan. Nah, jalan-jalannya di tempat-tempat ini nih, soalnya cuma bisa kamu temuin di Jogja aja.

 

Malioboro

Jalan Malioboro
travelingsmarts.com

Malioboro itu sebenernya nama jalan, terkenal banget nih tempat yang satu ini. Banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke Malioboro. Walaupun cuma jalan, tapi kamu bisa merasakan kota Jogja itu seperti apa. Keramahan orang-orangnya, ramainya Jogja sekarang, macetnya, kuliner juga ada, semua kumpul jadi satu di Malioboro.

Masjid Gedhe Kauman

Masjid Gedhe Kauman
masjidgedhe.or.id

Udah nonton film Sang Pencerah nggak? Kalau udah nonton pasti pernah liat masjid ini. Masjid Gedhe berada di kompleks Kraton Yogyakarta. Kalau kamu berkunjung ke Jogja dan ingin berwisata religi, Masjid Gedhe bisa jadi salah satu destinasi kamu.

Sekaten

Sekaten pasar malem
travellie.com

Sekaten sendiri berasal dari kata syahadatain atau dua kalimat syahadat. Nah, sekaten itu adanya cuma setahun sekali, untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad. Jadi kalau kamu mau dateng ke sekaten, ya harus disesuaikan tanggalnya. Isinya kayak pasar malem pada umumnya sih, ada permainan rakyak, panggung hiburan sama orang jualan. Yang beda dari pasar malem yang lain itu tempatnya. Sekaten diadakan di Alun-alun Utara kota Jogja, jadi suasananya beda.

Tugu Jogja

Tugu Jogja
facultyoflawyer.wordpress.com

Ada yang bilang, kalau dateng ke Jogja tapi nggak foto sama tugu yang satu ini, belum dianggep main di kota Yogyakarta. Sebenernya nggak ada yang salah sih dari kalimat tadi. Kalau kita dateng ke suatu tempat kan paling nggak ada buktinya tuh. Nah, tugu Jogja ini bukti kalau kita udah pernah main ke sana. Tapi, banyak juga lho orang asli Jogja sendiri yang belum pernah foto sama tugu putih ini.

Parangtritis

Pantai Parangtritis
imgkid.com

Parangtritis, pantai yang teletak di kabupaten Bantul, Yogyakarta. Pantai yang indah dengan pasir berwarna hitam dan pemandangan yang indah. Kalau main ke Parangtritis harus hati-hati, di sana nggak boleh berenang di laut. Pernah kejadian tuh, ada orang yang terseret ombak di pantai ini.

Candi Prambanan

Candi Prambanan
rantinandrovin.com

Candi Prambanan merupakan candi Hindu yang berada di kota Jogja. Letaknya di timur Jogja, tepatnya di Jalan Raya Jogja – Solo Km 16, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Akses ke sana juga gampang kok, kalau kamu dari bandara Adisucipto tinggal jalan aja lurus kearah timur. Udah deh, tunggu sampai kelihatan candinya.

Klithikan

Pasar klithikan
tiwiandherdreams.blogspot.com

Pasar Klithikan Pakuncen ini isinya barang-barang bekas, kayak toko loak gitu. Kalau mau cari aksesori sepeda onthel, onderdil motor jadul, buku-buku tua atau barang yang udah bekas bisa dateng ke sini.

Monjali

Monumen Jogja Kembali
directorseminar.com

Monumen Jogja Kembali atau biasanya disebut Monjali, merupakan sebuah monumen untuk mengenang perjuangan pahlawan jaman perang dulu. Isinya hampir mirip kayak Monas gitu, ada banyak diorama dan gambar-gambar. Di sini kita bisa belajar sejarah sambil berwisata.

Keraton Yogyakarta

Pagelaran Kraton Yogyakarta
id.wikipedia.org

Kraton ini merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Kalau kamu mau berkunjung ke Kraton Yogyakarta, bisa sehabis dari Masjid Gedhe. Letak antara Masjig Gedhe dengan Kraton Yogyakarta itu cuma deket kok, tinggal jalan sebentar juga nyampek.

Taman Sari

Taman Sari Yogyakarta
gateofjava.wordpress.com

Kalau berkunjung ke Taman Sari, kamu akan menikmati bangunan kuno yang indah. Di tengah-tengah bangunan tersebut ada sebuah kolam, dulu itu digunakan untuk mandi keluarga kerajaan.

Gumuk Pasir

Gumuk Pasir Parangkusumo
travel.detik.com

Kalau pengen tau rasanya padang gurun, coba kamu dateng ke Gumuk Pasir Parangkusumo. Di sana terhampar padang pasir yang luas. Selain menikmati pemandangan Gumuk Pasir, kamu juga bisa mencoba bermain sandboarding.

Gua Jomblang

Gua Jomblang Jogja
sewahiacejogja.com

Gua Jomblang ini terbilang unik karena ada lubang di bagian atasnya. Kalau mau masuk ke dalam gua, kamu bisa turun menggunakan tali. Dari dalam terlihat cahaya matahari menyinari isi gua, keren abis nih.

Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi
rahajengselesabdillah13.blogspot.com

Kalau gunungnya udah pernah kamu takhlukkan, hutannya kau jelajahi. Mungkin kamu perlu juga mengunjungi museumnya. Museum Gunung Merapi  ini bisa kamu kunjungi juga kalau mau nambah wawasan.

Museum Affandi

Museum Affandi Jogja
monkeybabo.blogspot.com

Museum Affandi ini menyimpan karya-karya dari seorang seniman terkenal, namanya Affandi. Letaknya di pinggir kali Gajah Wong, deket kampus UIN.

Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg
ejawantahnews.blogspot.com

Benteng Vredeburg terletaknya di depan Gedung Agung, masih di Daerah Malioboro kok. Sekarang, benteng ini sudah berubah fungsi jadi museum. Kalau kamu pecinta sejarah, dibeberapa bagian Benteng Vredeburg ada dioramanya juga kok.

Tinggalkan komentar