Inilah Kerjaan-kerajaan Islam yang Pernah Ada di Indonesia

Pada mulanya kerjaan Islam Indonesia berdiri tidak lain karena pengaruh besar yang dibawa oleh kerajaan Turki Usmani. Salah satu cikal bakal kerajaan umat Islam di Indonesia yang kian berkembang pesat hingga saat ini. Kehadiran Islam itu sendiri, sebagian besar dibawa oleh para pedagang Gujarat dari daerah Timur Tengah.

Diantaranya adalah sejarah Wali Songo, yang sanagt identik dengan perkembangan Islam di Jawa. Atau kerajan Islam Samudara Pasai di Sumatra, Demak di Jawa dll. Berikut ini adalah kerajaan-kerajaan Islam dahulu yang sempat berdiri menjadi sejarah pengetahuan di Indonesia khusunya untuk genrasi muda islam di masa yang akan datang.

Perlak

akusukapete.blogspot.com
akusukapete.blogspot.com

Perlak (Peureula) adalah kerajaan Islam pertama yang berdiri di Sumatra. Kerajaan ini berdiri pada pertengahan abad IX yang di bawa oleh raja pertama  Alauddin Syah. Perlak sendiri, pada masa itu merupakan kota paling terkenal dengan penyedia ladang paling berkembang dengan baik. Terakhir kemundurannya adalah, saat memasuik abad ke IX.

Samudra Pasai

id.wikipedia.org
id.wikipedia.org

Samudra pasai meruapakan kerajaan Islam pertama yang berdiri pada abad ke XIII tepatnya terletak di daerah pantai timur aceh.

Keberadaan kerajaan ini terbukti karena penemuan batu nisan yang bertuliskan Sultan Malik as-Saleh pada tahun 1297 yang merupakan raja pertama di kerajaan Samudra pasai ini. Dalam sejarahnya Sultan Malik di utus langsung oleh seorang Sultan Delhi dari India yang bernama Ibnu Batutah.

Malaka

maldini-ardy.blogspot.com
maldini-ardy.blogspot.com

Malaka adalah kerajaan Islam kedua setelah kerajaan Samudra Pasai. Kegiatan pada masa itu adalah bentuk pelayaran dan perdagangan yang sangat banyak di dukung oleh pedangan-pedangan dari Arab dan India. Sehingga pengaruh Islam berkembang itu lewat ke dua negara tersebut.

Pada masa periode kekuasaan Raja Iskandar Syah (1396-1414), Kerajaan Malaka terus berkembang sebagai salah satu sentral kerajaan Islam terbesar yang disegani oleh kerajaan lain.

Aceh Darussalam

id.wikipedia.org
id.wikipedia.org

Kejayaan kerajaan Samudra Pasai sebagai pusat penyebaran agama Islam pertama ini, memberi ilham kepada Sultan Ibrahim atau Ali Mugayat Syah sebagai pendiri Kerajaan Aceh Darussalam pada abad 1511 M.

Setelah Sultan Ali Mughayat wafat, tahta Kerajaan Aceh beralih pada putranya yang kemudian mendapat bergelar Sultan Salahuddin. Sayangnya, selama masa pemerintahannya keadaan pemerintahan dan rakyat kurang mendapat perhatian dari sang raja sehingga Aceh Darussalam mengalami kemunduran drastis.

Demak

somefaith.wordpress.com
somefaith.wordpress.com

Nah sedangkan kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa adalah Kerajaan Demak. Kerajaan yang didirikan oleh Raden Patah pada abad 1478. Pada masa kejayaannya itu, ulama memegang peranan penting dalam pemerintahan.

Contoh dengan diangkatnya Sunan Kalijaga dan Ki Wanalapa sebagai penasihat kerajaan. Sehingga pada masa pemerintahan Sultan Trenggono kerajaan ini sempat mengalami masa keemasan. Sampai ketika tahun 1527 armada Portugis ingin merebut tepatnya di Sunda Kelapa.

Namun dengan gagah perkasa kerajaan Demak berhasil memukul mundur para armada musuh. Sehingga pada saat itu juga pusat pemerintahannya dipindah dari Demak menuju Pajang.

Pajang

yogaof2013.blogspot.com
yogaof2013.blogspot.com

Kerajaan Pajang dipimpin langsung oleh Jaka Tingkir yang merupakan menantu Sultan Trenggono, Raja Demak. Jaka Tingkir mendapat gelar Sultan Adiwijaya. Setelah Sultan Adiwijaya wafat, pemerintahan dilanjutkan raja Arya Pangiri. Dan dilanjut oleh Pangeran Benowo.

Banten

id.wikipedia.org
id.wikipedia.org

Kerajaan Banten berdiri sebagai pusat perdagangan sekaligus tempat penyiaran agama Islam. Kerajaan Banten juga berhasil merdeka dan melepaskan diri dari Kerajaan Demak. Sehingga sampai mengalami kemajuan pesat pada masa kekuasaan Ki Ageng Tirtayasa.

Cirebon

anrentcarcirebon.com
anrentcarcirebon.com

Cirebon adalah sebuah kerajaan Kesultanan islam yang ternama di Jawa Barat. Kerajaan ini sangat berkuasa pada abad ke 15 hingga abad ke 16 M. Letaknya tidak jauh di utara pulau jawa. Perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Barat membuat kerajaan Cirebon menjadi “jembatan” antara kebudayaan jawa dan Sunda.

Mataram Islam

jeychacol3ct10n.blogspot.com
jeychacol3ct10n.blogspot.com

Kerajaan Mataram Islam didirikan oleh Sutawijaya, masa pemerintahannya berdiri dari tahun 1575-1601 yang terus menaklukkan daerah-daerah pantai di sekitarnya. Namun sayangnya, kesultanan Cirebon ini gugur dalam usahanya ketika ingin menyatukan kerajaan Mataram Islam.

Gowa dan Tallo

rain-rainfantasy.blogspot.com
rain-rainfantasy.blogspot.com

Gowa dan Tallo adalah dua kerajaan yang terletak di Sulawesi Selatan. Hubungan dari ke dua kerajaan ini sangat baik. dan saling berhubungan baik. Banyak dari orang-orang lebih mengetahuinya sebagai Kerajaan Makassar, dan Makassar sendiri sebenarnya Ibu kota Gowa yang juga disebut sebagai Ujungpandang.

  • Kerajaan Islam Nusantara
4

Ringkasan

Pada akhirnya, sejarah mengajarkan pada kita bahwa perjuangan itu membutuhkan proses dan kerja keras. Bagaimana Indonesia yang dulunya didominasi oleh agama Hindu & Buddha bisa berubah menjadi Islam.

Hal itu tidak terlepas dari perjuangan orang-orang dahulu yang mempunyai semangat dalam bergerak.

Sending
User Review
3.33 (3 votes)

2 pemikiran pada “Inilah Kerjaan-kerajaan Islam yang Pernah Ada di Indonesia”

Tinggalkan komentar