Inilah Manfaat yang Akan Kamu Terima Jika Mematikan Lampu Sebelum Tidur Malam

Tubuh manusia tidak bisa bekerja full selama 24 jam penuh. Mereka butuh istirahat. Itulah mengapa mereka tidur di malam hari setelah lelah bekerja saat siang hari.

Akan tetapi, asal tidur saja tidak cukup. Jika kamu tidak mempersiapkan diri untuk istirahat, tidur justru akan membuat tubuh semakin lelah. Salah satu langkah yang dapat ditempuh agar kamu mendapatkan tidur yang berkualitas yaitu dengan mematikan lampu sebelum tidur. Ini dia alasannya.

 

Produksi hormon melatonin dalam tubuh akan meningkat jika kamu tidur dalam keadaan lampu mati.

hormon melatonin meningkat dalam gelap
genius.com

Hormon melatonin berfungsi sebagai penghasil kekebalan tubuh terhadap penyakit. Ahli biologi, Joan Robert mengemukakan bahwa saat kita tidur dalam keadaan lampu mati, tubuh akan menghasilkan hormon melatonin. Namun, saat kita tidur malam dalam keadaan lampu menyala, maka tubuh tidak dapat memproduksi hormon melatonin kecuali sedikit saja.

Hormon melatonin yang diproduksi saat tidur dalam gelap, dapat melawan obesitas

tidur dalam gelap dapat mencegah obesitas
manuvergara.deviantart.com

Sebuah penelitian yang melibatkan peneliti Spanyol dan Amerika Serikat menemukan bahwa melatonin juga dapat membantu mengontrol berat badan. Artinya, tingkat melatonin yang umumnya meningkat dalam gelap di malam hari, muncul untuk melawan obesitas dengan merangsang produksi lemak beige.

Lemak beige merupakan sejenis sel lemak tetapi bukan lemak putih. Lemak beige cenderung membakar kalori daripada menyimpannya. Akibatnya, lemak baik akan membantu mengatur berat badan dan metabolisme.

Saat lampu mati, kamu akan lebih cepat terlelap.

cepat terlelap dalam gelap
wallpaperup.com

Saat kamu tidur dalam kondisi lampu mati, kamu akan cepat terlelap. Dengan demikian, keesokan hari saat bangun pagi kamu akan merasa lebih sehat dan segar. Hal ini juga menjadi salah satu cara ampuh agar tidak mudah letih dan lesu.

Tidur lelap dalam gelap dapat meningkatkan kinerja otak.

kondisi bugar setelah tidur dalam gelap
uratex.com.ph

Tidur lelap dalam gelap juga dapat meningkatkan kinerja otak dan secara tidak langsung mengurangi pikun saat kelak kamu memasuki usia lanjut. Kamu juga dapat menghilangkan stress karena akan merelaksasikan pikiran saat berada dalam ruangan yang gelap.

Tidur dalam gelap mengurangi resiko mengidap penyakit leukimia.

tidur dalam gelap mengurangi resiko terkena leukimia
familyfocusblog.com

Anak-anak yang tidur dengan lampu menyala beresiko mengidap leukemia. Para ilmuwan menemukan bahwa tubuh perlu suasana gelap dalam menghasilkan zat kimia pelawan kanker. Tubuh memerlukan zat kimia untuk mencegah kerusakan DNA dan ketiadaan zat melatonin tersebut akan menghentikan asam lemak menjadi tumor dan mencegah pertumbuhannya.

Khusus untuk wanita, tidur dalam gelap akan mengurangi resiko terkena kanker payudara.

tangan perempuan yang menekan tombol saklar
thisoldhouse.com

Paparan cahaya lampu saat tidur malam hari tidak bagus bagi wanita karena dapat meningkatkan resiko terkena kanker payudara dan kanker usus besar bagi kaum wanita.

Mematikan lampu sebelum tidur malam merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap bumi.

saklar
onedio.com

Selain bermanfaat bagi tubuh, mematikan lampu pada malam hari juga membantu mengurangi resiko terjadinya global warming. Itulah mengapa kamu dapat dikatakan peduli terhadap keberlangsungan planet bumi jika mematikan lampu sebelum tidur malam. Bukan hanya itu, kamu juga akan menghemat biaya listrik jika tidur malam tanpa lampu yang menyala.

Tinggalkan komentar