Inilah Pahlawan Super Asli Indonesia

Tahukah kamu bahwa sebenarnya kita mempunyai banyak tokoh superhero? Kebanyakan dari kita hanya mengenal tokoh superhero dari negara barat seperti Spiderman, Superman, Batman, Ironman, dan tokoh lainnya yang biasanya mempunyai nama yang barakhiran -man. Padahal, sebenarnya kita mempunyai segudang tokoh superhero yang tidak kalah hebat dari tokoh superhero tersebut. Berikut ini beberapa tokoh superhero hasil karya para komikus Indonesia.

 

Gundala Putra Petir

Gambar Gundala Putra Petir
aberu-chan.deviantart.com

Gundala merupakan salah satu tokoh komik superhero asli Indonesia yang dibuat oleh Hasmi dan muncul pertama kali pada tahun 1969 dalam sebuah komik yang berjudul Gundala Putra Petir. Dilihat dari karakter tokoh superhero ini, terlihat sangat jelas bahwa pembuatan tokoh ini dipengaruhi oleh tokoh komik superhero Amerika.

BACA: Captain Amerika Civil War

Namun, alur cerita dalam komik Gundala Putra Petir tetap memiliki gaya cerita Indonesia. Dalam ceritanya, lokasi yang sering digunakan adalah Yogyakarta. Meskipun dalam sebuah filmnya pada tahun 1982, lokasi yang sering digunakan dalam cerita adalah Jakarta.

Godam Manusia Besi

Gambar Godam Manusia Besi
lunglay.blogspot.com

Gondam adalah satu dari sekian tokoh komik superhero asli Indonesia yang dibuat oleh Wid NS. Tokoh superhero ini pertama diperkenalkan dalam sebuah komik yang berjudul Memburu Dokter Setan pada tahun 1969. Tokoh superhero ini diceritakan berasal dari planet lain dimana planet tersebut terdapat salah satu negeri yang bernama negeri Gondam.

Negeri Gondam merupakan negeri yang dikuasai oleh seorang pemimpin kejam bernama Ratu Candalani. Sang superhero sejak kecil menjadi buronan Ratu Candalani karena dianggap memberontak kekuasaan Ratu Candalani. Tetapi, Gondam mampu melawan musuh-musuhnya karena Gondam mempunyai kekuatan yaitu kebal terhadap semua senjata dan bisa terbang. oleh karena itu, Gondam dijuluki dengan Gondam Manusia Besi.

Caroq

Gambar Caroq
lunglay.blogspot.com

Caroq adalah tokoh komik superhero yang dibuat oleh Ahmad Thoriq pada tahun 1992. Caroq mempunyai kekuatan magis untuk berubah menjadi seorang superhero dan memiliki dua celurit sakti yang sangat panjang untuk melawan musuh bebuyutannya yaitu Si Bengis dan Si Tangan Empat. Dalam kehidupan normal, Caroq mempunyai nama yaitu Ongko yang berprofesi sebagai supir taksi.

Zantoro

Gambar Zantoro
pinterest.com

Zantoro merupakan tokoh komik superhero asli Indonesia yang diceritakan memiliki keluarga yang kurang harmonis. Kedua orang tuanya bercerai dan Zantoro berpisah dengan adiknya. Adik Zantoro yang bernama Mantoro tinggal bersama dengan ibunya dan Zantoro tinggal bersama ayahnya. Zantoro sangat beruntung karena ayahnya memiliki keahlian dalam membuat segala macam senjata tajam dan Zantoro juga mewarisi keahlian ayahnya dalam membuat senjata tajam. Selain itu, Zantoro juga mampu memainkan segala senjata tajam seperti golok, celurit, belati, dan lainnya.

Jin Kartubi

Gambar Jin Kartubi
lunglay.blogspot.com

Jin Kartubi adalah tokoh superhero hasil karya Hasmi pada tahun 1968. Jin Kartubi merupakan hamba seorang superhero yang bernama Maza. Dia menjadi hamba Maza karena dia pernah ditolong oleh Maza dalam sebuah botol dan dia berjanji jika Maza membantunya keluar dari botol, dia akan mengabdi kepada Maza. Sebenarnya, Jin Kartubi merupakan anak seorang raja di negeri jin yang bernama Kerajaan Mbegadud. Dia bisa terkurung dalam botol karena saudara-saudaranya yang jahat memasukkannya dalam botol tersebut.

Sri Asih

Gambar Sri Asih
sate-bang-somad.deviantart.com

Sri Asih merupakan tokoh superhero wanita asli Indonesia yang dalam ceritanya mempunyai nama asli Nani. Tokoh superhero ini memiliki kekuatan super unik yaitu mampu berubah dalam bentuk apapun sesuai dengan yang diinginkannya. Selain itu, Sri Asih juga mampu terbang dan mampu merubah dirinya menjadi dua. Kekuatan yang dimiliki oleh Sri Asih digunakan untuk melawan musuh bebuyutannya yaitu serigala hitam dan geng gerombolan kawa-kawa yang jahat.

Nusantarager

Gambar Nusantaranger
dandisaurus.deviantart.com

Komik superhero terbaru hasil karya beberapa pemuda Indonesia adalah Nusantarager. Komik ini terbit pertama kali pada tanggal 31 Desember 2013 dan berakhir pada tanggal 31 Desember 2014. Komik ini terdiri dari 23 chapter yang menceritakan tentang lima pemuda Indonesia dari lima pulau di Indonesia yang diberi kekuatan khusus untuk menjaga kedamaian negeri Marcapada yang ingin dikuasai oleh Kelana, tokoh jahat dalam komik ini.

Tinggalkan komentar