Inilah Tips dan Trik Belajar Desain Secara Otodidak

Saat ingin melakukan sesuatu, pasti kamu mencari gimana caranya kan? Nah, nggak cuma saat mau melakukan sesuatu aja, waktu kamu pengen belajar pun pasti juga sama. Termasuk salah satunya belajar desain.

Kalau kamu pengen belajar desain, tentu ada hal yang perlu kamu lakukan biar bisa jadi ahli. Waktu yang dibutuhkan untuk belajar pun nggak sedikit. Nah, tapi ada tips biar belajar kita jadi efektif nih.

 

Niat

perlu niat yang kuat
impowersolutions.com

Niat itu yang mendasari pekerjaan yang kamu lakukan. Jadi kalau kamu mau belajar desain, benerin dulu tuh niatnya. Kamu belajar desain itu untuk apa? Apakah desain itu juga merupakan passion di hidup kamu?

Nah, setelah niat sudah lurus, kamu harus bulatkan tekad untuk belajar. Jangan nanti setelah kamu mulai belajar, baru sebentar udah berhenti. Jadi, luruskan niat dan bulatkan tekad dulu ya.

Pelajari Prinsipnya

prinsip desain
peugeot.com

Sebelum kamu memulai sesuatu hal, pertama-tama pelajari dulu prinsip atau dasar-dasarnya. Sama halnya ketika kamu mau belajar desain. Kamu harus belajar dulu prinsip-prinsip dari desain itu apa saja. Jangan tau-tau langsung belajar tingkat lanjutnya, padahal prinsipnya saja belum tau.

Dengan mengetahui prinsip desain, akan membantu kamu membuat karya yang tidak cuma menarik tapi juga bermanfaat.

Tentukan Bidang yang Akan Kamu Geluti

Desain di bidang apa?
dalistudios.com

Bidang desain apa yang akan kamu tekuni harus ditentukan diawal. Jangan pelajari semuanya secara bersamaan, itu akan membuat kamu tidak fokus.

Sebagai contoh misalnya, jika ingin menekuni desain logo, ya belajar tentang logo dulu. Mulai dari logo itu seperti apa, bagaimana cara membuatnya sampai kita tau semua tentang logo. Jangan belajar yang lain sampai kita bisa satu bidang desain itu.

Pelajari Software yang Mudah Dulu

Software untuk desain
techebizz.com

Zaman udah sangat maju, desain pun sekarang sudah dalam bentuk digital. Kalau mau belajar desain, kamu juga harus tau gimana mendesain dengan software desain.

Kamu bisa memilih mau belajar software apa yang akan digunakan. Pilih yang mudah digunakan dan cocok sama kamu. Ada banyak kok software yang bisa kamu pilih. Misalnya seperti corel, adobe, atau software desain yang lainnya.

Belajar dari Ahlinya

belajar dari ahlinya
fashiondesignsolutions.com

Kalau kamu belajar sendiri artinya kamu cuma punya sedikit kesempatan untuk bertanya. Usahakan kamu belajar dari orang-orang keren yang udah jago dalam bidang desain. Selain nambah relasi, kamu juga akan dapat guru yang bisa mengajarkan ilmu desainnya.

Nah, buat cari yang jago desain juga nggak sulit kok. Kamu bisa sok kenal dulu lewat facebook tuh, lihat karya yang dia posting di akunnya. Pasti ada deh orang yang jago desain dan sering mengunggah karyanya di facebook.

Gabung ke Komunitas

Komunitas desain
4-roads.com

Sekarang banyak banget lho komunitas desain yang bisa kamu ikuti. Nggak cuma di dunia nyata aja, bahkan di dunia maya pun juga banyak.

Kamu bisa coba cari di facebook atau cari di google kalau nggak ketemu. Tapi, kalau kamu pengen yang bisa tatap muka langsung dengan anggota komunitas, sebaiknya cari yang ada di kota kamu. Biasanya tiap kota ada juga tuh komunitas para desainer yang keren-keren.

Nah, fungsi gabung ke komunitas adalah kamu bisa tambah relasi, tanya-tanya hal yang belum kamu tau. Jadi, kalau gabung ke suatu komunitas, jangan malu untuk bertanya. Tapi yang ditanyakan juga harus yang benar-benar kamu belum tau. Kamu harus usaha dulu buat nyari sampai akhirnya ternyata nggak ketemu. Nah, baru deh kamu tanyakan ke anggota komunitas yang kamu ikuti.

Sabar

Sabar gan
rewinnita.wordpress.com

Ketika lihat seseorang udah jago banget desain, kamu nggak boleh iri ya. Bisa jadi orang itu udah belajar bertahun-tahun atau malah dari kecil tu.

Belajar itu butuh pengorbanan, kamu nggak bisa cuma modal seadanya bisa jadi jago. Selain meluangkan waktu, tenaga atau biaya, kamu juga harus sabar menjalaninya. Belajar itu nggak ada yang cepet, apalagi instan. Mie instan yang katanya instan aja ternyata butuh waktu untuk membuatnya kok. Masak kamu yang mau jadi jago dalam bidang desain pengennya cepet aja.

Satu pemikiran pada “Inilah Tips dan Trik Belajar Desain Secara Otodidak”

Tinggalkan komentar