3 Cara Menginvestasikan Dirimu Sendiri, Untuk Masa Depan Kamu dan Keluarga

Banyak orang tidak sadar bahwa masa depan yang selalu mereka impikan sebenarnya bergantung pada apa yang mereka lakukan saat ini. Tidak sedikit orang hanya membuang waktu muda mereka hanya untuk bermain – main.

Beberapa yang lain justru bekerja keras menjadi karyawan yang tidak pernah aman kehidupannya. Mereka mengumpulkan banyak uang lalu membelanjakannya pada hal – hal yang mereka inginkan, bukan sesuatu yang mereka butuhkan.

Lalu, pernahkah kamu membayangkan kamu benar – benar akan hidup mandiri atas usahamu sendiri? dengan atau tanpa bantuan orang lain pun kamu tetap akan bisa berkembang dan bahagia bersama keluarga.

Maukah kamu memiliki hidup semacam itu? Nah, beberapa cara di bawah ini mungkin bisa membantumu untuk berpikir dan menyiapkan tentang masa depan. Investasikan dirimu sendiri demi masa depan yang kamu inginkan.

Tulis 100 Keinginan Mulia Kamu

unsplash.com

Angka seratus adalah angka minimal bagi kamu menulis impian dan keinginan kamu. Bukan hanya menulisnya, kalau mau kamu tentu selalu bisa menempelkannya di dinding kamar kamu.

Satu cara yang lebih ‘ekstrim’, kamu bisa menuliskan semua impian dan rencana kamu pada kertas karton yang besar. Kemudian menempelkannya pada dinding kamar kos kamu.

Pada satu dua titik mungkin kamu akan ditertawakan oleh kawan – kawan kamu. Namun, pada titik yang lain kamu kamu akan diam dan penuh tanya mengapa satu demi satu tulisan impian pada karton besar itu kamu coret hitam.

Tentu saja karena kamu telah mencapainya bukan? Menikmati rasa puas mencoret tulisan impian yang besar akan mulai menambah semangat kamu untuk meraih impian lainnya.

Ingatlah bahwa kamu bukan lagi anak kecil yang ditanya cita – cita oleh orang dewasa. Kamu kini seorang pemuda, pemuda tidak pernah hanya memiliki satu cita yang jauh.

Jangan lagi bercita – cita sepert anak kecil, milikilah cita – cita yang terukur, ketika kamu meraihnya, segera ciptakan cita – cita lagi. Cita – cita tidak akan habis untuk kamu raih hingga masa depan terasa saat ini, sekarang juga.

Kamu bisa membagi apa yang ingin kamu tulisakan menjadi tiga kategori besar. Pertama, tulis hal yang bisa kamu lakukan segera. Kedua, tulis sesuatu yang membutuhkan skil tertentu untuk melakukannya. Dan ketiga, adalah impian yang jauh.

Buatlah Pemetaan Kemampuan

unsplash.com

Untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan, salah satu inventasi yang harus kamu lakukan tentu saja belajar sebuah skil yang spesifik. Untuk memudahkannya kamu bis amelakukan pemetaan skil.

Kamu perlu membuat empat setidaknya kolom dalam catatan skil kamu. Pertama adalah kolaoaam berisi skil yang telah dan pernah kamu pelajari. Kedua, kolom riset, berisi beberapa kemungkinan opsi dan jalan untuk mencapai tujuan kamu.

Ketiga, kolom aksi, berisi beberapa skil yang pasti harus kamu pelajari. Dan kolom terakhir adalah kolom progres, fungsinya adalah untuk mengukur seberapa konsisten dan seberapa besar kemajuan kamu dalam mempelajari sebuah skil.

Lakukan Apa yang Kamu Impikan

unsplash.com

Nah, ketika kamu telah memiliki beberapa jalan pada dua amunisi di atas, kini kamu harus melakukannya dengan segera. Kamu harus membuat rencana yang terstruktur, kamu harus memiliki prioritas.

Misalnya dalam mewujudkan sebuah proyek bisnis, ketika kamu telah mampu mengerjakan semuanya dengan skil pribadi kamu. Maka kamu juga membutuhkan skil pemasaran, jadi lakukanlah pemasaran.

Dalam membuat novel, tulislah dengan konsisten. Kamu harus memiliki target yang rutin dalam menulis. Apakah kamu akan menyelesaikan satu chapter singkat dalam menulis sekali duduk. Ataukah kamu membutuhkan inspirasi yang lebih banyak?

Hal yang pasti, bagian aksi inilah yang terpenting. Semua rencana dan awal yang kamu susun hanya akan menjadi percuma kalau kamu tidak mau menjadi tangguh dan memaksa diri untuk tangguh serta konsisten selama melakukan apa yang kamu impikan.

Tinggalkan komentar