Isi Dekrit Presiden 5 Juli 1959 Beserta Dengan Penjelasanya

ISI DEKRIT PRESIDEN 5 JULI 1959 – Pada artikel kami kali ini akan menjelaskan tentang isi dekrit presiden 5 juli 1959 dengan sangat detail dan terperinci. Nah!! langsung saja mari kita bahas materi tersebut dibawah ini

isi dekrit presiden 5 juli 1959

pemilihanumum1955.blogspot.co.id

Badan Konstitusi yang bentuk dari pemilihan umum yaitu pada tahun 1955 dipersiapkan agar untuk menyusun undang-undang dasar yang benar-benar baru dan sebagai pengganti UUDS 1950.

Tepat pada tanggal 20 November 1956 para anggota dewa konstitusi memulai persidangannya dengan pidato pembukaan yang dilakukan oleh presiden Indonesia yang pertama yaitu Presiden Soekarno.

Sidang yang dilakukan oleh pada dewan konstitusi adalah untuk membuat atau menyusun dan menetapkan republik Indonesia tanpa adanya kedaulatan. Walaupun sidang sudah sering dilakukan tetapi sampai tahun 1959, para dewan tidak pernah dapat berhasil memutuskan undang-undang dasar yang baru.

Dengan belum jadinya rumusan yang baru UUD maka dari itu keadaan Indonesia semakin kacau balau. Bahkan hampir seluruh partai yang ada di Indonesia waktu itu menghalalkan semua cara demi kepentingan partainya sendiri.

Dan sementara itu mulai dari tahun 1956 atau dari mulainya rapat para dewan keadaan politik yang ada di Indonesia semakin kacau dan buruk. Daerah-daerah yang ada di Indonesia kala itu mulai bergejolak dan memperlihatkan separatisme.

Daerah-daerah yang bergejolak tersebut tidak mengakui kekuasaan keperintahan pusat bahkan mereka membuat pemerintahan sendiri. Seperti contoh adalah Pemerintah Revolusioner Republik Indonesia atau yang disingkat dengan PRRi yang berada di Sumatera.

Dengan keadaan yang seperti ini akan mengancam keutuhan negara dan bangsa Indonesia. Suasana pada kala itu semakin kacau dan sementara para rakyat menekan pemerintah untuk mengambil tindakan-tindakan yang bijaksana agar dapat mengatasi kemacetan dari sidang para dewan.

Sekian penjelasan dari kami semoga artikel tentang isi dekrit presiden 5 juli 1959 dapat sangat bermanfaat bagi para pembacanya. Jika ada saran atau kritik anda bisa menulisnya di kolom yang ada di bawah ini.

Jika anda ingin informasi tentang pendidikan yang lain anda bisa membaca artikel kami yang lainnya karena setiap tulisan kami semua sangat berkualitas.

Tinggalkan komentar