Penjelasan Tentang Isi Dekrit Presiden

ISI DEKRIT PRESIDEN – Pada artikel kami kali ini akan menerangkan tentang penjelasan dari dekrit presiden. Mari langsung saja mari kita bahas penjelasannya dibawah ini.

Isi Dekrit Presiden

jagosejarah.blogspot.co.id

Badan konstituente dibentuk melalui pemilihan umum pada tahun 1955 yang sengaja disiapkan untuk menyusun undang-undang dasar konstitusi yang baru sebagai pengganti UUDS tahun 1950. Pada tanggal 20 November 1956 maka dewan konstitusi memulai persidangan-nya yang bibuka oleh presiden pertama yaitu Presiden Soekarno.

Sidang yang dilakukan oleh para anggota konstitusi adalah untuk menyusun dan menetapkan Republik Indonesia yang tanpa adanya pembatasan kedaulatan. Sampai pada tahun 1959, para dewan konstitusi tidak pernah berhasil untuk menyusun undang-undang dasar yang paling baru.

Dengan keadaan yang seperti ini pada tahun dapat semakin mengguncangkan situasi yang ada di Indonesia. Bahkan pada tahun tersebut hampir seluruh partai yang ada di Indonesia selalu berusaha untuk menghalalkan seluruh cara agar tujuan partainya tercapai.

Dengan keadaan tersebut maka negara Indonesia semakin memburuk. Hal ini disebabkan karena hampir daerah yang ada di Indonesia semakin bergejolak dan juga memperlihatkan gejala-gejala separatisme.

Dapat dibuktikan dengan pembentukan Dewan Gajah, Dewan Banteng, Dewan Garuda, dan Dewan Manguni. Daerah-daerah yang bergejolak adalah daerah yang tidak mengakui pemerintah pusat, bahkan mereka membuat kepemerintahan sendiri.

Seperti Pemerintah Revolusioner Republik Indonesia PRRI di Sumatra dan Perjuangan Rakyat Semesta (Permesta) di Sulawesi Utara. Keadaan yang semakin bertambah kacau ini dapat membahayakan dan mengancam keutuhan negara dan bangsa Indonesia.

Suasana semakin bertambah panas sementara itu, rakyat sudah tidak sabar lagi dan menginginkan agar pemerintah mengambil tindakan-tindakan yang bijaksana untuk mengatasi kemacetan sidang Konstituante. Namun Konstituante ternyata tidak dapat diharapkan lagi.

Sekian penjelasan dari kami tentang isi dekrit presiden semoga dapat bermanfaat bagi para pembacanya. Jika ada saran dan kritik anda bisa menulisnya pada kolom yang ada dibawah ini.

Jika anda membutuhkan informasi yang lainnya secara lengkap anda bisa membacanya pada artikel kami yang membahas

Tinggalkan komentar