Beberapa Istilah Populer Chatting Dunia Maya yang Perlu Kamu Tahu

Teknologi informasi terus berkembang cepat. Dunia sudah ada dalam genggaman. Kamu bisa mencari tugas kuliah, berjumpa dengan teman lama, bahkan mengendalikan bisnis yang menjadi sumber kehidupan keluarga dari gadget.

Komunikasi dunia maya seolah menjadi kebutuhan yang tak kalah pentingnya dengan makan nasi setiap hari. Dalam berkomunikasi di dunia maya akan ada beberapa istilah yang sering digunakan.

Kamu perlu mengetahuinya agar tahu maksud lawan bicaramu. Berikut ini beberapa istilah populer chatting dunia maya.

Japri

avolutionice.blogspot.com

Chatting dunia maya sering terdapat grub-grub chatting. Mulai dari grub teman lama, rekan kerja, komunitas, dan sebagainya. Ada beberapa hal yang perlu kamu bicarakan dengan lawan bicaramu tanpa harus diketahui anggota grub lainnya.

Biasanya masyarakat dunia maya meengatakan, “Japri saja ya.” Japri merupakan singkatan dari jalur pribadi. Lanjutkan percakapan hanya berdua dengan lawan bicara dan bukan di grub.

Typo

www.tandapagar.com

Beberapa orang sering salah ketik saat bercakap-cakap. Tak sedikit yang kemudian menyebabkan salah tafsir oleh lawan bicara. Jika kamu yang melakukan salah ketik tersebut, katakan saja, “Maaf typo.”

Typo merupakan singkatan dari typhograpical eror. Setelah meminta maaf, jelaskan maksud hatimu sebenarnya.

LOL

www.netwatch.tk

Percakapan dengan kawan lama ataupun percakapan grub biasanya dibumbui dengan guyonan-guyonan segar. Selain menggunakan emoticon tertawa, kamu juga bisa mengatakan LOL.

LOL merupakan singkatan dari laugh of loud yang artinya tertawa ngakak.

ROTFL

www.situsmuslim.com

Istilah ini hampir sama dengan LOL. Namun ROTFL levelnya lebih tinggi. ROTFL merupakan singkatan dari rolling on the floor laughing. Maksud dari istilah ini adalah kamu tertawa ngakak sampai guling-guling di lantai saking lucunya.

OOT

berbagipembelajaran.blogspot.com

Dalam satu waktu berinteraksi melalui dunia maya baik percakapan pribadi maupun percakapan grub tentu membahas sebuah topik permasalahan. Kadang ada satu atau dua orang yang nyeleneh dan keluar dari topik pembicaraan.

Gunakan istilah OOT untuk memprotes temanmu tersebut. OOT singkatannya out of the topic atau keluar dari topik permasalahan.

QOTD

www.quotesily.com

Dunia maya juga bisa kamu manfaatkan untuk menebarkan kebaikan sekecil apapun. Mulai dari menulis status inspiratif sampai kopi paste dari grub percakapan yang lain.

Sebelum menyampaikan cuplikan kebaikan tersebut, kamu bisa mengawali dengan QOTD. Maksud dari istilah ini adalah quote of the day yaitu kutipan hari ini.

Akan lebih mengena jika kamu menyampaikan kutipan kebaikan di pagi hari sebelum orang-orang memulai aktivitasnya.

REPOST

theresiadebby666.wordpress.com

Terkadang postingan masa lalu perlu kita sharing kembali untuk mengingatkan sebuah momentum yang pernah terlewati. Kamu bisa memposting kembali postingan lama ini dengan menambahkan kata ‘repost’.

LATEPOST

info-copast.blogspot.com

Istilah ini digunakan untuk mengupload foto ataupun tulisan-tulisan yang berkaitan dengan momentum tertentu seperti pernikahan sahabat, wisudamu, reuni teman lama, dan lain sebagainya.

Sayangnya postingan ini tidak serta merta dilakukan pada saat itu juga atau bisa dibilang sedikit terlambat. Istilah yang biasa digunakan adalah ‘latepost.’

CMIIW

www.independent.co.uk

Istilah ini mungkin asing bagimu. Padahal tak jarang digunakan oleh lawan bicaramu di dunia maya. Singkatan CMIIW adalah corect me if I’m wrong.

Biasanya digunakan sebelum kamu menyampaikan opini atau penjelasan mengenai masalah yang kamu ketahui. CMIIW menandakan kamu terbuka untuk menerima koreksi jika melakukan kesalahan.

EOD

www.netwatch.tk

Diskusi tak selalu mengharuskan bertatap muka pada sebuah tempat yang dijanjikan. Kamu bisa melakukan diskusi di dalam kamarmu bersama orang-orang dibelahan dunia lain.

Agar berjalan lancar, diskusi dunia maya biasanya juga dipimpin oleh seorang moderator. Pada akhir diskusi tak jarang digunakan istilah EOD. Maksud istilah ini yaitu end of discussion atau diskusi di tutup.

Tinggalkan komentar