Jadilah Ibu Bijak dengan Tak Membiarkan Buah Hatimu Jajan Sembarangan

Entah itu di sekitar lingkungan rumah maupun sekolah, saat ini, jenis makanan yang banyak sekali dijajakan belum terjamin kebersihan dan kesehatannya. Akan tetapi, makanan itu dikemas dengan menarik dan berhasil memikat anak-anak agar berdatangan untuk membelinya.

Seberapa seringnya kamu mengingatkan anak untuk tidak jajan di luar, mereka akan tetap melakukannya. Karena, kamu hanya melarangnya saja tanpa memberi pengertian kenapa hal tersebut tak boleh dilakukan.

Berbeda jika anak mendapat penjelasan tentang buruknya jajan sembarangan, mereka pasti akan menjauh dan tak ingin mengonsumsinya meski itu terlihat begitu menarik dan diberikan secara gratis. Sebab, mereka sudah mengerti dampak yang kemungkinan akan diterima.

Kamu pun sebagai orangtua harus pintar-pintar mengalihkan keinginan anakmu untuk sesekali melirik jajanan yang belum tentu sehat itu. Caranya bagaimana? Nah, kamu bisa nih melakukan beberapa cara berikut ini agar buah hatimu tak jajan sembarangan lagi.

1

Kamu Sebagai Orangtua Memberinya Contoh

www.youtube.com

Ketika anak mendapat larangan dari orangtua, mereka pasti akan memperhatikan orangtuanya dengan lebih baik lagi. Karena mereka ingin tahu apakah orangtuanya melakukan hal yang telah dilarangnya tersebut atau tidak.

Sama halnya ketika kamu melarang anakmu untuk jajan sembarangan, mereka pun akan memperhatikanmu, apakah dirimu juga suka jajan sembarang atau tidak. Kalau sekali kamu ketahuan ternyata masih suka jajan sembarangan, maka kepercayaan anakmu akan hilang.

Maka, ketika larangan untuk tidak jajan sembarangan itu kamu terapkan, kamu harus memberi contoh yang baik. Sehingga, anak akan meniru perbuatanmu yang memilih untuk hidup sehat itu ketimbang senang jajan sembarangan.

2

Membuat Cemilan Bersama

prot.com s

Bagi anak-anak yang suka sekali dengan cemilan, kamu sebagai orangtua harus memperhatikan hal ini juga. Jangan sampai anakmu merasa bahwa keinginannya untuk bisa makan itu dibatasi oleh orangtuanya.
Jadi, tak ada salahnya untuk mengajak mereka membuat sendiri cemilan sehat yang akan menjadi favoritnya. Mungkin saja kamu mengajak mereka membuat keripik kentang yang dipanggang, kue kering, popcorn atau makanan ringan yang lain.

Dengan begitu, keinginan mereka untuk jajan pun tak akan pernah muncul, karena mereka akan terbiasa dengan makanan yang lebih sehat dan dimasak secara langsung di rumah.

3

Membiasakan Sarapan di Rumah

www.huffingtonpost.com.au

Sebelum anak berangkat ke sekolah, ajaklah mereka untuk sarapan bersama. Hal ini bisa menjadi kebiasaan baik bagi mereka. Sebab, rasa kenyang yang sudah didapat dari rumah akan menghindarkan diri mereka untuk jajan sembarangan.

Selain itu, sarapan juga akan memberikan energi yang cukup untuk anak-anak dapat beraktivitas dengan baik saat di sekolah. Agar anak tak merasa bosan dan malas-malasan untuk sarapan, kamu harus rutin memvariasikan berbagai macam resep masakan yang akan disukai mereka.

4

Membawa Bekal ke Sekolah

www.youtube.com

Jika anak masuk pagi dan pulang siang atau sore hari, bawakan saja bekal untuk makan siang kepada mereka. Cara ini akan menghemat pengeluaran anak dan membuatnya tidak jajan sembarangan. Karena, makanan sehat yang kamu masakkan cukup untuk mengisi perutnya.

Bahkan, hal ini bisa menjadi contoh bagi anak-anak lain yang masih saja suka jajan sembarangan. Siapa tahu dengan melihat anakmu membawa bekal makanan, mereka pun ingin melakukan hal yang sama, jadi tidak perlu jajan lagi deh.

Nah, cara-cara ini cukup menarik untuk dicoba bukan? Jadi, lebih baik untuk megajari anak hidup sehat sejak dini daripada membiarkan mereka merasakan makanan enak diusia dini namun tak baik untuk kesehatannya kelak.

Tinggalkan komentar