Bila Anda Hobi Mendaki, Jangan Asal Pilih Jaket Gunung

Jaket outdoor atau yang biasa dikenal dengan jaket gunung saat ini banyak tersedia berbagai model, desain yang menarik dan bahan yang bervariasi. Sebelum memutuskan untuk membeli jaket gunung, sebaiknya anda harus tahu tentang pakaian ini.

Ketika anda berencana pergi naik gunung, anda harus menyiapkan diri dan peralatan yang  tepat serta mumpuni. Jangan sampai anda hanya mengutamakan “style” namun kualitas pakaian yang anda kenakan tidak dapat melindungi anda selama berada di gunung. Jaket gunung tidak boleh asal pilih, anda harus benar-benar memilih jaket yang mempunyai kualitas bagus.

Ukuran, Model, dan Bahan

bahan jaket gunung
lapaktas.com

Lubang pada lengan dan leher sebaiknya harus bisa menutup sempurna untuk mencegah masuknya angin. Kenyamanan saat bergerak juga harus diperhatikan. Pilihlah jaket gunung yang pas ukurannya, tidak ketat di badan dan jangan terlalu besar karena akan membuat tidak nyaman saat dipakai.

Untuk pilihan model, anda bisa memilih jaket yang memiliki topi dan kerah yang tinggi. Topi dapat menghangatkan kepala dan kerah dapat melindungi leher dari hawa dingin.

Untuk memastikan kualitas bahan, anda dapat mengucek sedikit jaket gunung yang akan dibeli. Jika bahan anti air biasanya lebih terasa licin dan kaku.

Warna Terang VS Gelap

milih warna jaket gunung
alidesta.wordpress.com

Sebagian pecinta alam lebih menyukai warna cerah, karena lebih mudah dikenali. Di sisi lain warna yang terang akan lebih memantulkan cahaya dibanding warna gelap yang sifatnya menyerap, namun warna cerah akan cepat terlihat kotor.

Perhatikan Detail

saku jaket gunung
gempaadventure.com

Hal detail yang harus diperhatikan adalah di resleting dan saku. Terlalu banyak saku akan membuat jaket menjadi kurang efektif. Saku pada samping perut  berguna untuk menyimpan barang, dan juga berguna sebagai penghangat telapak tangan.

Perhatikan Merk

resleting
pxleyes.com

Yang terakhir pilihlah merk yang sudah familiar. Merk luar yang terkenal yaitu Jack Wolfskin, Timberland, Heads, dan lain-lain. Untuk merk local yang bagus yaitu Consina, Eiger, Avtech dan lain-lain.

Ada juga merk yang kurang terkenal namun mempunyai kualitas bahan yang baik. Anda dapat melihat pada resletingnya, pastikan merk yang tercantum sama dengan merk jaketnya. Karena tidak semua perusahaan dapat membuat logo di resleting. Namun jika di resleting tidak tercantuk merk sendiri, maka pilih jaket dengan merk resleting YKK karena merk ini kualitasnya sudah terpercaya.

Tinggalkan komentar