10 Hal yang Tubuhmu Dapatkan Jika Kamu Berjalan Kaki 30 Menit Setiap Hari

Olah raga itu baik untuk tubuh dan perlu dilakukan setiap hari. Namun, pergi ke fitness  centre setiap hari membutuhkan komitmen yang besar. Kalau pun kamu tidak sempat berolah raga berat, ternyata berjalan selama 30 menit saja bisa sangat bermanfaat untuk kesehatanmu.

Berikut ini 10 manfaat jalan kaki yang dijamin akan membuatmu mau meluangkan waktu berjalan kaki setiap  hari.

Apa saja manfaat berjalan kaki?

littlethings.com
littlethings.com

Berjalan kaki punya banyak sekali manfaat bagi kesehatan.

Berjalan selama 30-45 menit setiap hari bisa membantu melawan Alzheimer, menyehatkan otot, menurunkan tekanan darah, membuat usus lebih sehat, membuat mood membaik, melawan glukoma, menstabilkan berat badan, menguatkan tulang, melawan diabetes, dan menyehatkan paru-paru.

Menurunkan risiko terkena Alzheimer

littlethings.com
littlethings.com

Berjalan ternyata baik juga untuk kesehatan jiwamu. Berjalan mampu menurunkan risiko Alzheimer. Penelitian yang dilakukan oleh Univeristy of Virginia menemukan bahwa pria usia 71-93 yang berjalan lebih dari 400 meter dalam sehari menurunkan risiko demensia dan Alzheimer sampai setengahnya.

Menyehatkan otot

littlethings.com
littlethings.com

Semua orang sudah tahu kalau olah raga bisa menguatkan otot. Ini berlaku juga untuk jalan kaki.

Berjalan menguatkan otot kaki. Kalau kamu berjalan dengan postur tubuh yang baik, otot perut, pantat, dan pinggangmu pun akan membentuk.

Menyehatkan jantung dan menurunkan tekanan darah

littlethings.com
littlethings.com

Berjalan bisa menurunkan risiko terkena maslaah kesehatan seperti darah tinggi dan sakit jantung.

Membantu usus jadi lebih sehat

littlethings.com
littlethings.com

Berjalan bisa menurunkan risiko kanker usus pada wanita sampai 31%. Berjalan secara rutin, walau hanya 10-15 menit beberapa kali dalam sehari, bisa membantu tubuh dan sistem pencernaan bekerja secara optimal. Berolahraga sangat penting untuk membuat pencernaan lancar.

Memperbaiki suasana hati

littlethings.com
littlethings.com

Kalau kamu merasa putus asa, bisa jadi solusinya hanya perlu berjalan-jalan di komplek rumahmu.  Orang yang berjalan 30-45 menit setiap harinya, 5 hari seminggu, memiliki suasana hati yang lebih baik dan menurunkan perasaan depresi.

Melawan penyakit glukoma

littlethings.com
littlethings.com

Bagi orang-orang yang berisiko terkena penyakit glukoma, berjalan dapat membantu mengurangi tekanan pada mata. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa olah raga seperti berjalan atau jogging lebih dari 3 kali setiap minggunya bisa menurunkan tekanan pada mata.

Menyeimbangkan berat badan

littlethings.com
littlethings.com

Menghindari bertambahnya berat badan bisa sesederhana berjalan kaki. Wanita yang melakukan pola makan standar dan berjalan satu jam sehari bisa berhasil menjaga berat badannya.

Menguatkan tulang

littlethings.com
littlethings.com

Berjalan bisa menyehatkan dan menguatkan tulang dan persendian. Berjalan bisa menghentikan hilangnya massa tulang bagi orang-orang yang menderita osteoporosis. Berjalan kaki 30 menit setiap harinya mengurangi risiko retak tulang panggul sebesar 40%.

Menurunkan risiko diabetes

littlethings.com
littlethings.com

Berjalan selama 20-30 menit bisa menurunkan gula darah selama 24 jam.

Menyehatkan paru-paru

littlethings.com
littlethings.com

Mungkin kamu sudah tahu kalau berjalan itu sangat baik untuk pernapasanmu. Namun apakah kamu sudah menyadari betapa luar biasanya dampak jalan kaki ke kesehatan paru-parumu?

Berjalan kaki memperbaiki pernapasanmu. Saat berjalan, kecepatan bernapasmu meningkat, membuat oksigen mengalir lebih cepat di dalam aliran darah, membantu menghilangkan zat yang tidak diperlukan, meningkatkan energi, dan kemampuan menyembuhkan.

Memang menakjubkan dampak berjalan untuk kesehatan. Apalagi kalau kamu lakukan setiap hari.

Tinggalkan komentar