Jangan Berguru Pada 4 Macam Orang Ini

Pengetahuan diajarkan secara turun temurun dengan perantara seseorang yang disebut guru. Memang sih sekarang bisa belajar otodidak, tapi belajar tanpa guru berpotensi melenceng dari yang seharusnya didapatkan. Belajar bersama guru saja ilmu yang terserap hanya sekitar 30%, apalagi jika belajar tanpa guru.

Ketika mencari ilmu, seharusnya kita bisa memilih guru. Bagi yang sudah duduk di bangku kuliah, kamu memilih dosen seperti apa? Pasti yang ngasih nilai mudah kan, hayo ngaku. Sayangnya sistem pendidikan dasar dan menengah tidak memungkinkan murid memilih guru sesuai keinginannya.

Ada beberapa macam guru di dunia ini, memang sih pencarian guru ini berkaitan dengan ilmu agama. Tidak masalah jika diterapkan ketika mencari ilmu yang tidak 100% membahas agama. Empat macam orang di bawah ini jangan dijadikan sebagai guru.

1. Orang yang bodoh
Ada dua kemungkinan terjadi dalam situasi ini. Pertama, seseorang sengaja menjadi guru padahal dia tidak tahu apa-apa. Dia jadi guru karena terpaksa, atau karena uang dan kehormatan. Kedua, sudah tahu orang yang akan dijadikan guru itu bodoh, tapi tetap saja berguru padanya.

2. Orang yang nyeleneh dan menyimpang
Guru ini tahu keadaan yang sesungguhnya, tapi karena alasan tertentu dia sisipi ajarannya dengan kesesatan yang menyimpang. Murid tidak akan menyadarinya karena dia masih dalam tahap belajar.

3. Orang yang gemar bohong
Contoh kebohongan guru adalah, dia menerangkan sesuatu dia mengatakan referensinya dari buku X yang dikarang Y. Padahal dalam buku itu Y tidak pernah menjelaskan apa yang dikatakan guru. Dia berbohong untuk mendukung pendapat pribadi agar terlihat kuat. Kebohongan tak hanya tentang keilmuan, tapi juga berbohong mengenai aktivitas keseharian yang tidak berhubungan dengan ilmu yang diajarkan.

4. Orang shalih tapi tidak berilmu
Orang yang terlihat rajin beribadah belum tentu memiliki ilmu. Dia juga berpotensi menyesatkan karena  minim pengetahuan dan tidak memiliki argumen dan penjelasan yang kuat terhadap suatu masalah.

Bila ingin memiliki ilmu yang benar, tidak menyimpang, dan kuat, maka jangan pilih keempat macam orang ini sebagai guru karena akan menyesatkanmu. Ngomong-ngomong, kamu termasuk dalam empat macam orang ini nggak?

Tinggalkan komentar