Mulai Sekarang, Jangan Buang Bagian Makanan yang Menurutmu Tak Berguna Ini

Ketika akan mengolah sayuran untuk dikonsumsi, biasanya ada bagian-bagian dari sayuran tersebut yang menurutmu tak penting dan harus dibuang. Tetapi, tak semua bagian sayuran ternyata harus dibuang lho. Ada beberapa bagian sayuran yang ternyata justru bernutrisi tinggi.

Nah, berikut ini adalah bagian-bagian dari sayuran yang lebih baik kamu konsumsi untuk membantu meningkatkan kesehatan dan menutrisi tubuhmu.

Kulit Bawang Merah

www.siap.top

Ternyata, kulit bawang merah menyimpan begitu banyak nutrisi yang baik untuk tubuhmu. Di dalam bawang merah sendiri mengandung senyawa sulfur dan fructan. Dan di bagian kulitnya kaya akan serat yang sulit larut serta senyawa fenolik seperti flavonoid, quertecin dan metabolit.

Selain itu, kulit bawang merah juga memiliki sifat antibiotik yang ada hingga di dua lapisan terluar kulit bawang. Untuk quertecin tang terkandung dalam kulit bawang merah dapat mengurangi peradangan, melawan alergi dan mencegah penyakit jantung koroner.

Antioksidan yang tinggi pun bisa kamu dapatkan juga dari kulit bawang merah ini. Kamu hanya perlu mencucinya dengan bersih dan dipergunakan saat masak. Akan tetapi, ketika akan disajikan, lebih baik kulit bawang merahnya dibuang terlebih dahulu ya.

Daun Wortel

essenstoria.blogspot.com

Siapa yang akan mengira bahwa daun yang tumbuh bersama dengan wortel itu bisa bermanfaat untuk kesehatan? Sebab, daun hijau itu memiliki kandungan yang membantu untuk melawan kanker usus besar dan memperkuat tulang.

Daun hijau dari wortel itu kaya akan niasin, magnesium, kalsium, zat besi, seng, vitamin K, vitamin B dan antioksidan. Untuk bagian daun wortel ini bisa kamu konsumsi dengan mengolahnya menjadi sayuran yang penuh manfaat.

Kulit Kentang

arumiarumi.wordpress.com

Jika kamu tahu hal ini dari dulu, kamu pasti akan memasak kentang utuh bersama-sama dengan kulitnya secara langsung tanpa di kupas terlebih dahulu. Sebab, kulit kentang ternyata mengandung kalsium, zat besi, vitamin B kompleks, vitamin C dan masih banyak lagi.

Dan yang perlu kamu tahu, ternyata kulit kentang itu mengandung setengah serat dari kentangnya sendiri lho. Tetapi, sebelum mengolahnya, kamu harus memastikan kebersihan dari kulit kentang terlebih dahulu lalu direndam ke dalam air hangat.

Kulit dan Biji Semangka

elitespringbedmattress.wordpress.com

Jika kamu menderita diabetes dan tekanan darah tinggi, tak ada salahnya bila mengolah kulit semangka untuk dijadikan jus atau smoothie. Karena, kulit semangka yang berwarna putih atau hijau itu mampu meningkatkan sirkulasi darah dan melebarkan pembuluh darah.

Selain kulitnya, biji semangka ternyata juga juga bermanfaat. Biji semangka ternyata kaya akan zat besi, tembaga, magnesium dan zinc yang dapat mencegah kemandulan serta bagus untuk kesehatan jantung, rambut dan kulit.

Daun Seledri

tentangkesehatan11.blog.com

Jika akan mengolah seledri, beberapa orang hanya menggunakan batangnya saja dan membuang daunnya. Padahal, daun seledri itu mempunyai kalsium dan magnesium yang lima kali lebih banyak dibanding batangnya.

Daun seledri pun kaya akan serat, vitamin C serta antioksidan yang baik untuk kesehatan jantungmu. Selain itu, daun seledri pun mampu menunda penuaan, melawan faktor penyebab kanker dan menormalkan tekanan darah tinggi juga lho.

Daun dan Batang Brokoli

www.superindo.co.id

Meski lebih banyak yang tidak mengetahuinya, ternyata batang brokoli yang kerap kamu buang itu memiliki nutrisi yang sama dengan brokolinya sendiri. Selain itu, daun brokoli dapat dikonsumsi untuk mencegah kanker karena mengandung karotenoid dan sumber vitamin A.

Kulit Buah Kiwi

www.farhaki.com

Meski terdengar aneh, tetapi membuat jus kiwi bersama dengan kulitnya memiliki dampak yang baik untuk kesehatanmu. Sebab, kulit kiwi kaya akan serat dan nutrisi serta mengandung vitamin C dan memiliki sifat antikanker.

Tinggalkan komentar