Jangan Lewatkan 10 Pesona Wisata di Banyuwangi

Banyuwangi adalah sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten ini dikenal sebagai daerah yang menyediakan beragam destinasi wisata yang mempesona. Apa saja objek wisata di Banyuwangi yang mempesona dan sayang jika dilewatkan tersebut? Berikut list-nya.

 

Watu Dodol

panoramio.com
panoramio.com

Watu Dodol adalah sebuah pantai indah di Banyuwangi. Watu dalam bahasa Jawa berarti batu. Sementara Dodol berarti jualan. Watu Dodol bisa diartikan dengan jualan batu. Dinamakan demikian karena di sepanjang pantai ini berjejer bebatuan dengan berbagai ukuran. Seakan-akan batu itu sedang dijual, hehe.

Pantai Plengkung

telusurindonesia.com
telusurindonesia.com

Pantai Plengkung cukup dikenal oleh para turis asing. Hal itu karena pantai ini memiliki ombak besar sehingga cocok untuk aktifitas surfing. Seperti yang sudah umum diketahui, bule-bule suka sekali dengan surfing, hehe. Perjalanan menuju Pantai Plengkung juga cukup menarik. Kamu akan melewati daerah Alas purwo namanya. Di sana kamu akan melihat deretan pohon jati yang cukup indah. Pohon-pohon itu akan menemani kamu selama perjalanan.

Air Terjun Lider

ppindo.blogspot.com
ppindo.blogspot.com

Air terjun Lider merupakan salah satu destinasi yang tidak boleh kamu lewatkan saat ke Banyuwangi. Air terjun ini terletak di Desa Sumber Arum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Letaknya cukup tinggi, sekitar 1.300 meter di atas permukaan laut. Karena letaknya yang tinggi, butuh perjuangan banget untuk sampai ke sana. Namun, segala kelelahan kamu akan terbayar begitu melihat keindahan air terjun setinggi 60 meter ini.

Teluk Hijau

banyuwangiapik.blogspot.com
banyuwangiapik.blogspot.com

Teluk hijau disebut juga green bay. Dinamakan demikian karena airnya yang jenih kehijauan. Teluk hijau adalah sebuah pantai di Banyuwangi yang masuk dalam kawan Taman Nasional Meru Betiri. Pantai ini berpasir putih dan memiliki pemandangan yang sangat indah. Teluk hijau bisa dibilang masih cukup “perawan” karena belum banyak wisatawan yang ke sana. Selain bisa menikmati pasir dan air laut yang jernih, kamu juga bisa sekaligus mengunjungi air terjun bidadari yang terletak tidak jauh dari pantai teluk hijau ini.

Pulau Tabuhan

muhammadhalim22.wordpress.com
muhammadhalim22.wordpress.com

Pulau Tabuhan teletak sekitar 20 km dari Kota Banyuwangi, tepatnya di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi. Pulau yang tidak berpenghuni ini memiliki luas sekitar 5 hektar. Pulau Tabuhan cukup menawan. Kamu akan menikmati pantai pasir putih di sana. Kamu juga akan menikmati kejernihan air laut yang tiada dua. Pulau Tabuhan biasanya didatangi oleh para wisatawan yang ingin melakukan scuba diving.

Pantai Pulau Merah

intisari-online.com
intisari-online.com

Setidaknya ini destinasi kedua di Banyuwangi yang menggunakan unsur warna yaitu warna merah. Dinamakan pantai pulau merah karena sekitar 100 meter dari bibir pantainya terdapat sebuah pulau dengan tanah berwarna merah. Kamu bisa ke pulau kecil ini saat air laut sedang surut. Cukup jalan kaki saja. Yang menarik juga adalah ketinggian ombak di pantai ini yang mencapai 4-5 meter. Sehingga tidak aneh jika tahun 2013 silam dijadikan sebagai lokasi kompetisi surfing internasional.

Kawah Ijen

tboeckel.de
tboeckel.de

Kawah Ijen juga destinasi di Banyuwangi yang nggak boleh kamu lewatin. Kawah ini disebut-sebut sebagai kawah terbesar di pulau Jawa. Luas keseluruhan kawah ijen mencapai 20 km. Yang paling menarik dari kawah ijen adalah adanya api biru atau blue fire. Keindahan api ini akan kian terlihat saat di sekitarnya gelap Oleh karena itu, sebaiknya datang ke sana saat dini hari atau malam hari.

Agrowisata Kalibendo

panoramio.com

Agrowisata Kalibendo adalah sebuah perkebunan yang terletak sekitar 20 km dari kota Banyuwangi. Di sini, kamu akan menemukan berbagai macam tanaman seperti teh, kopi, karet dan cengkeh. Di kawasan agrowisara Kalibendo juga terdapat sungai, kamu bisa bermain di sana. Namun, bagian paling menyejukkan tentu air terjunnya, air terjun kalibendo. Air terjun dengan tinggi 10 meter ini akan membuat kegiatan wisata kamu ke Banyuwangi semakin menyenangkan.

Mangrove Bedul

titinwulan.wordpress.com
titinwulan.wordpress.com

Seperti namanya, wisata Mangrove Bedul adalah destinasi yang menyajikan pemandangan mangrove sebagai objek keindahannya. Mangrove Bedul masuk dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Panjang keseluruhan tanaman mangrove yang ada di sini mencapai 17 km lho. Untuk melihat keindahannya, tentu kamu harus menyewa kapal kayu.

Pantai Sukamade

triptrus.com
triptrus.com

Salah satu pantai cantik di Banyuwangi yang tidak kalah keren adalah pantai Sukamade. Pantai ini memiliki kejernihan air yang luar biasa. Kealamiannya juga masih sangat terjaga. Kelebihan pantai Sukamade dari pantai lain di Banyuwangi adalah adanya konservasi penyu. Jangan lupa untuk lakukan persiapan fisik, karena untuk menuju ke sana kamu harus melewati medan yang cukup sulit.

Itulah 10 destinasi wisata yang keren di Banyuwangi. Baca juga berbagai kuliner di Pontianak. Siapa tau suatu saat kamu main ke sana.

🙂

Tinggalkan komentar