Jangan Lewatkan 4 Wisata Kuliner Ini Saat di Medan

Indonesia sangat kaya akan makanan khasnya. Hampir setiap daerah mempunyai makanan khas masing-masing dan semua makanan khas tersebut mempunyai cita rasa yang sangat nikmat. Salah satu daerah yang sangat terkenal dengan makanan yang lezat-lezat adalah Kota Medan. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa kota Medan mempunyai makanan yang sangat beragam. Kumpulan dari berbagai etnis yang ada di Medan seperti etnis Melayu, Jawa, Batak, Tionghua, dan Hindia menjadikan kota ini memiliki kekayaan masakan kuliner yang beragam.

Kalau kamu pergi ke Kota Medan, kurang lengkap jika kamu belum melakukan wisata kuliner di kota ini. Karena makanan-makanan di kota ini terkenal sangat lezat. Berikut ini beberapa tempat wisata kuliner yang wajib kamu kunjungi jika kamu sedang mengunjungi kota Medan.

Tip Top

Restoran Tip Top
satujam.com

Restoran Tip Top merupakan salah satu tempat wisata kuliner yang sangat terkenal di Medan. Restoran ini sebelumnya bertempat di Jalan Pandu dengan nama awalnya Restoran Jangkie. Namun, pada tahun 1934, restoran ini pindah lokasi ke Jalan Sekawan dan namanya diganti menjadi Restoran Tip Top.

Restoran Tip Top ini mirip dengan Braga Permai di Bandung. Suasananya sangat kental dengan zaman tempo dulu dengan bangunan yang masih mempertahankan bagunan lama dengan arsitektur khas Belanda. Menu yang ditawarkan sangat beragam. Kamu mungkin akan bingung untuk memilih makanan yang akan kamu nikmati  jika kamu sedang berkunjung di Restoran Tip Top ini. Menu yang ditawarkan mulai dari masakan tradisional sampai masakan internasional. Namun, kamu wajib untuk mencicipi menu es krim yang ditawarkan. Karena salah satu menu favorit andalan dalam restoran ini adalah es krim.

Soto Kesawan

Masakan Soto
satujam.com

Makanan ini sangat direkomendasikan jika kamu sedang melakukan wisata kuliner di Medan. Soto Kesawan ini sangat berbeda dengan soto pada umumnya. Biasanya, soto menggunakan daging ayam atau danging sapi. Namun, soto kesawan ini mengunakan udang sebagai bahan isiannya. Cita rasa pada udang itu sendiri memiliki rasa gurih. Apalagi, jika udang tersebut dicampur dalam soto yang pada dasarnya memiliki cita rasa khas gurih menjadikan soto ini sangat nikmat.

Untuk bisa merasakan nikmatnya soto kesawan ini, kamu dapat mengunjungi kedai soto kesawan “Enak Tenan” di Jalan Ahmad Yani (kesawan) 116, Medan.  Lokasi kedainya tidak jauh dengan Restoran Tip Top yaitu di seberang Tjong A fie mansion, sebuah bangunan bersejarah kuno yang menjadi situs bersejarah di kota ini. Harga yang di patok untuk dapat menikmati soto kesawan ini sekitar Rp25.000,00.

Kedai Durian Bang Ucok

Gambar Buah Durian
satujam.com

Medan merupakan salah satu kota yang cukup terkenal dengan buah duriannya. Duriannya terkenal dengan rasanya yang legit dan dagingnya tebal. Jika kamu sedang berkunjung di kota Medan, jangan lewatkan utuk menikmati buah yang satu ini. Kamu dapat mengunjungi kedai durian ucok di jalan Wahid Hasyim untuk dapat merasakan buah ini. Kedai ini buka pada malam hari sampai menjelang waktu subuh. Kedai ini termasuk kedai yang paling laris di Medan. Setiap harinya kedai durian ucok mampu menghabiskan sekitar 6000 – 7000 buah durian.

Durian yang kamu beli dapat dinikmati di tempat atau kamu bawa pulang. Namun, alangkah baiknya durian yang kamu beli dimakan di tempat atau kamu dapat membukanya dan mencicipi di tempat. Karena, kedai durian ucok ini mempersilahkan para pelanggan untuk menukarkan durian yang sudah kamu buka dengan durian baru jika dirasa durian kamu kurang enak.

Soto Sinar Pagi

Aneka Soto
satujam.com

Satu lagi menu soto yang jangan pernah kamu lewatkan jika kamu sedang berkunjung di Medan. Soto yang berkuah kental dengan kombinasi bumbu rempah-rempah ini menjadikan kamu akan ketagihan. Makanan soto ini dapat kamu temukan di RM Sinar Pagi di jalan Sei Deli, Simpang gatot Subroto.

Rumah makan ini merupakan salah satu rumah makan yang terkenal di Medan dan selalu ramai pengunjungnya. Jika kamu pergi ke RM Sinar Pagi, kamu harus bersabar untuk mengantri atau kamu dapat datang pagi-pagi sekali agar tidak didahului orang lain. Biasanya, waktu bukanya mulai jam 07.00 s/d 15.00 WIB.

Tinggalkan komentar