Jika Tak Mau Mengonsumsi Racun, Maka Jangan Panaskan Beberapa Makanan Ini

Sebagai ibu rumah tangga, terkadang jiwa untuk berkreasi akan sebuah masakan pun muncul tiba-tiba. Saking menggebu-gebunya untuk menghindangkan suatu masakan yang lezat, tak jarang dirimu pun membuatnya dalam porsi yang banyak.

Mungkin kamu berpikir bahwa anak-anak dan suamimu akan segera menghabiskan semua makanan itu dalam sekejap. Tapi, ternyata dirimu lupa bahwa hari ini suamimu harus kerja lembur dan anakmu akan pulang sekolah terlambat karena ada ekstrakulikuler.

Alhasil, makanan yang kamu buat pun sisa begitu banyak. Supaya tidak terbuang sia-saia, seperti biasanya nih, kamu akan menyimpan makanan itu ke dalam lemari pendingin dan memanaskannya kembali sesaat sebelum dimakan.

Kebiasaan ini memang banyak diterapkan oleh ibu-ibu rumah tangga yang lain, bukan hanya di Indonesia saja, sepertinya hampir di seluruh dunia ini deh. Tapi, hal yang perlu diperhatikan sebelum kamu memanasi makananmu itu, lihat lagi apa bahan makanan yang kamu gunakan untuk memasak.

Sebab, ada beberapa bahan makanan yang justru berubah menjadi racun dan tak layak lagi untuk dikonsumsi. Kira-kira makanan apa saja yang tak boleh dipanaskan ya? Simak bersama yuk.

Kentang

arumiarumi.wordpress.com

Sumber protein yang banyak dikonsumsi beberapa orang sebai pengganti nasi ini ternyata termasuk salah satu makanan yang berbahaya untuk dikonsumsi jika dipanaskan kembali. Karena, saat kamu menggoreng ulang kentang untuk segera dikonsumsi, hal ini justru memicu munculnya bakteri.

Nama bakteri yang akan muncul adalah bakteri botulism, bakteri yang merugikan ini dapat berkembang biak dan mampu mengganggu kesehatanmu.

Jamur

realfood.tesco.com

Saat ini, konsumsi jamur sepertinya sedang mengalami peningkatan. Karena, banyak sekali olahan jamur yang semakin lezat dijajakan di berbagai tempat. Tapi, tahukah kamu? Jamur yang mengandung protein nabati ini tak boleh dimasak berulang kali.

Kamu hanya boleh sekali saja saat memasaknya. Karena, komposisi jamur yang tadinya baik untuk kamu konsumsi itu akan berubah menjadi racun jahat.

Bayam dan Seledri

www.eattosaveyourlife.com

Untuk sayur bayam dan juga seledri yang kerap dijadikan sebagai bahan utama dalam membuat sop bening ini pun tak boleh dimasak berulang. Meski makanan yang berkuah itu lebih nikmat jika dimakan dalam keadaan hangat, tapi sayur sop itu tetap tidak boleh dipanaskan.

Karena, senyawa nitrat di dalam bayam serta seledri ini bisa berubah menjadi racun jika dipanaskan dalam suhu tinggi, terlebih lagi jika berulang kali.

Nasi

bollywoodphuket.com

Sumber karbohidrat utama warga Indonesia ini ternyata juga termasuk satu jenis makanan yang tidak boleh dipanaskan lho. Menurut Food Standar Agency, spora yang terdapat dalam nasi akan berubah jadi racun jika sudah dipanaskan berulang kali.

Kalau kamu memakannya, maka gejala mual-mual dan muntah bisa kamu rasakan. Yang lebih parah lagi, kamu bisa terkena diare.

Ayam

www.youtube.com

Wah, siapa yang gemar makan ayam nih? Satu fakta yang mungkin mengejutkanmu bahwa ayam tidak boleh dipanaskan. Karena protein yang terkandung dalam ayam pun bisa berubah menjadi racun jika dipanaskan berulang kali.

Telur

www.flickr.com

Selain ayam, sumber protein yang berasal dari telur pun tak boleh dipanaskan. Jika lebih dari sekali saja kamu memasaknya, zat racun akan muncul dan bisa mengganggu kesehatanmu. Cukup berbahaya bukan?

Maka dari itu, sebaiknya kamu memasak dalam porsi yang cukup saja untuk sekali makan seluruh anggota keluargamu. Jadi, kalau masakan habis, kamu hanya perlu memasak kembali makanan yang baru. Bukannya memanasi makanan yang masih sisa.

Tinggalkan komentar