4 Jenis Alat Berat yang Selalu Digunakan Oleh Perusahaan Infrastruktur

Ada banyak jenis alat berat saat ini yang dapat dimanfaatkan untuk mempermudah proses pembangunan skala besar, misalnya saja dalam mendesain rumah dan membangun bisnis properti.  Dalam sebuah proyek, apalagi proyek proyek konstruksi, pertambangan dan proyek proyek yang besar lainnya. Alat berat menjadi faktor penting karena akan memudahkan kamu dalam proses pengerjaan. Hal ini juga seperti yang disampaikan rosyani pada tahun 2009.

Ada beberapa klasifikasi alat berat yang perlu kamu ketahui, karena pengklasifikasian alat berat dapat dilihat berdasarkan fungsional alat berat tersebut dan klasifikasi berdasarkan operasional alat berat tersebut. Nah apa saja jeni alat berat itu? berikut beberapa  jenis alat berat dan fungsinya:

Excavator / Eksavator

excavator
http://tophdimgs.com/

Jika kamu ingin  melakukan penggalian parit, lubang, pondasi, membentuk lereng, Pengerukan lumpur di sungai, dan jika kamu ingin meenekan untuk pondasi tiang mini atau cerucuk, maka alat ini cocok untuk kamu gunakan agar memudahkan pekerjaanmu, karena jenis alat berat ini punya bagian yang  berupa arm (lengan), bucket (semacam ember penggaruk) dan bagian rumah mesin yang bisa berputar 360 derajat. Dan  Roda penggeraknya juga menggunakan rantai seperti rantai tank perang.

artikel terkait : 5 Konstruksi Jalan Ini Akan Membuatmu Berdecak Kagum

Dozer / Doser

dozer
i.ytimg.com

Jenis alat berat ke 2 adalah doser, jika kamu ingin mendorong untuk memindahkan barang dalam jumlah banyak dan juga berat di tanah yang cukup luas maka kamu bisa menggunakan bantuan alat berat ini, karena pada alat ini memiliki bagian berupa blade didepan (pelat logam sebagai alat pendorong) dan rumah mesin penggerak / pengendali. Blade ini bisa naik dan juga turun ke arah vertikal. Dan alat ini memiliki roda yang menggunakan rantai.

Grader

grader
tomsey.com.ng

Jika kamu ingin meratan suatu lahan atau permukaan maka kamu bisa menggunaka alat ini, karena alat berat ini mempunyai bagian berupa blade dibagian tengah dan punya roda penggerak menggunakan roda karet.

Dump Truck

dump truck
http://img.directindustry.com/

Jenis alat berat yang satu ini adalah berupa truk yang digunakan untuk mengangkut material. jadi untuk mengangkut dan memindahkan material dari satu tempat ke tempar lain kamu bisa menggunakan alat ini.

artikel terkait : kesalahan konstruksi bangunan

Dan masih banyak lagi jenis alat berat berdasarkan klasifikasi fungsinya dan operasionalnya. Semoga dapat menambah wawasan kamu tentang jenis alat berat.

 

Tinggalkan komentar