10 Jenis Batu Akik Paling Langka di Dunia

Batu akik akhir akhir ini sangat populer di masyarakat indonesia. Demam batu akik melanda mulai dari perkotaan hingga pedesaan. Berdasarkan ilmu ekonomi jika suatu barang banyak dicari maka harga juga semakin meningkat. Kini harga batu akik melonjak tinggi. Semakin unik dan langka batu tersebut, semakin mahal harganya.

Di level perbatuan di dunia ada beberapa batu akik yang dianggap sangat langka, tentu saja harganya juga melambung tinggi meninggalkan batu batu yang mudah di dapat. Berikut ini adalah jenis jenis batu akik yang paling langka di dunia.

 

Painite

rruff.info
rruff.info

Batu ini bahkan masuk ke dalam buku rekor dunia atau biasa kita kenal Guiness Book of Record. Hanya terdapat dua buah batu yang ditemukan dalam beberapa dekade. Aluminium, kalsium, boron, zirconium dan oksigen menjadi unsur utama penyusun batu ini.

Alexandrite

katerinaperez.com
katerinaperez.com

Batu ini bernama Alexandrite, Alexandrite memiliki kandungan utama yang membuatnya mahal yaitu titanium, ferum dan chrome.

Taafeite

crystal-treasure.com
crystal-treasure.com

Gemologist adalah orang yang menekuni bidang batu mulia atau batu akik. Seorang Gemologist bernama Richard Taaffe pada tahun 1945 menemukan batu yang sangat langka. Batu akik yang sangat langka tersebut akhirnya diberi nama Taafeite.

Jadeite

rubylane.com
rubylane.com

Pernahkah kamu menjumpai batu berharga lebih dari 100 miliar rupiah? Karena jumlahnya yang terbatas, batu yang bernama Jadeite ini menjadi sangat mahal ketika terjual di rumah pelelangan. Harga fantastis tersebut karena memang batu ini sangat sulit ditemukan.

Red Beryl

ytimg.com
ytimg.com

Di Beaver, Utah batu ini ditemukan di penambangan batu ruby di wilayah pegunungan Wah Wah. Bayangkan jika kamu sedang berburu batu mahal seperti ruby sekaligus kamu menemukan batu super langka seperti red Beryl ini. Sungguh kamu bisa jadi orang terkaya di negeri ini. Komposisi dari batu ini adalah Berylium, Aluminium, Silikon dan Oksigen. Harga perkaratnya berkisar 130 juta rupiah.

Black Opal

onlinejewelryclass.biz
onlinejewelryclass.biz

Batu ini bernama black opal, Black Opal pertama kali ditemukan di australia. Di Masyarakat indonesia, batu ini dikenal dengan nama kalimaya hitam. Ketika pertama ditemukan/belum diolah, batu ini hanya berwarna hitam pekat. Kamu perlu mengeluarkan warna warni pelangi yang biasa disebut dengan jarong. Batu ini mudah pecah sehingga kamu harus berhati hati ketika proses mengeluarkan jarongnya.

Grandidierite

flippa.com
flippa.com

Gradidierite ditemukan hanya di sekitar wilayah Madagascar. Batu ini memiliki sifat unik yang membuatnya semakin menarik, batu ini bisa berubah warna menjadi hijau biru maupun putih. Keunikan tersebut membuat batu ini diburu banyak orang dan membuatnya menjadi langka dan sangat berharga.

Benitoite

dakotamatrix.com
dakotamatrix.com

Pada tahun 1907 batu ini ditemukan di daerah pinggiran sungai Benito di California. Jika dilihat di bawah sinar Ultra Violet batu ini akan menjadi berwarna biru mengkilap. Batu ini memiliki bahan dasar penyusun yaitu Barium,Titanium,Silicon dan Oksigen. Harga perkaratnya sekitar 50 juta rupiah.

Tanzanite

glittersgemstones.com
glittersgemstones.com

Batu ini ditemukan di Tanzania didekat Pegunungan Kilimanjaro. Tanzanite memang diberi nama karean daerah ditemukanya yaitu Tanzania. Bentuknya yang indah dan menarik membuat batu ini diburu kolektor kolektor batu. Harga tanzanite sekitar 10 juta rupiah per karatnya.

Poudretteite

crystal-treasure.com
crystal-treasure.com

Poudretteite adalah batu permata merah muda yang berwarna lembut. Batu ini pertama kali ditemukan pada tahun 1987 di Quebec, Kanada. Menurut berbagai ahli mineral sebagian besar batu yang ditemukan di Kanada adalah batu dengan kualitas rendah. Batu poudretteite berkualitas tinggi mulai muncul di pasaran pada awal tahun 2000-an, ketika beberapa spesimen batu ini ditemukan di Mogok, Burma. Di tempat itu beberapa batu rubi yang sangat berharga juga ditemukan. Namun sebagian besar Poudretteite ditemukan saat itu dianggap batu Scapolite.

Ada kemungkinan bahwa Poudretteite tidak selangka seperti yang diduga saat ini. Harga Poudretteite berwarna pink dijual di kisaran harga Rp 38,6 juta per karat.

Tinggalkan komentar