Mengenal Jenis-jenis Font dan Kegunaannya

Pada artikel kali ini penulis ingin memberikan ulasan mengenai jenis-jenis font yang sering digunakan di era digital ini.
Dewasa ini, semakin berkembangnya teknologi digital juga turut mendukung berkembangnya industri atau jenis-jenis font pendukungnya.

Nah, Berikut adalah 4 jenis font yang paling sering digunakan dalam tulisan digital.

Jenis Font Serif

Jenis-jenis font serif. |Pict by. designatcollege.blogspot.com
Jenis-jenis font serif. |Pict by. designatcollege.blogspot.com

Serif adalah jenis font dasar dalam dunia tipografi, karena memiliki busur elit atau goresan kecil pada setiap akhir hurufnya.
Busur elit itu dipercaya dapat membuat mata lebih nyaman saat melihat kumpulan huruf dalam jumlah banyak.

Itulah sebabnya jenis font ini sering digunakan oleh banyak profesional, mulai dari urusan menulis email hingga urusan mendesain secara profesional.

Macam-macam jenis font serif yang biasa digunakan adalah: georgia, times new roman, rockwell, perpetua, dan huruf-huruf sejenisnya.

Jenis Font San Serif

Jenis-jenis font san serif. |Pict by. ualprintblog.blogspot.com
Jenis-jenis font san serif. |Pict by. ualprintblog.blogspot.com

Jenis font san serif merupakan kebalikan dari jenis font serif. Kata “San” sendiri memiliki arti tanpa atau tidak.
Ini berarti jenis font serif adalah jenis font yang tidak memiliki busur elit atau goresan kecil pada setiap akhir hurufnya.

Jenis font ini biasa digunakan oleh para profesional guna menyampaikan ide presentasi, karya tulis ilmiah atau saat menulis buku. Ini karena desain dari san serif yang terlihat standar sehingga memberikan kesan netral pada pembacanya.

Macam-macam jenis font san serif yang biasa digunakan adalah: tahoma, univers, arial, arrial regular, arial black, dan huruf-huruf sejenisnya.

Jenis Font Script

Jenis-jenis font script |Pict by. choidonghoon.wordpress.com
Jenis-jenis font script |Pict by. choidonghoon.wordpress.com

Jenis font script adalah font yang lebih mengutamakan kesan perasaan kepada pembacanya.
Jenis font ini memiliki ciri yang khas seperti tulisan manusia pada umumnya, Seperti tulisan dari kapur, tulisan kaligrafi, atau bahkan tulisan anak-anak.

Macam-macam jenis font san serif yang biasa digunakan adalah: comic sans, mistral, lucinda, monotype, script brush, , dan huruf-huruf sejenisnya.

Jenis Font Dekoratif

Jenis font ini juga dikenal dengan nama font display dan font ornamental. Jenis font dekoratif memiliki ciri ornamental alam yang tinggi, sehingga sangat akan sangat cocok jika digunakan sebagai tag line atau judul.

Namun begitu, karena ornamentalnya yang tinggi jenis font ini kurang cocok jika digunakan sebagai body copy, karena akan membuat huruf-huruf yang ada saling bertabrakan atau tidak jelas terbaca.

 

Demikianlah artikel penulis tentang jenis-jenis font dan kegunaannya. Ingatlah untuk selalu menggunakan jenis font yang cocok dalam penggunaanya.

Karena berbeda jenis font maka berbeda juga kesan yang akan ditangkap oleh pembaca.

Tinggalkan komentar