Jenis Golongan Darah Manusia Berdasarkan Antigennya

Manusia memiliki 4 jenis golongan darah yang berdasarkan 2 antigen yang ada atau tidak adanya yaitu antigen A dan antigen B pada permukaan membran Sel Darah Merah. Keempat jenis Golongan Darah tersebut adalah:

golongan darah manusia
sehatbloodtype.wordpress.com
  • Golongan Darah A, hanya mempunyai Antigen A yang bisa menghasilkan antibodi terhadap Antigen B yang ada pada permukaan membran sel darah merah.
  • Golongan Darah B, hanya mempunyai antigen B yang bisa menghasilkan antibodi terhadap antigen A yang terdapat pada permukaan membran sel darah merah.
  • Golongan Darah AB, mempunyai antigen A dan antigen B tidak bisa menghasilkan antibodi terhadap antigen A maupun antigen B yang ada pada permukaan membran sel darah merah.
  • Golongan Darah O, tidak mempunyai antigen A maupun antigen B pada permukaan membran sel darah merah namun dapat menghasilkan antibodi terhadap antigen A dan antigen B.

 

Transfusi Darah

transfusi menurut golongan darah
biologylearningcenter.blogspot.com

Transfusi darah adalah suatu proses penyaluran darah atau produk berbasis darah dari satu orang menuju sistem peredaran darah orang lainnya. Dalam proses tranfusi darah, seseorang yang menerima darah harus sesuai dengan golongan darah yang didonorkan untuknya. Transfusi darah yang tidak sesuai bisa mengakibatkan suatu reaksi transfusi imunologis misalnya gagal ginjal, anemia hemolisis, bahkan kematian.

Golongan Darah Dapat Menerima darah dari Golongan Darah Data Menyumbangkan darah ke Golongan Darah
A A, O A, AB
B B, O B, AB
AB AB, A, B, O AB
O O A, B, AB, O

 

Tinggalkan komentar