Mengenal Apa Itu Cerpen dan Jenis-jenisnya


Apa Itu Cerpen dan Perbedaanya denga Prosa Jenis Lainnya


Cerpen dalam kamus besar bahasa Indonesia merupakan singkatan dari cerita pendek, yakni sebuah karya tulis prosa fiksi yang membahas sebuah cerita secara singkat, atau hanya mengisahkan tentang satu atau dua konflik yang ada.

Sedangkan menurut sumber yang tertulis di halaman wikipedia, cerpen adalah sebuah bentuk prosa naratif fiksi. Cerpen adalah sebuah karya tulis yang cenderung padat dan singkat jika dibandingakn dengan karya-karya fiksi lainnya.

Cerpen biasanya hanya mengandung beberapa unsur konflik inti saja, bahkan terkadang satubuah cerpen hanya bersikian satu buah konflik.

Hal ini menyebabkan cerpen hanya memerlukan beberapa tokoh saja dalam alur ceritanya.

Salah satu kutipan cerpen. | Pict by. gombalbijak.blogspot.com
Salah satu kutipan cerpen. | Pict by. gombalbijak.blogspot.com

Itulah kenapa dalam membuat cerpen juga diperlukan jam terbang yang tinggi, sehingga dari cerita yang singkat tadi pembaca dapat mengetahui inti permasalahan dan hikmah yang bisa diambil dari cerita tersebut.


Jenis-jenis Cerpen


Dalam hasil pembuatannya cerpen dibagi menjadi tiga bagian kecil yakni cerpen mini, cerpen ideal, dan cerpen panjang.

  • Cerpen mini adalah karya prosa naratif fiksi yang tersusun dari 750 – 1000 kata.
  • Cerpen ideal adalah karya prosa naratif fiksi yang tersusun dari 3000 – 4000 kata, dan
  • Cerpen panjang adalah karya prosa naratif fiksi yang tersusun lebih dari 1000 kata.

Pembagian cerpen menjadi 3 kategori tersebut berfungsi dalam menglasifikasi cerpen-cerpen yang ada, dan untuk memudahkan istilah dalam penyebutan cerpen, terutama ketika diadakan lomba menulis cerpen.

 

Demikianlah artikel singkat penulis tentang apa itu cerpen, dan jenis-jenisnya. kamu bisa menuliskan sesuatu pada kolom komentar, jika ada sesuat yang ingin ditanyakan atau didisuksikan.

Tinggalkan komentar