4 Jenis Jaringan Komputer

Pada awal ditemukan jaringan komputer cukup untuk menyambungkan antara 2 device. Namun sekarang ini penggunaan jaringan komputer tersebar ke seluruh area. Jaringan komputer tidak hanya digunakan dalam ruangan saja. Namun terus berkembang secara masif sehingga sebagian besar komputer di dunia telah terkoneksi satu sama lain.

Jenis jenis jaringan komputer dibedakan berdasarkan geografisnya. Semakin jauh jarak antar device yang terkoneksi semakin banyak device yang berperan. Jika topologi menjelaskan tentang bentuk model jaringan, pada artikel ini kita akan membahas jenis jaringan berdasarkan lokasi. berikut ini adalah jenis jenis jaringan komputer yang umum digunakan.

Personal Area Network (PAN)

local_area_network
time.com

Personal Area Network adalah Jaringan komputer atau titik akses yang digunakan untuk berkomunikasi ke berbagai perangkat pribadi seperti komputer, ponsel, telepon, televisi, sistem keamanan rumah yang berbasis komunikasi data personal ataupun perangkat komunikasi publik seperti internet. Kontrol PAN dilakukan dengan authoritas pribadi. Data yang ditransmisikan oleh PAN bersifat khas dan personal karena digunakan untuk keperluan pribadi. Teknologi dan protokol yang digunakan PAN diantaranya adalah Wifi, Wireless Application Protocol (WAP), Bluetooth, Infrared, dan lain-lain. Kelebihan PAN : PAN bisa digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi sendiri (komunikasi intrapersonal), atau dapat juga digunakan untuk menghubungkan ke jaringan tingkat yang lebih tinggi dan Internet (uplink). Jaringan PAN dapat kita buat dengan menggunakan teknologi jaringan nirkabel seperti Bluetooth, IrDA, Wireless.

Kelebihan PAN :

  • Control pada PAN dilakukan dengan autoritas pribadi
  • Hanya di gunakan untuk diri sendiri

Kekurangan PAN :

  • Jangkauan dari PAN hanya dalam beberapa meter saja

Local Area Network (LAN)

wordpress.com
wordpress.com

LAN merupakan jaringan komputer yang sering digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam suatu kantor suatu perusahaan atau pabrik- pabrik untuk memakai sumber daya (resaource, misalnya printer) secara bersama-sama dan saling bertukar informasi yang masih dalam satu area. Kelebihan : LAN membolehakan pengguna mengkongsikan sumber komputer atau berbagi sumberdaya (resource sharing). Konfigurasi keterhubungan antara beberapa komputer menggunakan topologi. Kelemahan : Kekurangan LAN keterbatasan dalam media transmisi dan jangkauan pada penggunaanya. Kekurangan lain lainnya adalah pada sistem keamanan yang dimilikinya, sistem keamanan pada LAN menggunakan WEP, tetapi WEP hanya menyediakan protokol keamanan yang sangat minimum.

keunggulan LAN:

  1. Pemakaian sumber daya secara bersama-sama
  2. Memungkinkan hubungan antar sistem dari beragam meri
  3. Memungkinkan adanya transfer file antar bagian dengan melalui suatu server pengatur lalu lintas informasi
  4. Efektifitas dan efisiensi kerja menjadi lebih produktif
  5. Lebih banyak terminal yang terhubung ke sistem
  6. Mengurangi pemakaian kabel jika dibandingkan dengan sistem conect one by one
  7. Memungkinkan komunikasi melalui e-mail
  8. Adanya pembakuan user interface
  9. Perlindungan investasi dan rahasia data karena adanya server pengatur dan password
kelemahan LAN :

  1. Instrumentasi tidak sederhana
  2. Ada kemungkinan password dapat ditembus
  3. Perlu pengendali pemakain software
  4. Software harus dirancang untuk multi user
  5. Semua layer model OSI harus dilaksanakan (protokol/aturan yang digunakan)
  6. Virus mungkin dapat menyebar melalui jaringan.

Metropolitan Area Network (MAN)

3-man
wordpress.com

Hampir sama dengan LAN, MAN adalah versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor- kantor perusahaan yang terletak berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat di manfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang daya dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan Televisi Kabel. biasanya MAN digunakan dalam area 1 kota, bukan hanya satu lokasi saja.

Beberapa teknologi yang digunakan untuk tujuan ini adalah Asynchronous Transfer Mode (ATM), FDDI, dan SMDS. Teknologi ini sekarang dalam proses digantikan oleh Ethernet berbasis koneksi (misalnya, Metro Ethernet) di kebanyakan daerah. MAN menghubungkan antara jaringan area lokal yang telah dibangun tanpa kabel baik menggunakan microwave, radio, atau laser link infra-merah. Sebagian besar perusahaan menyewa atau meminjam sirkuit dari operator umum karena peletakan kabel panjang secara membentang berbiaya mahal.

Kelebihan MAN:

  • Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai pusat data dari kantor cabang.
  • Informasi dapat disebarkan dengan lebih meluas, cepat dan bermakna.
  • Transaksi yang Real-Time (data di server pusat diupdate saat itu juga, contoh ATM Bank unluk wilayah nasional)
  • Komunikasi antar kantor bisa menggunakan e-mail, chatting
    dan Video Conference (ViCon).
Kekurangan MAN:

  • Biaya operasional mahal.
  • Instalasi infrastrukturnya tidak mudah.
  • Jika sebuah komputer pribadi digunakan sebagai terminal, memindahkan file (file transfer software) membolehkan pengguna untuk mengambil file (download) dari hos ataupun menghantar data ke hos (upload).
  • Rumit jika terjadi trouble jaringan (network trouble shooting).

Wide Area Network (WAN)

blogspot.com
blogspot.com

WAN ( wide area network ) merupakan jaringan komputer dengan jangkauan area geografis yang paling luas, bisa mencakup sebuah negara bahkan benua untuk mengaksesnya, atau bisa didefinisikan sebagai sebuah jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai. WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan area lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.

Kelebihan dari WAN :

  • Bisa diakses dengan jangkauan area grografis yang luas sehingga berbisnis dengan jarak jauh dapat terhubung dengan jaringan ini
  • Dapat berbagi (share) software dan resources dengan koneksi workstations.
  • Pesan dapat dikirim dengan sangat cepat kepada orang lain pada jaringan ini (bisa berupa gambar, suara, atau data yang disertakan dengan suatu lampiran).
  • Hal-hal yang mahal (seperti printer atau saluran telepon ke internet) dapat dibagi oleh semua komputer pada jaringan ini tanpa harus membeli perangkat yang berbeda untuk setiap komputernya.
  • Semua orang yang ada di jaringan ini dapat menggunakan data yang sama. hal ini untuk menghindari masalah dimana beberapa pengguna mungkin memiliki informasi lebih tua daripada yang lain.
  • Berbagi informasi/file (share) melalui area yang lebih besar
  • Besar jaringan penutup.

Kekurangan WAN :

  • Biaya operasional mahal dan umumnya lambat
  • Memerlukan Firewall yang baik untuk membatasi pengguna luar yang masuk dan dapat mengganggu jaringan ini
  • Menyiapkan jaringan bisa menjadi pengalaman yang sangat mahal dan rumit. Semakin besar jaringan semakin mahal harganya.
  • Keamanan merupakan masalah yang paling nyata ketika orang yang berbeda memiliki kemampuan untuk menggunakan informasi dari komputer lain. Perlindungan terhadap hacker dan virus menambah kompleksitas lebih dan membutuhkan biaya.
  • Setelah diatur, memelihara jaringan adalah pekerjaan penuh waktu (full time) yang membutuhkan jaringan pengawas dan teknisi untuk dipekerjakan.
  • Informasi tidak dapat memenuhi kebutuhan lokal atau kepentingan.
  • Rentan terhadap hacker atau ancaman dari luar lainnya.

4 pemikiran pada “4 Jenis Jaringan Komputer”

Tinggalkan komentar