Jenis-jenis Kain Bahan Berserta Gambar dan Penjelasannya

Jenis Kain – Sebelum kita memutuskan untuk membeli busana muslimah atau bahan kain sebaiknya terlebih dulu kita mengenali jenis-jenis kainnya. Mengenali jenis kain bahan ini dirasa begitu penting supaya kita dapat mengetahui kelebihan dan kekurangannya.

Selain itu, dengan mengenali jenis kain kita dapat meraba-raba kain yang sesuai dengan kebutuhan dan enak di badan kita. Di samping juga bisa mengira-ngira dengan bugdet yang ada akan mendapatkan kain dan busana yang kualitasnya seperti apa.

Untuk dapat memilih busana yang cocok dikenakan, terkadang kita mempertimbangkan banyak hal. Mulai dari harga pakaian, model pakaian, warna dan juga jenis kain bahan itu sendiri. Tidak jarang pakaian yang harganya cenderung mahal ternyata tidak cocok di badan kita karena harga memang tidak menjamin.

Bahkan tidak jarang terjadi juga kalau pakaian yang belum genap seminggu kita beli, warnanya sudah terlihat kusam dan tidak cerah lagi malahan terkesan buluk. Hal ini karena kurangnya kita akan pengetahuan tentang jenis bahan kain untuk busana yang kita beli.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui karakteristik jenis bahan kain maupun pakaian yang akan kita beli. Agar dengannya kita bisa lebih hati hati dalam memilih dan menentukan pakaian yang cocok dan sesuai untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari.

Berikut ini terdapat beberapa jenis kain dan karakter dari masing-masing bahan kain tersebut:

Jenis Kain Katun

Jenis Kain Katun
Gambar via: hollertrendchu.wordpress.com

Dengan berbahan dari serat kapas ringan jenis kain katun ini termasuk kain yang kuat. Sehingga tidak heran kalau banyak yang berminat untuk menjadikannya sebagai pakaian. Kain katun juga telah banyak digunakan sejak ratusan tahun yang lalu.

Sebenarnya kain katun mempunyai berbagai macam jenis di antaranya:

  • Kain Katun Biasa: sedikit tipis, tidak melar atau stretch dan agak kaku. Mempunyai daya serap sedang sampai bagus. Harganya cenderung murah dan motif yang umum ialah polos, garis, abstrak dan bunga-bunga.
  • Kain Katun Jepang: berbahan dari combed 100% full cotton. Memiliki daya serap sangat bagus dengan tekstur dan permukaan lebih halus. Harganya cenderung mahal dari kain katun biasa. Kain katun Jepang  biasa digunakan untuk membuat blouse wanita dan sangat cocok sebagai sprei. Ciri khususnya yaitu terlihat dari bagian ujung sisi bahan terdapat kode warna atau yang lebih umum ada tulisan “Japan Design”.
  • Kain Katun Paris: tingkat ketebalannya sedikit lebih tipis jika diabndingkan dengan kain katun Jepang. Akan tetapi untuk kualitasnya hampir sama. Selain itu juga memiliki daya serap yang bagus sehingga harganya relaitf mahal. Sangat cocok digunakan untun membuat blouse wanita dan bahan kerudung.
  • Kain Katun Silk: memiliki perukaan yang mengkilap sehingga diberi nama silk. Kekurangan dari kain katun silk ini yaitu pada daya serap yang sangat rendah dibanding dengan jenis yang lain. Akan tetapi kilap pada kain silk ini tidak tidak akan hilang meskipun dicuci berkali-kali.
  • Meskipun harganya kain katun silk relatif lebih mahal akan tetapi angkanya masih dibawah harga kain katun Jepang. Saat ini jenis kain katun silk sedang ramai-ramainya digunakan sebagai bahan pembuatan rok maupun dress.
  • Kain Katun Kombed (Cotton Combed)
  • Salah satu jenis kain katun yang mendapat penanganan khusus pada tahapan finishing-nya yaitu dilakukan Kombed atau penyisiran. Tujauan dari penyisiran ini ialah supaya serat-serat kapas halus pada kain katun bisa dipisahkan sehingga memiliki kualitas kain yang lebih halus dan tidak berbulu.
  • Jenis kain katun kombed banyak dimanfaatkan sebagai bahan untu membuat kaos distro. Biasanya ukuran kainnya terdiri dari 20s, 24s, dan 30s. Angka tersebut menunjukkan ukuran benang yang digunakan sebagai bahan pembuatan kain. Semakin besar angkanya menunjukkan bahwa benag yang digunakan semakin tipis. Hal itu juga menginformasikan tentang kelemasan atau kelenturan kain katun kombed.
  • Kain Katun Karded atau Cotton Carded
  • Perbedaan kain katun karded dengan kain katun kombed hanya terletak di satu bagian saja, yaitu pada jenis kain katun karded saat finishing tidak ada proses penyisiran. Sehingga pada katun karded masih ada serat-serat kapas. Selain itu harganya pun relatif lebih murah dari kain katun kombed.

Jenis Kain Cashmere

Jenis Kain Cashmere
Gambar via: solusirumahtangga.com

Jenis kain cashmere termasuk bahan kain yang memilki kualistas prima dan terkesan mewah. Banyak  pakaian yang terbuat dari bahan kain ini memilki harga yang tidak tanggung-tanggung. Meskipun kain Cashmere dipadukan dengan jeans atau rok elegan, akan tetap dapat membawa kesan mewah dan berkelas.

Apabila bahan kain cashmere sering dicuci maka kainnya pun akan semakin halus, akan tetapi tentunya memiliki cara pencucian yang berbeda dengan kain jenis lain. Karena  kain cashmere mempunyai sampo khusus untuk mencucinya.

Jenis Kain Jersey

Jenis Kain Jersey
Gambar via: pivotbolabasket.wordpress.com

Bahan kain jenis jersey ini merupakan jenis kain yang sangat sering digunakan sebagai bahan pembuatan kaos maupun seragam olahraga. Sehingga tidak heran kalau jenis kain jersey sangat terkenal di kalangan plahragawan. Selain kain jersey sangat melekat pada tubuh ketika digunakan, kain ini  juga memiliki sifat ‘jatuh’-nya yang sangat menarik.

Sebagai saran saja apabila kita hendak memakai jersey olahraga, gunakanlah jersey olahraga yang memiliki ukuran satu tingkat di atas baju kita yang lain supaya tidak menimbulkan kesan ketat, sehingga tidak enak dipandang.

Tinggalkan komentar