Inilah 15 Jenis Kelinci yang Ada Diseluruh Dunia

Kelinci merupakan salah satu jenis hewan mamalia berkaki empat dengan bulu lembut serta tingkah laku yang sangat lucu. Kelinci sendiri terdiri dari beberapa jenis/ras yang sebagian besar dijadikan sebagai hewan peliharaan, tetapi ada juga yang menjadikannya sebagai bahan kuliner (Sate kelinci).

Dari sekian banyak jenis kelinci, baik itu yang dijadikan sebagai hewan peliharaan maupun pedaging ternyata juga memiliki harga yang cukup bervariasi. Untuk mengetahui lebih lanjut, jenis kelinci apa saja yang ada, berikut ulasannya.

 

Kelinci Angora

nathifadriya.blogspot.com
nathifadriya.blogspot.com

Kelinci Angora adalah salah satu jenis kelinci yang berasal dari Ankara, Turki. Kelinci ini termasuk salah satu jenis kelinci paling populer di dunia. Semua itu tak lepas dari jasa pelaut Inggris yang kemudian membawanya ke daratan Inggris serta diperkenalkan pula di Prancis sekitar tahun 1723. Dan kini sudah tersebar luas ke seluruh dunia, khususnya di Benua Biru (Eropa).

Selain itu, kelinci Angora juga sering kali dimanfaatkan bulunya untuk dijadikan sebagai bahan wol di negara-negara Eropa, seperti halnya Prancis. Jikalau di Indonesia, kelinci jenis ini hanya dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Kelinci Angora sendiri juga terdapat beberapa jenis yang diantaranya: Satin Angora, German Angora, French Angora, dan lain sebagainya. Untuk ciri-cirinya, kelinci Angora memiliki bulu yang lembut dan tebal serta diujung telinga dan kaki depannya ditumbuhi oleh bulu-bulu halus dengan warna bulu yang bervariasi. Ada yang berwarna coklat, putih, hitam, abu-abu dan lain sebagainya.

Kelinci Lop

kelincirabbit.wordpress.com
kelincirabbit.wordpress.com

Kelinci Lop adalah salah satu jenis kelinci mempunyai keunikan tersendiri, khususnya dibagian telinganya. Jika pada umumnya telinga kelinci itu tegak, namun lain halnya dengan kelinci Lop. Kelinci jenis ini mempunyai telinga yang menggantung dari ujung kepala hingga bagian pipi dan bisa dibilang mirip dengan anjing.

Telinga tersebut baru akan terlihat menggantung setelah kelinci sudah berumur 2-4 bulan. Tetapi, semua itu tergantung juga dari varietas kelinci tersebut, karena kelinci Lop juga memiliki banyak varietas yang diantaranya Dwarf Lop, English Lop, French Lop, Holland Lop, Angora Lop dan lain sebagainya. Dari beberapa varietas kelinci Lop, hanya Englis Lop yang paling terkenal yang harganya bisa mencapai 4jt rupiah.

Kelinci Flemish Giant

olsoncuttinghorses.com
olsoncuttinghorses.com

Sama halnya dengan namanya, kelinci jenis ini memiliki tubuh yang gemuk. Kelinci yang lebih akrab disebut dengan kelinci raksasa ini, bobotnya bisa mencapai 13kg. Dan bahkan, jika kelinci tersebut diberi pakan yang khusus, bobotnya bisa mencapai 22.23kg (Pernah ada dan masuk Guinness Book World Record).

Kelinci jenis ini awalnya merupakan kelinci liar yang berasal dari daratan Argentina. Lalu, sekitar abad ke-18 para pedagang Belanda banyak yang membawanya ke daratan Eropa untuk dibudidayakan. Tujuan dari pembudidayaan itu sendiri adalah untuk memenuhi permintaan daging kelinci yang semakin meningkat.

Kelinci Rex

infopeternakan.com
infopeternakan.com

Kelinci jenis ini merupakan kelinci yang berasal dari daratan Prancis yang pertama kali ditemukan pada tahun 1919. Kelinci ini merupakan keturunan dari kelinci liar yang ada di Prancis. kelinci ini menjadi sangat terkenal setelah perannya dalam sebuah ajang yang bernama ‘Paris International Rabbit Show’ pada tahun 1924.

Sama halnya dengan kelinci Flemish Giant, kelinci ini juga dijadikan sebagai kelinci pedaging serta dimanfaatkan bulunya sebagai bahan baku jaket dan aksesoris-aksesoris lainnya. Karena, bulu kelinci jenis ini memiliki warna yang cukup indah.

Kelinci Rex sendiri dibagi atas beberapa varietas berdasarkan dari warna bulu yang dimiliki, diantaranya: Dalmatian Rex, Pappilon Res, Black Rex, Blue Rex dan lain sebagainya.

Kelinci Dutch

perkelincian.wordpress.com
perkelincian.wordpress.com

Meskipun namanya kelinci Dutch, ternyata kelinci jenis ini bukan berasal dari Jerman, melainkan dari Belanda. Ciri-ciri dari kelinci ini memiliki bulu yang pendek serta warna yang bervariasi. Mulai dari coklat, hitam, abu-abu, putih serta perpaduan dari beberapa warna tersebut.

Kelinci English Spot

rabbits-box.blogspot.com
rabbits-box.blogspot.com

Kelinci English Spot merupakan salah satu jenis kelinci yang berasal dari Inggris dan mulai dibudidayakan sekitar abad ke-19 yang dihasilkan dari perkawinan silang antara 7 jenis kelinci yang diantaranya Silver, Flemish Giant, English Lop, Patagonian, Dutch, Himalayan dan Angora.

Kelinci Himalayan

perkelincian.wordpress.com
perkelincian.wordpress.com

Kelinci Himalayan adalah salah satu jenis kelinci dengan warna dasar putih dengan kombinasi warna lain yang berada pada bagian telinga, hidung, kaki dan ekor dengan mata berwarna merah muda.

Kelinci Lion

kelinciplayboy.wordpress.com
kelinciplayboy.wordpress.com

Kelinci ini merupakan keturunan dari kelinci Angora Inggris, tapi bisa dikatakan kelinci ini sangat menyimpang dengan induknya alias berbeda.

Kelinci Havana

perfara.wordpress.com
perfara.wordpress.com

Kelinci Havana merupakan jenis kelinci yang pertama kali dikembangkan di Belanda sekitar tahun 1898. Dengan penyebaran yang tergolong sangat cepat. Sekitar tahun 1908 kelinci jenis ini sudah mulai menyebar ke seluruh daratan Eropa, kemudian pada tahun 1916 mulai dipasarkan di Benua Amerika dan juga Asia.

Kelinci Netherland Dwarf

ceriwis.com
ceriwis.com

Kelinci jenis ini pertama kali ditemukan pada tahun 1940 yang kemudian dikembangkan oleh J. Meijerig dan C. W. Calcar yang kemudian disebarkan ke berbagai negara termasuk Indonesia. Kelinci ini termasuk kelinci kerdil dengan berat badan yang hanya mencapai 1kg saja dengan leher yang pendek dan telinga yang kecil.

Kelinci New Zealand

azwaranasrabbit.wordpress.com
azwaranasrabbit.wordpress.com

Dinamakan dengan kelinci New Zealand karena disanalah untuk pertama kalinya kelinci jenis ini menjadi terkenal. Kelinci ini termasuk salah satu jenis kelinci yang memiliki badan besar dengan berat badan yang bisa lebih dari 5kg serta setiap kali melahirkan bisa menghasilkan 10-12 anakan.

Kelinci Polish

perkelincian.wordpress.com
perkelincian.wordpress.com

Kelinci ini juga termasuk salah satu jenis kelinci yang memiliki badan kerdil dengan bulu yang halus dan telinga yg tegak lurus yang biasanya berwarna merah delima, biru atau hitam.

Kelinci Satin

perkelincian.wordpress.com
perkelincian.wordpress.com

Kelinci jenis ini merupakan hasil mutasi dari kelinci Havana coklat dengan beberapa varietas yang diantaranya: Tembaga, California, merah, biru, coklat dan lain sebagainya.

Kelinci American Chincilla

applegarthgardens.blogspot.com
applegarthgardens.blogspot.com

Kelinci jenis ini termasuk jenis kelinci yang sangat unik, karena memiliki ukuran tubuh yang bervariasi, mulai dari yang berukuran kecil, besar dan bahkan raksasa. Hal tersebut dikarenakan perkawinan silang dengan jenis kelinci lain.

Kelinci Tan

madusaveour.blogspot.com
madusaveour.blogspot.com

Kelinci jenis ini pertama kali ditemukan oleh Culland Hall di dekat Braillsford (Derbyshire) sekitar tahun 1880. Kelinci ini pada awalnya merupakan jenis kelinci liar penakut, namun setelah dikembangkan kini menjadi salah satu jenis kelinci yang gagah dan cukup menarik.

Tinggalkan komentar