Inilah 10 Jenis Kopi Paling Mahal di Dunia

Kopi merupakan salah satu minuman yang paling banyak digemari di seluruh dunia. Kenikmatan secangkir kopi disaat pagi dan sore hari tidak akan tergantikan dengan apapun. Minuman yang dibuat dari biji kopi ini sangat cocok dinikmati ketika santai atau pada acara-acara resmi. Banyaknya peminat pada minuman yang satu ini membuat banyaknya usaha minuman kopi mulai dari lesehan, kedai sampai tempat ngopi yang berkelas.

Bahan baku membuat kopi ini berasal dari biji kopi pilihan, setiap daerah memiliki ciri khas rasa tersendiri. Kondisi tanah, bibit, lingkungan akan menjadi penentu kenikmatan rasa kopi. Tanaman kopi banyak tumbuh di daerah-daerah yang memiliki iklim tropis. Indonesia menjadi salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia. Kualitas biji kopi yang dihasilkan oleh setiap daerah akan berpengaruh terhadap rasa minuman kopi. Berikut ini adalah beberapa jenis kopi yang dijual dengan harga yang sangat mahal.

 

Kopi Luwak dari Indonesia

Kopi Luwak dari Indonesia
beritasatu.com

Kopi luwak memang layak menempati daftar peringkat pertama kopi dengan harga yang paling mahal di dunia. Harga yang sangat mahal ini memang sebanding dengan kualitas dari kopi ini, proses produknya pun memakan waktu yang lama dan dilakukan dengan cara yang tidak umum.

Keunikan dari kopi ini adalah kopi yang sudah masak akan dimakan oleh luwak, hewan yang satu ini hanya mau memakan kopi yang memiliki kualitas baik. Setelah itu biasanya luwak akan mengeluarkan biji-biji kopi ini bersamaan ketika hewan ini mengeluarkan kotoran. Biji kopi inilah yang nantinya diolah, biasanya harga kopi luwak bisa mencapai $ 160 / pon atau sekitar Rp 4.160.000/Kg.

Kopi Hacienda La Esmeralda dari Boquete, Panama

Kopi Hacienda La Esmeralda dari Boquete
static6.com

Hacienda La Esmeralda merupakan salah satu jenis kopi yang khusus ditanam di daerah Boquete, Panama. Para penikmat kopi di dunia menyukai jenis kopi ini dikarenakan memiliki rasa khas yang unik. Lahan tanam untuk jenis kopi ini juga tidak biasa, karena biasanya kopi ini dibudidayakan di bawah pohon jambu tua. Bila Kamu ingin menikmati kopi ini bersiaplah untuk merogoh kocek cukup dalam, karena kopi ini dibandrol dengan harga $ 104 / pon atau Rp 2.704.000/Kg.

Kopi Pulau St Helena dari St Helena

Kopi Pulau St Helena dari St Helena
selasar.com

Kopi ini tumbuh di Pulau St Helena yang berada sekitar 1.200 km dari pantai Afrika. Kopi ini sangat populer di tempat tersebut dikarenakan yang mengenalkan dan menaburkan benih kopi ini adalah Napoleon Bonaparte. Bila kamu ingin menikmati kopi ini bersiaplah untuk mengeluarkan uang sejumlah $79 /pon atau sekitar Rp 2.054.000/Kg

Kopi El Injerto dari Huehuetenango, Guatemala

Kopi El Injerto dari Huehuetenango
onlyarcticle.blogspot.com

El Injerto merupakan jenis kopi yang berasal dari Huehuetenango, Guetemala. Kopi ini berhasil menyabet penghargaan Piala Excellence of Grand Prize pada tahun 2006. Jadi rasa kopi ini sudah tidak perlu diragukan lagi kenikmatannya. Kopi ini dibandrol dengan harga $50 /pon atau sekitar Rp 1.300.000/Kg

Kopi Fazenda Santa Ines dari Minas Gerais, Brasil

Fazenda Santa Ines (Minas Gerais, Brazil)
kahaba-angi.blogspot.com

Kopi Fazenda Santa Ines dibandrol dengan harga $50 /pon membuatnya masuk dalam jajaran kopi dengan harga paling mahal di dunia. Kopi Fazenda Santa Ines tumbuh, dan dibudidayakn di Minaz Geraiz Brazil. Kopi ini tumbuh dan dibudiayakan secara tradisional, itulah mungkin yang membuat harga kopi ini menjadi mahal.

Kopi Blue Mountain dari Wallenford Estate, Jamaika

Kopi Blue Mountain dari Wallenford Estate
coffeesofjamaica.com/

Sesuai dengan namanya kopi ini banyak tumbuh di pegunungan Blue Jamaika. Kopi The Blue Mountain ini terkenal dengan rasanya yang ringan dan tingkat kepahitan yang rendah. Lebih dari 80% kopi hasil dari Wallenford ini diekspor ke Jepang. Bila kamu ingin membeli kopi ini, maka kamu harus mau mengeluarkan $49 /pon atau sekitar Rp 1.274.000/Kg.

Kopi Los Planes dari Citala, El Salvador

Kopi Los Planes dari Citala
kaskus.co.id

Kopi yang ditanam di daerah Citala, El Salvador. Pada pagelaran Piala Excellence of Grand Prize pada 2006 kopi Los Planes mendapatkan peringkat kedua hanya kalah dari kopi El Injerto. Harga yang ditawarkan untuk menikmati kopi ini adalah $40 /pon atau sekitar Rp 1.040.000/Kg. Harga yang cukup norma mengingat kualitas serta rasa yang ditawarkan dari kopi ini.

Kopi Hawaii Kona dari Hawaii

Kopi Hawaii Kona dari Hawaii
www.infospesial.net

Bila kamu sedang berlibur di Hawaii jangan lupa untuk mampir mencicipi kelezatan dari kopi ini. Kopi The Hawaii Kona banyak dibudidayakan dan tumbuh di Mauna Loa dan lereng Hualalai. Kopi yang berasal dari daerah ini biasa disebut dengan Kona. Kopi dengan rasa yang soft dan enak ini bisa kamu nikmati dengan harga $34/pon atau Rp 884.000/Kg.

Kopi Starbucks Rwanda Blue Bourbon dari Gatare, Rwanda

Kopi Starbucks Rwanda Blue Bourbon dari Gatare
clayton88.blogspot.com

Starbuck Rwanda Blue Bourbon merupakan jenis biji kopi yang banyak ditemukan di Gatare dan Karengara. Starbucks memperkenalkan jenis kopi ini ke banyak negara ketika perusahaan kopi ini sedang mengunjungi stasiun pencucian kopi pada tahun 2004. Harga komoditi kopi ini adalah $24/pon atau jika dihitung dalam rupiah sekitar Rp 598.000/Kg.

Kopi Yauco Selecto AA dari Puerto Rico

Kopi Selecto AA Yauco Coffee Puerto Riko
versionthespot7.blogspot.com

Rasa yang ringan serta kenikmatan kopi ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para penikmat kopi. Jika kamu memiliki banyak uang, hati-hati karena mungkin saja uang kamu akan habis hanya untuk membeli kopi ini. Harga yang ditawarkan untuk menikmati kopi Youco Selecto sekitar $24/pon atau Rp 624.000/Kg.

Tinggalkan komentar