in ,

Inilah Jenis Kopi Indonesia yang Paling Digemari Oleh Para Pecinta Kopi

Jenis kopi Sumatera
Pegipegi.com

Jenis kopi di Indonesia begitu banyak dan sangat beragam. Karena Indonesia adalah negara yang diberi karunia berupa letak geografis yang sangat baik dan struktur tanah sangat baik sebagai tempat tumbuhnya kopi.

Ada beberapa wilayah di Indonesia yang memiliki perkebunan kopi dengan hasil kopinya yang masing-masing memiliki karakter dan rasa unik  beda-beda. Apa sajakah kopi nusantara tersebut? Yuk simak artikel dibawah ini.

Kopi Sumatera

Jenis kopi Sumatera
Pegipegi.com

Kopi Sumatera merupakan salah satu kopi yang paling terkenal di dunia. Dan kopi Sumatera yang paling terkenal adalah yang berasal dari Sumatera Utara, yaitu kopi Sidikalang, Mandheling dan Lintong. Kopi Sumatera ini mempunyai cita rasa yang berat.

Bahkan bisa dikatakan kopi Sumatera adalah kopi yang memiliki citarasa paling berat di dunia. Diantara para ahli kopi mengatakan bahwa kopi Sumatera ini memiliki citarasa unik karena ada karakteristik berupa aroma rempah dan earthy.

Kopi Sumatera mempunyai tekstur yang halus serta bau yang tajam. Karena inilah kopi Sumatera menjadi salah satu kopi yang paling laris dan digemari.

Kopi Suamtera ini diproses dengan dua cara, yaitu proses dry-processed dan semi-washed. Ditanam pada ketinggian dan kontur tanah yang begitu ideal sehingga menjadikan kopi Sumatera ini berkualitas terbaik bahkan di mata dunia.

Kopi Sulawesi

jenis kopi nusantara
anekatop10.com

Tana Toraja juga merupakan wilayah yang diberi karunia berupa tanahnya yang sangat subur dan sangat cocok untuk tanaman kopi. Kopi bisa tumbuh dengan subur serta kualitas yang tidak kalah baiknya dengan kopi dari daerah lain.

Rasa kopinya yang kuat serta kadar asam yang tinggi membuat kopi Toraja ini begitu diminati para penggemar kopi dengan tingkat asam yang tinggi.

Kopi Toraja ini mempunyai bentuk biji lebih kecil dan lebih licin & mengkilap dibanding dengan kulit bijinya. Walaupun mempunyai cita rasa yang asam, namun kopi Toraja mempunyai aroma earthy yang khas.

Kopi Gayo Aceh

jenis kopi paling di gemari di Indonesia, kopi gayo
garascocoffee.blogspot.co.id

Siapa yang tidak tahu dengan kopi Aceh Gayo, yaitu kopi yang sudah sangat tersohor kenikmatannya. Kopi ini berasal dari Tanah Gayo Aceh Tengah. Kopi ini menjadi salah satu jenis kopi yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat ataupun kopi yang paling sering diekspor ke luar negeri.

Kopi Gayo ini mempunyai citarasa unik dan aroma khas yang berbeda dengan kopi lain di Indonesia. Kopi Gayo adalah salah satu jenis kopi yang menghasilkan jenis kopi Arabika terbaik.

Kopi Gayo sendiri mempunyai citarasa yang lebih pahit dan tingkat keasaman yang rendah. Aromanya yang begitu tajam membuat jenis kopi ini begitu digemari. Tak heran jika kopi ini menjadi hasil kopi yang terbesar di Asia. Walau rasanya lebih pahit, kopi Gayo mempunyai aroma yang gurih dalam setiap tegukan.

Kopi Bali Kintamani

jenis kopi di nusantara
kopitravel.blogspot.com

Jenis kopi yang paling banyak digemari selanjutnya adalah kopi berasal dari daerah Kintamani, Bali. Kopi ini mempunyai keunikan dan cita rasa yang berbeda dari kopi lain di nusantara.

Kopi Bali Kintamani mempunyai cita rasa buah yang segar dan asam. Hal ini dikarenakan tanaman kopi di Kintamani cara tanamnya bersamaan dengan sayur-sayuran serta buah jeruk.

Jenis kopi ini cara tanamnya menggunakan sistem ‘tumpang sari’ bersama dengan tanaman lain. Sebab itulah rasa buahnya meresap sampai ke biji kopinya.

Selain mempunyai cita rasa buah, kopi Bali Kintamani juga mempunyai cita rasa lembut yang tidak berat. Keunikan ini diperoleh dari letak geografis tanahnya yang juga unik.

Itulah beberapa jenis kopi Indonesia yang paling banyak digemari para pecinta kopi di Nusantara, bahkan dunia.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

cara agar suara bagus

Cara Agar Suara Bagus dan Merdu Secara Alami

Kata rujukan

Penjelasan Lengkap Mengenai Kata Rujukan