3 Jenis Manusia Purba Di Indonesia

JENIS MANUSIA PURBA DI INDONESIA – Manusia purba atau yang sering disebut dengan sebutan manusia prasejarah yang artinya manusia yang hidup sebelum tulisan ditemukan.

Cara hidup manusia ini masih sangat sederhana dan sangat bergantung pada alam. Di Indonesia terdapat sebagian situs daerah dimana banyak ditemukan fosil manusia purba, seperti di Mojokerto, Ngandong, Solo, Pacitan, atau yang paling dikenal yaitu Sangiran. Berikut ini merupakan beberapa jenis manusia purba yang mana fosilnya pernah ditemukan di Indonesia.

Jenis Manusia Purba Di Indonesia

Jenis Manusia Purba di indonesia
jurnalpagi.com

Terdapat tiga jenis manusia purba yang konon katanya hidup di indonesia sebelum adanya kehidupan manusia seperti kita, itu kembali lagi kepada kepercayaan kalian masing-masing untuk menpercayai atau tidak akan keberadaan manusia purba ini.

Bagi kalian yang percaya atau barang kali hanya sekedar untuk menyelesaikan tugas sekolah mengenai manusia purba di indonesia, di bawah ini adalah tiga jenis manusia purba di Indonesia:

1. Meganthropus paleojavanicus

Meganthropus paleojavanicus asal dari kata; Megan artinya besar, Anthropus artinya manusia, Paleo artinya tua, Javanicus artinya dari Jawa. Jadi bisa diartikan bahwa Meganthropus paleojavanicus ialah manusia purba bertubuh besar paling tua di Jawa.

Fosil manusia purba ini diketemukan di daerah Sangiran, Jawa tengah perkiraan tahun 1936-1941 oleh peneliti asal Belanda bernama Von Koeningswald. Fosil itu tidak ditemukan dengan lengkap, melainkan hanya beberapa bagian tengkorak, rahang bawah, dan juga gigi-gigi yang telah lepas. Fosil yang didapat di Sangiran ini kira-kira telah berumur 1-2 Juta tahun.

2. Pithecanthropus

Fosil manusia purba dengan jenis Pithecanthrophus ialah jenis fosil manusia purba yang terbanyak ditemukan di Indonesia.

Pithecanthropus berarti manusia kera yang berjalan dengan tegak. kurang lebih terdapat tiga jenis manusia Pithecanthropus yang telah ditemukan di Indonesia, yaitu Pithecanthropus mojokertensis, Pithecanthrophus erectus, dan Pithecanthropus soloensis.

Berdasarkan pengukuran usia lapisan tanah, fosil Pithecanthropus yang telah ditemukan di Indonesia memiliki umur yang berbeda-beda, yaitu antara 30.000 sampai dengan 1 juta tahun yang lalu.

3. Homo

Manusia purba dari jenis genus Homo merupakan jenis manusia purba yang memiliki umur paling muda, fosil manusia purba dengan jenis ini diperkirakan kehidupannya dari 15.000-40.000 tahun SM.

Dari volume otaknya yang telah menyerupai manusia modern, bisa diketahui bahwa manusia purba jenis ini sudah merupakan manusia (Homo) dan tidak lagi sebagai manusia kera (Pithecanthrupus).

Di Indonesia sendiri telah ditemukan tiga jenis manusia purba dari jenis genus Homo, antara lain ialah Homo wajakensis, Homo soloensis, dan Homo floresiensis.

Tinggalkan komentar