Manfaat Silica Gel dan Jenisnya

Silica Gel mungkin terdengar asing di telinga kita. Silica Gel adalah mineral alami sudah mengalami pengolahan dan pemurnian sehingga berbentuk butiran atau manik yang mempunyai pori-pori yang berukuran rata-rata 2,4 nm (nanometer). Fungsi dari Silica Gel sendiri adalah sebagai pengering atau zat penyerap kelembapan. Maka dari itu benda ini umum digunakan dalam pengiriman barang-barang agar selama perjalanan barang-barang ini aman.

qdperfect.cn
qdperfect.cn

Sering kita jumpai di dalam kotak sepatu atau kardus barang elektronik ada kotak kecil seukuran kantong teh. Ya, itu adalah Silica Gel yang sengaja ditaruh di kotak tersebut untuk menjaga agar barang tidak rusak atau berjamur. Karena fungsinya itulah hampir semua produk yang rawan rusak jika terkena cairan atau lembap seperti peralatan elektronik, komputer, kamera, film, teropong, alat musik, pakaian, sepatu, bahkan makanan dan obat-obatan selalu disertakan Silica Gel di dalam kotak kardusnya.

www.diycraftproject.com
www.diycraftproject.com

Lalu ada berapa jenis Silica Gel? Menurut cara pembuatannya, Silica Gel terbagi menjadi dua :

Silica Gel Sintetis

Jenis Silica Gel ini dalam pembuatannya melalui pemrosesan dan pengolahan dengan memanfaatkan mesin. Bahan dasar Silica Gel jenis ini adalah dari pasir kwarsa berpadu dengan soda ash.

Silica Gel Natural

Jenis Silica Gel yang kedua adalah Silica Gel Natural. Silica Gel ini bahan dasarnya dari alam yaitu dari tambang batuan zeolite yang dalam pembuatannya melalui proses aktifasi dan screening.

Tinggalkan komentar