6 Jenis Tanaman Hias yang Juga Menyehatkan

Tanaman hias merupakan salah satu tumbuhan favorit untuk ditanam di sekitar rumah kita. Tanaman hias juga bisa kita tempatkan di dalam rumah tentunya dengan menanamnya di dalam pot. Tanaman hias semakin hari semakin populer karena bisa membuat rumah terlihat lebih indah. Harga untuk tanaman hias pun beragam mulai dari puluhan ribu hinggu jutaan rupiah.

Beberapa tanaman hias tidak hanya membuat rumah menjadi indah namun juga membuat penghuninya menjadi lebih sehat. Tanaman hias yang sehat mampu membersihkan udara disekitarnya, sehingga penghuni ruangan yang terdapat tanaman hias yang sehat bisa menjadi lebih sehat.

Polusi udara merupakan salah satu musuh untuk kesehatan manusia. Biasanya kita menyangka bahwa polusi udara hanya terjadi diluar rumah, padahal polusi udara di dalam rumah juga bisa membuat penghuninya terserang penyakit.

Selain membersihkan udara, tanaman hias dapat membantu mengatur suhu ruangan. Dengan adanya tanaman hias, udara di ruangan akan selalu menjadi bersih,sehat dan sejuk. Untuk jumlah tanaman hias sebaiknya disesuaikan dengan ruangan kamu. Namun terdapat rumusan dasar untuk jumlah tanaman hias disetiap ruangan, yaitu satu tanaman hias disetiap 10 meter persegi.

Sebagai referensimu dalam memilih tanaman hias, berikut ini adalah beberapa tanaman hias yang dapat menjaga kesehatanmu.

 

Palem Kuning

nzenzeflowerspauwels.be
nzenzeflowerspauwels.be

Tanaman yang bernama latin Chrysalidocarpus ini berkembang biak dengan biji dan tingginya bisa mencapai 4 meter jika ditanam diluar ruangan. Palem kuning memiliki batang dan dahan yang cenderung berwarna kuning. Warna kuning tersebut disebabkan karena terkena sinar matahari. Tanaman ini mampu menghilangkan formaldehida, benzena dan karbondioksida. Tanaman ini juga sangat baik untuk menyerap racun dari asap rokok. Kamu bisa menanamnya pada sebuah pot dan kemudian letakkan ke ruangan yang kamu inginkan.

Sansevieria

onlineplantguide.com
onlineplantguide.com

Sanseviera mempunya nama lain yang populer kalangan masyarakat indonesia yaitu tanaman lidah mertua. Lidah mertua memiliki daun yang tegak, keras dan ujungnya runcing. Tanaman ini jika diolah dapat digunakan sebagai obat. Sanseviera dapat menyuburkan rambut, mengobati diabetes, wasir dan kanker.

Selain sebagai tanaman obat, Lidah mertua mampu menyerap polusi udara dan racun, Tanaman ini sangat cocok diletakkan di dalam maupun diluar ruangan.

Sirih Belanda

blogspot.com
blogspot.com

Dalam istilah bahasa inggris, sirih belanda dikenal dengan nama Devil’s Ivy. Sirih belanda tidak langsung ditanam di tanah. Tanaman ini biasanya ditanam di pot lalu diletakkan di area teras rumah. Jika kamu mempunyai keluarga seorang perokok berat maka tanaman ini sangat cocok ditanam disekitar rumah kamu. Tanaman ini dapat menyerap racun dan polusi yang ditiumbulkan oleh asap rokok. Tanaman ini harganya murah dan mudah ditemukan di penjual penjual tanaman hias.

Pakis Boston

rooang.com
rooang.com

Tanaman hias ini sangat populer di Indonesia. Pakis Boston juga biasa dipanggil dengan nama Pakis Pedang. Pakis Pedang habibat aslinya adalah di negara Amerika, Meksiko, India dan Afrika. Tanaman ini kemudian diperkenalkan di Indonesia dan akhirnya malah menjadi populer.

Tanaman ini dapat ditanam langsung ditanah maupun disimpan di pot. Tanaman ini juga sangat indah jika ditanam di pot yang digantung. Sebaiknya letakkan tanaman ini di tempat yang teduh karena Pakis Pedang tidak tahan panas. Selain indah untuk hiasan rumah, tanaman ini bisa membersihkan udara di sekitar ruangan kamu.

Bunga Peace Lily

akamai.net
akamai.net

Bunga ini memiliki daun yang panjang dan berwarna gelap. Bunga Peace Lily biasanya berwarna merah atau putih. Bunga ini cocok sekali diletakkan di dalam ruangan karena tidak membutuhkan sinar matahari yang banyak. Bunga ini selain cantik juga bisa menyerap polusi udara di dalam ruangan. Agar usianya lebih lama kamu bisa letakkan tanaman ini agak jauh dari area yang terkena sinar matahari langsung.

Spider Plant

gardengenetics.com
gardengenetics.com

Tanaman ini sangat populer di masyarakat Indonesia. Tanaman ini biasanya diletakkan di area teras rumah. Selain mampu menyaring udara dari udara kotor, tanaman ini juga sangat mudah dirawat. Tanaman ini mudah sekali tumbuh subur dalam semua kondisi serta memiliki harga yang lumayan terjangkau.

Tinggalkan komentar