Jodoh Tak Kunjung Datang? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Mencari dan memilih calon jodoh yang sesuai pada diri kita, memang bukanlah perkara mudah. Karena pada dasarnya, semua itu akan kembali pada takdir Allah SWT.

Meskipun sudah dibarengi dengan tawakal dan istiqomah di dalam masa pencarian, namun masih saja jodoh belum bertemu.Usut punya usut, jika kita mencoba untuk koreksi diri kita masing-masing.

Justru beberapa perilaku kitalah yang menghalangi datangnya jodoh itu sendiri, terutama perilaku yang menyimpang dan dosa. Untuk itu, marilah kita telaah satu persatu apa saja perbuatan kita yang dapat menghalangi datangnya jodoh itu sendiri.

 

Durhaka kepada Kedua Orang Tua

Durhaka
boombastis.com

Sesungguhnya Allah SWT akan membalas para pendurhaka orang tua dengan menutup segala sumber rezeki yang ada di bumi, termasuk jodoh.

Hal ini berkaitan dengan keridhaan Allah yang bergantung dengan keridhaan orang tua, begitu pula dengan murka Allah yang bergantung pada murka orang tua.

Jelas-jelas Allah berfirman di dalam Al-Qur’an bahwa jika anak adam melakukan kesalahan hingga menyakiti hati orang tua, maka Allah akan menurunkan murkanya kepada anak adam tersebut. Dengan makna lain, berbuat dosa kepada orang tua bisa jadi penyebab dari jauhnya jodoh tersebut.

Mengkonsumsi Makanan atau Minuman Haram

Minuman Keras
lygsbtd.wordpress.com

Di dalam Al-Qur’an, Allah menerangkan bahwa salah satu penghambat datangnya rezeki (termasuk jodoh) berasal dari mengkonsumsi makanan atau minuman haram dalam kehidupan kita sehari-hari.

Terlebih lagi jika mereka yang telah mampu membayar zakat justru tidak menunaikannya. Selain akan membersihkan harta, berzakat juga akan mendatangkan keberkahan rezeki yang diturunkan oleh Allah SWT.

Memutuskan Tali Persaudaraan atau Silaturahmi

Memutuskan Tali Silaturahmi
psikologid.com

Tak hanya memperpanjang umur, silaturahmi ternyata juga akan mempermudah kita mendapat rezeki seperti jodoh misalnya.

Coba lihatlah kembali, seberapa dekat hubungan kita dengan sanak kerabat, saudara atau bahkan dengan orang-orang di sekitar kita. Jika mulai agak menjauh, maka eratkanlah kembali dengan niat hanya mengarap ridha dari Allah semata-mata.

Suka Bergunjing dan Mengadu Domba antar Sesama

Bergunjing
thestar.com

Bergunjing atau menceritakan aib seseorang kepada yang lain merupakan salah satu perbuatan yang memang terkadang tidak kita sadari dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih lagi jika sebuah gunjingan tersebut mengarah kepada adu domba antar sesama yang hanya berisi fitnah belaka.

Jika akhlak tercela ini terus berlanjut, dapat dipastikan seorang penggunjing tersebut akan mengahadapi kesulitan dalam mendapatkan jodoh.

Kikir Sedekah

Kikir
abovethelaw.com

Selain zakat, bersedekah dengan sesama manusia juga dapat memudahkan kita dalam mendapatkan jodoh. Para sahabat semasa Rasulullah pun telah membuktikan bahwa jodoh dapat dijemput dengan melakukan jalan bersedekah.

Hal sebaliknya justru akan terjadi jika kita kikir dalam bersedekah. Jelas, Allah SWT akan menghambat datangnya rezeki berupa jodoh kepada kita.

Tinggalkan komentar