5 Universitas dengan Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia

Tidak sedikit orang yang menginginkan melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi dengan mengambil jurusan kedokteran. Meskipun biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa masuk di jurusan kedokteran tergolong sangat tinggi.

Data SBMPTN 2014 menunjukkan bahwa jurusan kedokteran masuk pada peringkat ke-3 jurusan paling favorit. Bahkan, pada tahun-tahun sebelumnya, jurusan kedokteran ini selalu menduduki urutan pertama jurusan paling top.

Selain jurusannya, perguruan tinggi juga biasanya menjadi pertimbangan untuk melanjutkan pendidikannya. Perguruan tinggi terbaiklah yang biasanya diburu oleh banyak orang.

Untuk itu, Satujam.com memberikan informasi 5 perguruan tinggi dengan jurusan kedokteran terbaik di Indonesia yang dirangkum dari laman BAN-PT Kementrian Pendidikan Nasional.

Universitas Airlangga

id.wikipedia.org

Universitas Erlangga merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia. Universitas ini terletak di Surabaya, Jawa Timur. Kebanyakan jurusan yang ada di Universitas Erlangga ini memiliki kualitas sangat baik dan akreditasinya juga tinggi.

Salah satunya adalah Jurusan Kedokteran. Jurusan Kedokteran di Universitas Erlangga ini sudah sangat terkenal kualitasnya.

Nggak tanggung-tanggung, jurusan ini bekerjasama dengan RSU Dr. Soetomo dimana rumah sakit ini termasuk kelas A dan menjadi rujukan di kawasan Timur Indonesia.

Universitas Brawijaya

www.brilio.net

Bagi kamu yang tinggal di Jawa Timur, kamu tentu sangat familiar dengan Universitas Brawijaya. Ya, universitas yang terletak di Malang ini sudah sangat terkenal, khususnya prestasi-prestasinya di tingkat nasional, bahkan internasional.

Untuk jurusan di Universitas Brawijaya juga menjadi favorit banyak orang, termasuk Jurusan Kedokteran.
Jurusan Kedokteran Universitas Brawijaya ini termasuk salah satu jurusan terbaik di Indonesia.

Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi dan ingin masuk ke Jurusan Kedokteran, Universitas Brawijaya patut menjadi pertimbangan kamu.

Tentu saja jika kamu menginginkan bisa diterima di Jurusan Kedokteran Universitas Brawijaya, kamu wajib belajar dengan keras.

Universitas Gadjah Mada

gizikesehatan.ugm.ac.id

Perguruan tinggi berikutnya yang memiliki peringkat terbaik pada Jurusan Kedokteran adalah Universitas Gadjah Mada. Wajar saja Jurusan Kedokteran di Universitas Gadjah Mada ini menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia.

Karena Fakultasnya termasuk fakultas tertua di Indonesia yang didirikan pada tanggal 5 Maret 1946.

Universitas Indonesia

akreditasi.net

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia memiliki sejarah yang panjang. Sejarah berdirinya FK UI tidak lepas dari sejarah pendidikan dokter di Indonesia yang sudah dimulai sejak zaman pendudukan Belanda.

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini berkomitmen dan selalu konsisten untuk mengembangkan pendidikan dan riset dengan kualitas terbaik di Indonesia.

Upaya internasionalisasi juga dilakukan dengan membuka kelas khusus internasional dan melakukan kerjasama dengan University of Melbourne (Australia), Monash University (Australia), dan University of Newcastle Upon Tyne (UK).

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

www.uajy.ac.id

Perguruan tinggi terakhir yang memiliki peringkat Fakultas Kedokteran terbaik di Indonesia adalah Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Fakultas Kedokteran di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya ini resmi didirikan pada tanggal 27 Desember 1967.

Perkuliahan pertama diadakan di komplek Rumah Sakit St. Carolus dan praktikumnya diadakan di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Penggunaan fasilitas Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini tak lepas dari kerjasama yang dilakukan antara kedua perguruan tinggi. Pada tanggal 12 September 1969, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya resmi terdaftar di Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Pada tahun yang sama juga dibangun gedung permanen untuk Fakultas Kedokteran. Dari perjalanannya, terhitung sudah lebih dari 2.700 dokter lulus dari universitas ini.

Tinggalkan komentar