Ternak Kambing Boer yang Menguntungkan

Boer adalah bahasa Afrika yang artinya petani. Jadi jika diartikan kambing boer adalah jenis kambing yang sengaja diternakkan atau dibudiyakan untuk pemenuhan konsumsi daging bagi kebutuhan konsumen. Kambing boer adalah jenis kambing yang berasal dari Afrika Selatan.

Kambing jenis ini merupakan kambing pedaging yang sesunggunya, karena pertumbuhannya yang cepat. Kambing ini sudah bisa dipasarkan ketika dia sudah memasuki usia sekitar enam bulan dengan berat badannya mencapai 35 kg sampai 45 kg. Rata-rata pertumbuhannya setiap hari adalah sekitar 0,02 kg sampai 0,04 kg. Jika dibandingkan dengan kambing lokal, prosestase perolehan daging kambing boer mencapai 40% hingga 50% jauh lebih tinggi.

Ciri-ciri kambing boer adalah mempunyai bentuk tubuh yang panjang, lebar dan berbulu putih. Kakinya pendek, hidung cembung dan telinga yang panjang menggantung.

Warnanya perpaduan putih dengan coklat kemerahan atau coklat muda hingga coklat tua pada bagian kepalanya saja. Dari bagian ubun-ubun sampai hidung ada garis sejajar kebawah yang berwarna putih. Kambing ini senang berjemur disiang hari.

Kambing Boer
Kambing Boer – locusthavenboergoats.weebly.com

Terdapat tiga kualifikasi kambing boer dan turunannya. Yang pertama adalah jenis kambing boer full blood. Kambing ini adalah 100% jenis keturunan kambing boer yang memiliki darah murni dari nenek moyang dan belum pernah tercampur dengan persilangan kambing lain.

Kambing ini asli dari daratan Afrika Selatan, jadi jika menginginkan kambing boer murni haruslah mengimpor dari negara asalnya. Yang kedua adalah jenis kambing boer pure breed, merupakan peranakan dari kambing boer betina.

Dimana darah kambing boer masih murni dan tercatat oleh IBGA dengan prosentase mencapai 93,75 persen serta disebut juga betina F4. Sedangkan peranakan kambing boer jantan mencapai 96,88 persen darah keturunan boer murni yang juga sudah tercatat di IBGA dan disebut pejantan F5.

Yang ketiga adalah jenis kambing boer campuran. Kambing ini merupakan keturunan yang mempunyai 50% darah murni kambing boer full blood dengan jenis kambing lain. Baik betina boer murni dengan pejantan jenis lain ataupun sebaliknya, pejantan boer murni dengan betina jenis yang lain.

Di Indonesia sendiri masih sedikit yang mengembang-biakkan jenis kambing ini. Bagi Anda yang berminat bisa mencoba menernak kambing boer karena ini adalah jenis kambing pedaging yang sesungguhnya, sehingga bisa menjadi bisnis yang menguntungkan.

Tinggalkan komentar