Ini Dia 7 Bahan Kimia Berbahaya yang Terdapat di Dalam Rokok

Rokok adalah silinder dari kertas yang panjang ukurannya 70 sampai 120 mm dan dengan diameter sekitar 10 mm yang telah berisi daun-daun tembakau yang telah diolah dan dicacah.  Di Indonesia sendiri, rokok sangat familiar sekali karena ada riset yang mengatakan bahwa masyarakat Indonesia adalah perokok aktif dengan persentase sebanyak 51,1 persen.

Perlu juga kamu ketahui tentang banyaknya kandungan zat didalam rokok yang patut kamu cermati dan kamu ketahui. Berikut ini adalah bahan kimia dari Rokok yang perlu kamu kamu mengerti :

 

Nikotin

Nikotin Kandungan Rokok
sekilas-bloggers.blogspot.com

Rokok mengandung nikotin yang sangat tinggi sekali. Zat nikotin yang terkandung dalam rokok berasal dari daun tembakau. Dampak dari nikotin ini dapat mengakibatkan kanker serta akan merusak struktur DNA dalam darah.

Tar

Tar Kandungan Rokok
quitsmoking.about.com

Tar yang sifatnya karsinogenik timbul ketika rokok tersebut dibakar. Dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti kanker, impotensi, penyakit jantung, serta penyakit darah. Dan untuk perempuan bisa mengakibatkan gangguan kehamilan dan janin.

Karbon Monoksida

Karbon Monoksida Kandungan Rokok
tokoalkes.com

Dari asap rokok menimbulkan 5 persen karbon monoksida. Karbon ini adalah gas beracun yang  menempel pada sel darah merah serta mengganggu kelancaran dari oksigen dalam darah sehingga menimbulkan kerusakan pada paru-paru serta menyebabkan jantung koroner.

Benzene

Benzene Kandungan Rokok
twitter.com

Benzene merupakan petrokimia yang digunakan untuk teknik men-dry clean pakaian. Bahan kandungan benzene adalah karsinogen yang dapat mengakibatkan kanker darah di dalam tubuh.

Formaldehida

vaperanks.com
vaperanks.com

Zat ini merupakan bahan kimia yang berfungsi untuk mengawetkan mayat. Zat ini juga terdapat dalam sebatang rokok.

Amonia

Amonia Kandungan Rokok
doitbest.com

Aroma dari amonia biasanya terdapat dalam pembersih toilet. Bahan ini dapat mengakibatkan pusing namun juga bisa menyebabkan candu.

Kumarin

Kumarin Kandungan Rokok
ecblendflavors.com

Zat ini adalah zat adiktif organik pada bangunan tambahan makanan yang sudah dilarang di dunia. Namun, di dalam rokok zat ini masih digunakan dalam pembuatannya.

Aseton

Aseton Kandungan Rokok
liputan96.com

Ini merupakan bahan kimia yang terdapat pada penghilang cat kuku. Rokok juga memiliki kandungan aseton. Bahayanya adalah aseton ini bersemayam di dalam dinding paru paru.

Demikianlah  beberapa kandungan rokok. Masih banyak lagi kandungan yang terdapat pada rokok. Semoga bisa menambah wawasan kamu mengenai kandungan rokok yang membahayakan bagi tubuh manusia.

Tinggalkan komentar