Fungsi, Jenis-jenis dan Asal dari Kapak Corong

KAPAK CORONG –┬áPada zaman perunggu ada berbagai temuan yang menjadi peninggalan-peninggalan dari hasil kebudayaan. Baik itu peninggalan dari jenis alat-alat untuk kehidupan ekonomi ataupun peninggalan yang memiliki jenis untuk budaya atau seni.

Hasil dari kebudayaan zaman perunggu adalah hasil kebudayaan yang dimana keseluruhannya telah haluskan, dan telah memakai bahan perunggu, atau campurana dari tembaga dan timah

Sehingga bisa dikatakan bahwa saat zaman perunggu adalah zaman yang paling maju dari pada zaman sebelumnya. Hasil-hasil dari peninggalan kebudayaan zaman itu telah ditemukan, contohnya kapak corong:

Kapak Corong

Kapak Corong
wacana.co

Kapak corong merupakan kapak yang dibuat dari bahan logam yang memiliki bentuk bagian atas seperti corong yang telah belah. Sedangkan bagian dalam corong inilah yang akan dimasukkan tangkai kayu yang akan menjadi bidang kapak.

Kapak corong sering juga disebut kapak sepatu, hal ini karena bentuknya yang mirip dengan sepatu. Sebagian daerah di Indonesia telah ditemukan kapak ini. Contohnya di Sumatera Selatan, Bali, Jawa, Sulawesi Tengah dan Irian dan Pulau Selayar.

Ukuran kapak corong ini cukup beragam, ada yang berukuran kecil dan cukup sederhana, ada juga yang besar dan memakai hiasan. Bahkan ada yang pendek dan lebar. Kapak dengan panjang satu sisi saja disebut candrasa.

Kapak corong ini juga memiliki pangkal yang berbentuk mirip seperti ekor burung jenis sriti. Bagian tengah kapak ini memiliki rongga, rongga dipakai untuk menaruh gagang. Sedangkan bagian tajaman ada di ujungnya.

Fungsi dari kapak ini tidak hanya dipakai sebagai alat pertukangan layaknya kapak pada umumnya. Ada juga yang memiliki fungsi sebagai hiasaan saat upacara.

Kapak yang dipakai sebagai hiasaan upacara ini ditemukan di tahun 1903 oleh seorang ekspedisi Wichman dari Sentani. Lalu kapak tersebut disimpan dalam museum lembaga kebudayaan yang ada di Indonesia, tepatnya di ibu kota Jakarta.

Peniggalan bersejarah di Indonesia sebenarnya masih banyak dan terus di cari. Sebagai bangsa Indonesia, selayaknya kita ikut andil dalam membantu menjaga dan menyebar luaskan peninggalan bersejarah yang ada di nusantara ini. Semoga artikel mengenai kapak corong ini bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan komentar